6 Cara Restart Windows 11

Cara Restart Windows 11 – Pada keadaan tertentu, Anda harus melakukan restart PC/Laptop Windows 11 untuk memecahkan berbagai masalah, menginstal update, menyelesaikan instalasi, atau lainnya. Meskipun Anda sering melihat opsi “restart” saat melakukan update, berikut adalah beberapa cara lain untuk me-restart PC Anda secara manual.

Cara Restart Windows 11

Restart Menggunakan Tombol Power

Cara Restart Windows 11

Salah satu cara tercepat dan paling mudah untuk me-restart PC adalah dengan menggunakan menu Start. Untuk memulai, klik tombol “Start” di taskbar Anda. Saat menu Start terbuka, klik tombol power di sudut kanan bawah menu. Di menu yang muncul, pilih “Restart.” PC Anda akan mati dan restart.

Restart Dengan Klik kanan Menu Start

Cara Restart Windows 11

Anda juga dapat me-restart Windows 11 menggunakan menu power user yang tersembunyi. Untuk mengaksesnya, tekan Windows+x pada keyboard Anda atau klik kanan tombol “Start“. Saat menu muncul, klik “Shut down or sign out,” lalu pilih “Restart.” PC Anda akan segera restart.

Restart Dengan Menekan Alt+F4

Cara Restart Windows 11

Sebagai alternatif, Anda dapat me-restart mesin Anda dengan jendela menu khusus yang hanya diketahui oleh sedikit orang. Pertama, tutup atau perkecil semua jendela. Klik desktop Anda, lalu tekan Alt+F4 pada keyboard Anda. Di jendela “Shut Down Windows” yang muncul, gunakan menu drop-down untuk memilih “Restart.” Kemudian klik “Ok.”

Restart Menggunakan Command Line

Cara Restart Windows 11

Ada juga cara cepat untuk me-restart PC Anda jika Anda memiliki akses ke Command Prompt atau PowerShell. Pertama, buka Terminal Windows dengan mencari “terminal” di Start, lalu klik ikon aplikasinya. Pada prompt perintah, ketik “shutdown-r” dan tekan Enter. Saat Anda melihat pesan peringatan, klik “Close.” PC Anda akan mati dan restart dalam 60 detik.

Update dan Restart di Windows Update

Cara Restart Windows 11

Jika Anda memiliki update yang tersedia dan perlu merestart untuk instalasi, buka Settings dengan menekan Windows+i, lalu pilih “Windows Update” di sidebar. Dalam pengaturan “Windows Update”, klik “Check for Updates,” dan jika ada yang tersedia, Anda dapat menginstalnya dan merestart PC Anda dengan mengklik “Restart Now.” PC Anda secara otomatis menginstal update dan melakukan restart.

Restart Dengan Ctrl+Alt+Delete atau Login Screen

Ada juga cara termudah untuk merestart dari menu Ctrl+Alt+Delete (yang muncul saat Anda menekan kombinasi tombol itu) atau layar login. Di kedua layar, klik ikon power di sudut kanan bawah, lalu pilih “Restart” di menu kecil yang muncul. Windows 11 akan merestart PC Anda, dan Anda akan bisa menggunakan PC Windows kembali.

TERKAIT: Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Gratis

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here