Cara Restart HP iPhone Semua Model

Artikel ini menjelaskan cara restart HP iPhone semua model, yaitu untuk iPhone 12, 11, XS/XR, X, 8, 7, dan SE 2.

Cara Restart HP iPhone 12, 11, iPhone XS/XR, dan iPhone X

Di iPhone X, XS/XR, iPhone 11, dan iPhone 12, Apple menetapkan fungsi baru ke tombol Side di samping perangkat. Bisa digunakan untuk mengaktifkan Siri, memunculkan fitur Emergency SOS, atau tugas lainnya. Karena perubahan ini, proses restart berbeda dari metode yang digunakan pada model sebelumnya.

Untuk restart (soft reset) iPhone 12 atau iPhone 11/XS/XR/X, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tekan dan tahan tombol Samping dan tombol Volume Turun secaraVolume naik juga berfungsi, tetapi menggunakannya kadang secara tidak sengaja dapat mengambil screenshot iPhone. Di iPhone 7, Anda harus menggunakan tombol Volume turun daripada tombol Volume naik.
  1. Saat slider slide to power offmuncul, lepaskan tombol Samping dan Volume Turun .
  2. Gerakkan slider dari kiri ke kanan untuk mematikan telepon. Saat yang tepat untuk membersihkan layar iPhone Anda adalah saat perangkat dimatikan. Ini memastikan secara tidak sengaja menekan opsi apa pun atau secara tidak sengaja mengubah pengaturan apa pun.
  3. Tunggu sekitar 30 detik. Saat iPhone mati, tahan tombol Samping lagi hingga logo Apple muncul. Lepaskan tombol Samping dan biarkan ponsel menyala.

Cara Restart iPhone (Semua Model Lain)

Untuk restart semua model iPhone, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tekan dan tahan tombol  Sleep/Wake. Pada model lama, itu ada di bagian  atas ponsel. Pada seri iPhone 6 dan yang lebih baru, tombol ini berada  di sisi kanan .
  2. Saat penggeser matikan daya muncul di layar, lepaskan tombol  Sleep/Wake.
  3. Pindahkan  slider power offdari kiri ke kanan. Ini meminta iPhone untuk dimatikan. Spinner ditampilkan di layar yang menunjukkan bahwa shutdown sedang berlangsung. Mungkin redup dan sulit dilihat.
  4. Saat telepon mati, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake.
  5. Saat logo Apple muncul di layar, lepaskan tombol Sleep/Wake dan tunggu hingga iPhone selesai restart.

Cara Force Restart iPhone 12, iPhone 11, iPhone XS/XR, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone SE 2

Soft restart memecahkan banyak masalah, tetapi kadanag tidak menyelesaikan semuanya. Dalam beberapa kasus—seperti saat ponsel benar-benar freeze dan tidak merespons penekanan tombol Sleep/Wake—Anda perlu mencoba force restart. Baik restart atau force restart menghapus data atau pengaturan pada iPhone, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Di iPhone dengan Face ID (seri iPhone 12, seri iPhone 11, iPhone XS/XR, atau iPhone X), seri iPhone 8, atau iPhone SE 2, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan force restart:

  1. Klik dan lepaskan tombol Volume Naik.
  2. Klik dan lepaskan tombol Volume Turun.
  3. Tekan dan tahan tombol Sampinghingga Anda melihat Logo Apple (abaikan slider slide to power off  yang muncul) lalu lepaskan.
  4. Tunggu sementara sampai ponsel Anda restart.

Cara Force Restart iPhone (Model Lain)

Force Restart atau hard reset akan menghidupkan ulang ponsel dan menyegarkan memori tempat aplikasi berjalan. Ini tidak akan menghapus data tetapi membantu iPhone memulai dari awal. Saat Anda perlu force restart model iPhone lama (kecuali iPhone 7; itu ada di bagian berikutnya), ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pada layar ponsel menghadap Anda, tahan tombol Sleep/Wake dan tombol Home secara
  2. Terus tahan tombol saat slider matikan muncul, jangan lepaskan tombol.
  3. Saat logo Apple muncul, lepaskan tombol Sleep/Wakedan tombol Home.
  4. Tunggu sementara iPhone melakukan restart.

Cara Memaksa Restart Seri iPhone 7 

Proses untuk me-restart seri iPhone 7 sedikit berbeda. Itu karena tombol Home bukanlah tombol fisik pada model ini; ini adalah panel Sentuh 3D. Akibatnya, Apple mengubah cara untuk force restart pada model iPhone 7.

Dengan seri iPhone 7, tahan tombol  Volume Turun  dan tombol  Sleep/Wake secara bersamaan hingga Anda melihat logo Apple, lalu lepaskan tombol dan tunggu hingga ponsel memulai ulang.

Force Restart juga merupakan salah satu cara untuk memecahkan masalah yang jauh lebih jarang terjadi, seperti iPhone yang tidak mau mati.

Kedua metode restart itu tidak sama dengan reset (juga disebut restore ), yang menghapus semua konten di iPhone dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Setelah mengatur ulang iPhone, Anda juga memulihkan data dari cadangan, tetapi ini pilihan yang lebih ekstrim.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • Apa perbedaan antara restart dan reset? Restart iPhone Anda hanya mematikan perangkat dan kemudian hidupkan kembali. Reset perangkat Anda akan menghapus aplikasi dan file Anda dan mengembalikan ponsel ke pengaturan default.
  • Bagaimana cara reset iPhone? Buka  Settings > General > Reset > Erase All Content and Settings. Masukkan kode sandi, baca peringatan, lalu pilih  Erase. Bergantung pada model iPhone Anda, prosesnya mungkin berbeda.
  • Apakah reset iPhone itu berbahaya? Tidak! Selama Anda memiliki backup, tidak ada bahaya dalam mengatur ulang iPhone. Bahkan, beberapa masalah dapat diselesaikan melalui metode reset.

Kesimpulan:

  • Untuk restart iPhone X dan versi lebih baru, tekan dan tahan tombol Samping dan tombol Volume Turun secara bersamaan.
  • Untuk restart model sebelumnya, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake. Saat slider power off muncul di layar, lepaskan Sleep/Wake.

TERKAIT: Cara Reset iPhone 12

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here