Jumat, Agustus 14, 2020
Beranda Marketing Blogging Panduan Lengkap Pasang Google Analytics di WordPress untuk Pemula

Panduan Lengkap Pasang Google Analytics di WordPress untuk Pemula

- Advertisement -

Mengetahui bagaimana audiens berinteraksi dengan situs web Anda sangat penting untuk kesuksesan website Anda. Cara terbaik untuk mengetahui profil audiens Anda adalah melalui statistik lalu lintas situs Anda, dan hal ini dapat Anda ketahui melalui Google Analytics yang dapat Anda gunakan secara GRATIS.

Pada artikel ini, kami akan membagikan mengapa Google Analytics sangat penting, dan cara menginstal Google Analytics di situs web WordPress Anda (langkah demi langkah).

Mengapa Google Analytics Penting untuk para Blogger?

Setelah Anda membangun blog , tujuan pertama Anda adalah mendapatkan lebih banyak lalu lintas(traffic) dan pelanggan ke blog Anda. Google Analytics dapat membantu Anda membuat keputusan berdasarkan data dengan menunjukkan data statistik. Anda bisa melihat:

- Advertisement -

Siapa yang mengunjungi situs web Anda?

Bagian analitik ini menampilkan lokasi geografis audiens Anda, browser apa yang digunakan pengguna untuk mengunjungi situs Anda dan informasi penting lainnya seperti resolusi layar, dukungan JavaScript, dukungan Flash, bahasa, dan lainnya.

Data ini sangat bermanfaat, dan membantu memastikan bahwa situs Anda akan kompatibel dengan audiens Anda. Jika sebagian besar pengguna Anda tidak memiliki dukungan Flash, maka Anda harus menghindari elemen flash di situs Anda. Jika sebagian besar pengguna Anda menggunakan resolusi layar 1280, maka pastikan bahwa desain situs web Anda kompatibel dengan resolusi layar tersebut atau bisa lebih kecil.

Apa yang dilakukan orang ketika mereka berada di situs web Anda?

Anda dapat melacak di halaman/postingan mana pengguna mengunjunfi situs web Anda, berapa lama mereka tinggal di situs web Anda, dan berapa bounce rate (persentase pengguna keluar dari situs Anda pada kunjungan pertama).

Dengan menggunakan informasi ini, Anda dapat mengurangi bounce rate  dan meningkatkan tampilan halaman Anda.

Anda juga dapat menemukan artikel paling populer dan konten seperti apa yang dicari pengguna Anda.

- Advertisement -

Kapan orang mengunjungi situs web Anda?

Dengan melihat jam sibuk dalam sehari pada situs Anda, Anda dapat memilih waktu kapan Anda mempublikasikan postingan blog Anda. Jika zona waktu itu tidak kompatibel dengan situs web, Anda dapat menjadwalkan posting Anda untuk memenuhi jam tersebut.

Bagaimana orang menemukan situs web Anda?

Bagian analitik ini menunjukkan kepada Anda dari mana pengguna berasal (misalnya: Search Engines, Direct Links, atau Referral links dari situs lain).

Selain itu, juga menunjukkan kepada Anda berapa persen pengunjung Anda berasal dari masing-masing sumber ini. Google analytics memberi Anda rincian dari masing-masing kategori ini. Jika kategori Search Engines, akan menunjukkan kepada Anda search engines mana yang memberi Anda traffic terbanyak, apakah Google, Yahoo, Bing dll.

Bagaimana orang berinteraksi dengan konten Anda?

Google analytics menunjukkan bagaimana pengguna Anda berinteraksi dengan konten di situs Anda dan menunjukkan kepada Anda berapa persen pengguna mengklik tautan di situs Anda.

Dengan melihat interaktivitas pengguna, Anda dapat mengerjakan konten sesuai kebutuhan pengguna Anda. Dengan melihat jawaban atas pertanyaan di atas, Anda dapat fokus pada strategi untuk situs Anda dan menghindari strategi yang tidak berhasil.

Sederhananya, hilangkan dugaan dan fokus pada statistik yang penting, sehingga Anda dapat membuat keputusan berdasarkan data.

Cara Mendaftar dengan Google Analytics

Google Analytics tersedia secara gratis dan untuk mendaftar yang Anda butuhkan hanyalah akun Google atau Gmail. Proses pendaftarannya cukup sederhana, ikuti petunjuk di bawah ini untuk membuat akun Google Analytics.

Langkah 1: Pertama, Anda perlu mengunjungi Google Analytics untuk mendaftar.

Anda akan diminta untuk login dengan akun Google Anda. Jika Anda sudah memiliki akun Google atau Gmail, maka Anda dapat menggunakannya untuk login. Jika belum memiliki akun Gmail, Anda dapat membuat akun Google lebih dahulu.

Langkah 2: Setelah masuk dengan akun Gmail Anda, Anda akan tampilan layar seperti di bawah ini. Di sinilah Anda akan mendaftar Google Analytics dengan akun Gmail Anda.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memberikan nama akun dan nama ini akan digunakan untuk bisnis Anda.

Langkah 3: Pada layar berikutnya, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih antara web, aplikasi, atau aplikasi dan web. Pastikan Anda memilih ‘Web’.

memilih 'Web'.

Setelah itu, Anda harus memasukkan nama situs web, URL situs web, negara, dan zona waktu.

Setelah Anda memasukkan informasi yang dibutuhkan, klik tombol Next. Anda akan diberikan syarat dan persetujuan layanan Google Analytics, jadi klik tombol ‘I Agree‘.

Langkah 4: Sekarang Anda akan diberikan kode pelacakan Google Analytics. Anda dapat menyalin kode pelacakan ini dan memasukkannya di situs WordPress Anda.

Kami sarankan membiarkan tab browser analytics terbuka karena Anda perlu mengunjunginya lagi, setelah Anda menginstal kode di situs WordPress.

Sekarang Anda telah menyiapkan akun Google Analytics, mari kita ikuti cara menginstal Google Analytics di WordPress.

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Ada beberapa cara berbeda untuk menyiapkan Google Analytics di WordPress. Ada tiga metode di mana opsi pertama adalah yang termudah dan yang terakhir adalah yang paling sulit. Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Catatan: Anda hanya perlu menggunakan salah satu metode ini di situs web Anda untuk menghindari pelacakan ganda halaman di akun Google Analytics.

Metode 1. Memasang Google Analytics di WordPress dengan Plugin MonsterInsights

MonsterInsights adalah plugin paling populer untuk memasang Google Analytics di WordPress. Lebih dari 2 juta situs web menggunakannya termasuk Bloomberg, PlayStation, Zillow, dan lainnya.

Cara ini adalah yang termudah dan cara terbaik untuk menambahkan Google Analytics ke dalam WordPress (untuk semua pengguna pemula dan pakar).

MonsterInsights tersedia dalam plugin premium yang berbayar, dan versi gratis . Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan versi gratis plugin MonsterInsights.

Anda dapat menggunakan versi MonsterInsights Pro jika Anda menginginkan fitur yang lebih canggih seperti pelacakan E-commerce, pelacakan iklan, pelacakan penulis, dll. Proses pengaturannya pun sama.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin MonsterInsights . Setelah aktivasi, plugin akan menambahkan item menu baru berlabel ‘Insights‘ ke menu admin WordPress Anda. 

Pertama, Anda akan diminta untuk memilih kategori situs web Anda (situs web bisnis, blog, atau toko online). Pilih satu dan kemudian klik tombol ‘Save and Continue‘. Selanjutnya, Anda perlu mengklik tombol ‘Connect MonsterInsights‘.

Muncul popup yang akan membawa Anda ke akun Google dan Anda akan diminta untuk login atau memilih akun Google lain jika Anda sudah login.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengizinkan MonsterInsights mengakses akun Google Analytics Anda.

Klik tombol ‘Allow‘ untuk melanjutkan.

Langkah terakhir adalah memilih profil yang ingin Anda lacak. Anda harus memilih situs web Anda dan kemudian klik tombol ‘Complete Connection‘ untuk melanjutkan.

Sekarang MonsterInsights akan menginstal Google Analytics di situs web Anda. Setelah itu, Anda akan diminta memilih pengaturan yang disarankan untuk situs web Anda.

Pengaturan default berfungsi untuk sebagian besar situs web. Jika Anda menggunakan plugin link afiliasi, maka Anda perlu menambahkan jalur yang Anda gunakan untuk menyamarkan link afiliasi. Hal ini memungkinkan Anda untuk melacak link afiliasi Anda di Google Analytics.

Klik tombol “Save and Continue” untuk menyimpan pengaturan Anda.

Selanjutnya, MonsterInsights akan menunjukkan add-on berbayar yang dapat Anda akses jika Anda meningkatkan ke versi PRO. Anda cukup mengklik tombol ‘Save and Continue‘ untuk melewati langkah ini.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk menginstal plugin WPForms, yang merupakan plugin terbaik form kontak WordPress. Anda dapat menginstalnya atau cukup klik ‘Skip this Step

Google Analytics akan membutuhkan waktu sebelum menampilkan statistik Anda.

Fitur terbaik plugin MonsterInsights adalah Anda dapat melihat laporan Google Analytics di dalam dasbor WordPress Anda. Cukup kunjungi halaman Insights » Reports untuk melihat ringkasan singkat data analitik situs Anda.

Metode 2. Menggunakan Insert Header dan Footers Plugin

Metode ini tidak sebagus MonsterInsights karena Anda tidak dapat melakukan konfigurasi pelacakan, dan Anda tidak akan melihat data Google Analytics di dalam dasbor WordPress Anda.

Pertama, Anda harus menyalin kode pelacakan Google Analytics yang Anda salin sebelumnya pada Langkah 4 saat mendaftar ke akun Google Analytics.

Selanjutnya, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Insert Headers and FootersSetelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi halaman Settings » Insert Headers and Footers. Di sini Anda perlu menempelkan kode pelacakan Google Analytics yang Anda salin sebelumnya ke bagian ‘Scripts in headers‘.

Jangan lupa klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan Anda. Sekarang, Anda telah berhasil menginstal Google Analytics di situs web Anda.

Metode 3. Instal Google Analytics di Tema WordPress

Metode ini untuk pengguna tingkat lanjut yang terbiasa dengan koding. Metode tidak dapat dijadikan referensi karena kode Anda akan hilang jika Anda mengganti atau memperbarui tema.

Pertama, Anda harus menyalin kode pelacakan Google Analytics yang Anda salin sebelumnya pada Langkah 4 saat mendaftar ke akun Google Analytics.

Sekarang ada dua cara umum untuk menambahkan kode ini di file tema WordPress Anda. Anda dapat memilih salah satu dari keduanya (tidak boleh keduanya).

1. Tambahkan kode dalam file header.php

Cukup edit file header.php di tema WordPress Anda dan tempelkan kode Google Analytics yang Anda salin sebelumnya tepat setelah <body>tag.

Jangan lupa untuk menyimpan perubahan Anda dan mengunggah file kembali ke server Anda.

Tambahkan melalui Functions File

Anda juga dapat menambahkan kode pelacakan Google Analytics ke WordPress Functions File. Kemudian akan secara otomatis menambahkan kode pelacakan ke setiap halaman di situs WordPress Anda.

Anda perlu menambahkan kode ini ke file functions.php tema Anda.

1
2
3
4
5
6
7
<?php
add_action('wp_head', 'wpb_add_googleanalytics');
function wpb_add_googleanalytics() { ?>
// Paste your Google Analytics tracking code 
<?php } ?>

 

Melihat Laporan di Situs Web Google Analytics

Google Analytics mampu menampilkan data yang dikumpulkan dari statistik situs web Anda. Anda dapat melihat data ini dengan mengunjungi dasbor Google Analytics.

Anda akan melihat laporan Google Analytics bawaan di kolom kiri. Setiap bagian dibagi menjadi beberapa tab, dengan mengeklik sebuah tab akan menampilkan lebih banyak fitur.

    • Real-time Laporan ini akan menunjukkan kepada Anda tampilan waktu nyata dari traffic Anda.
    • Audience Tab akan menampilkan laporan untuk membantu Anda memahami pengunjung situs web Anda.
    • Acquisition mengeksplorasi dari mana pengguna Anda berasal.
    • Behavior meringkas apa yang dilakukan pengguna Anda setelah mereka ada di situs Anda.
    • Conversion menunjukkan seberapa baik kinerja situs web Anda terhadap sasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU