4 Cara Mereset iPhone ke Pengaturan Pabrik

Cara Mereset iPhone ke Pengaturan Pabrik – Ada banyak alasan mengapa Anda ingin mengatur ulang (reset) iPhone. Mungkin untuk dijual, dan tidak ingin pemilik baru melihat semua data pribadi Anda. Atau mungkin perangkat Anda tidak berfungsi seperti dulu. Plus, mereset iPhone akan mengembalikannya ke pengaturan pabrik, yang berarti tidak akan memiliki password. Jadi, Anda dapat menggunakannya lagi jika Anda terkunci atau lupa password. Bagaimanapun, mengetahui cara mereset iPhone Anda (bahkan tanpa password) akan membuat iPhone terasa seperti baru.

Tidak seperti memulihkan (restore) iPhone dari backup, mereset iPhone Anda akan menghapus kontak, pesan, musik, dan data lain yang telah Anda tambahkan. Jadi, penting untuk mencadangkan (backup) data penting sebelum Anda memulihkan (restore) iPhone.

TERKAIT: Cara Back Up iPhone ke Mac atau iCloud

Cara Mereset iPhone ke Pengaturan Pabrik

Anda dapat mengatur ulang iPhone dengan salah satu dari tiga cara. Dari ponsel Anda, buka Settings > General > Reset > Erase All Content and Settings. Atau, jika Anda menggunakan macOS Catalina atau yang lebih baru, Anda dapat menyambungkan iPhone ke Finder dan mengklik Restore iPhone. Atau Anda bisa membuka iCloud.com, klik Find iPhone, dan pilih Erase iPhone.

1. Cara Mereset iPhone Anda Tanpa Komputer

  1. Dari layar Home Anda, buka aplikasi Settings.
  2. Gulir ke bawah ke General.
  3. Lalu ketuk Reset.
  4. Ketuk Erase All Content and Settings. Ini akan menghapus semua data dan mengembalikan ponsel Anda ke keadaan semula, jadi lakukan ini hanya setelah Anda mencadangkan data.

1. Cara Mereset iPhone Anda Tanpa Komputer

Catatan: Jika Anda menerima pop-up yang mengatakan bahwa “Documents and Data Are Being Uploaded to iCloud,” ketuk Finish Uploading Then Erase. Dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan informasi penting yang diunggah ke akun iCloud. Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Selain menghapus semua konten, Anda juga dapat memilih opsi reset lainnya, termasuk:

    • Reset All Settings – Ini akan menghapus semua data dari aplikasi Pengaturan Anda, termasuk password WiFi dan pengaturan manual. Gambar, aplikasi, dan konten lainnya akan dipertahankan. Anda harus memilih opsi ini untuk menyelesaikan berbagai masalah software yang berulang. Jadi, jika Anda ingin iPhone berfungsi seperti biasa, tetapi tidak ingin mengatur ulang ke pengaturan pabrik, Anda harus mencoba cara ini terlebih dahulu.
    • Reset Network Settings – Opsi ini menghapus pengaturan WiFi, Bluetooth, Virtual Private Network (VPN), dan seluler. Mereset pengaturan jaringan Anda dapat menyelesaikan masalah konektivitas jika Anda mengalami masalah sambungan online.
    • Reset Keyboard Dictionary – Memilih ini akan menghapus semua saran password teks prediktif atau koreksi otomatis yang telah dipelajari ponsel Anda dari waktu ke waktu dari kesalahan pengetikan.
    • Reset Home Screen Layout – Memilih ini akan mengembalikan pengaturan aplikasi di Layar Utama seperti pengaturan awal.
    • Reset Location & Privacy – Cara ini  akan mengembalikan ke pengaturan default pabrik untuk privasi dan layanan lokasi, analitik, dan pelacakan iklan.

5. Lalu ketuk Erase Now.

6. Masukkan passcode iPhone Anda untuk mengatur ulang.

Jika Anda tidak tahu kode sandi iPhone, dan ponsel Anda tidak terkunci karena mencoba terlalu banyak kata sandi, Anda dapat menggunakan Mac untuk mengatur ulang perangkat.

2. Cara Mereset iPhone Anda dari Finder

Jika komputer Mac Anda menjalankan macOS Catalina atau yang lebih baru, Anda dapat mengatur ulang perangkat Anda dengan mengakses halaman Device Summary di Finder. Setelah Mac memuat informasi iPhone Anda, Anda akan melihat opsi untuk memulihkan iPhone Anda di bawah tab General. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mereset iPhone Anda bahkan jika Anda tidak tahu password iPhone Anda.

Catatan: Langkah-langkah berikut tidak akan berfungsi jika Anda telah terkunci dari iPhone. Jika Anda terlalu sering mencoba memasukkan kata sandi, lihat ke cara reset berikutnya.

  1. Hubungkan iPhone Anda ke Mac.
  2. Luncurkan Finder. Ini adalah wajah setengah biru, setengah abu-abu di dok Anda.
  3. Klik iPhone Anda di sidebar kiri . Jika Anda tidak melihat iPhone Anda di bilah sisi kiri, klik Finder di bilah menu di bagian atas layar Anda, dan pilih preferences. Kemudian klik tab Sidebar dan centang kotak di samping CDs, DVDs, and iOS Devices.
  4. Di bawah tab General, klik Restore iPhone. Ingat, ini akan mengembalikan iPhone Anda ke pengaturan pabrik.

1. Cara Mereset iPhone Anda dari Finder

5. Matikan Find My iPhone. Jika Find My diaktifkan saat Anda memulihkan iPhone, Finder akan meminta Anda untuk mematikannya. Berikut caranya:

  1. Di iPhone Anda, buka Settings > Apple ID.
  2. Selanjutnya, ketuk Find My, lalu Find My iPhone.
  3. Terakhir, matikan Find My iPhone. Anda harus memasukkan password Apple ID Anda untuk mengonfirmasi.

2. Cara Mereset iPhone Anda dari Finder

6. Saat iPhone Anda restarts, ikuti petunjuk di layar untuk mengatur iPhone Anda sebagai perangkat baru. Anda juga dapat memilih untuk memulihkan dari cadangan selama proses penyiapan.

Jika iPhone Anda terkunci karena Anda mencoba memasukkan password yang salah beberapa kali, Anda dapat mereset iPhone dengan masuk ke Mode Recovery.

3. Cara Mereset iPhone Tanpa Kode Sandi (Passcode)

Untuk mengatur ulang iPhone yang terkunci, hubungkan ke komputer Mac, dan tekan dan tahan tombol tertentu (tergantung model yang Anda miliki). Kemudian klik Restore saat diminta di komputer Anda.

  1. Jangan hubungkan iPhone Anda ke Mac.
  2. Masuk ke Recovery Mode di iPhone Anda dengan menekan tombol-tombol berikut . Ini akan bervariasi tergantung pada perangkat Anda.
    • Untuk iPhone 8 dan yang lebih baru: Tekan dan tahan tombol samping (tombol daya) dan salah satu tombol volume (atas atau bawah) hingga penggeser daya muncul di layar ponsel Anda. Kemudian seret penggeser ke kanan untuk mematikan perangkat. Terus tahan tombol daya saat Anda menyambungkan iPhone ke komputer Mac dengan kabel USB. Anda dapat melepaskan tombol saat Anda melihat layar Mode Pemulihan.

1. Cara Mereset iPhone Tanpa Kode Sandi

    • Untuk iPhone 7: Tekan dan tahan tombol samping (daya) dan tombol volume bawah hingga penggeser daya muncul. Seret penggeser ke kanan untuk mematikan perangkat Anda. Terus tahan tombol samping saat Anda mencolokkan perangkat Anda ke komputer dengan kabel USB. Anda dapat melepaskan tombol samping saat melihat layar Recovery Mode di iPhone Anda.

2. Cara Mereset iPhone Tanpa Kode Sandi

    • Untuk iPhone 6s dan yang lebih lama: Tekan dan tahan tombol samping / atas (tombol daya) dan tombol Home hingga penggeser daya muncul. Seret penggeser ke kanan untuk mematikan perangkat. Terus tahan tombol Home saat Anda mencolokkan perangkat ke komputer dengan kabel USB. Anda dapat melepaskan tombol Home saat Anda melihat layar Recovery Mode di iPhone Anda.

3. Klik Restore pada prompt yang muncul di komputer Anda. Baik Finder dan iTunes akan memberi tahu bahwa ada masalah dengan iPhone Anda, dan itu perlu diperbarui atau dipulihkan. Pilih Restore.

3. Cara Mereset iPhone Tanpa Kode Sandi

Jika Anda tidak memiliki komputer Mac, Anda dapat mengatur ulang/reset  iPhone Anda dari situs web iCloud. Begini caranya:

4. Cara Mereset iPhone dari Situs Web iCloud

Cara lain untuk mengatur ulang iPhone tanpa mengetahui password iPhone Anda adalah melalui situs web iCloud. Agar ini berfungsi, Anda harus mengaktifkan fungsi Find iPhone di pengaturan iCloud ponsel Anda. IPhone Anda juga harus terhubung ke jaringan agar dapat ditemukan lokasinya. Berikut cara mengatur ulang iPhone Anda dari situs web iCloud.

  1. Kunjungi situs web iCloud. Anda dapat mengaksesnya di iCloud.com .
  2. Masuk dengan nama pengguna dan kata sandi iCloud Anda.
  3. Verifikasi identitas Anda . Apple akan mengirimi Anda kode otentikasi dua faktor ke salah satu perangkat Anda yang lain atau alamat email.
  4. Klik Find iPhone.

1. Cara Mereset iPhone dari Situs Web iCloud

Catatan: Find My iPhone harus diaktifkan di ponsel Anda agar proses ini berfungsi. Untuk mengaktifkan Find My iPhone, buka Settings> Apple ID> iCloud> Find My iPhone, lalu pastikan slider berwarna hijau.

5. Masuk dengan kata sandi iCloud Anda jika diminta .

6. Di dropdown All Devices, klik iPhone Anda. Dropdown All Devices akan berisi daftar semua perangkat Apple yang terhubung ke jaringan yang dapat ditemukan oleh layanan iCloud.

7. Klik Erase iPhone dari menu yang muncul.

2. Cara Mereset iPhone dari Situs Web iCloud

Karena Anda akan kehilangan semua informasi di iPhone, mereset iPhone Anda adalah upaya terakhir yang mengharuskan Anda hanya mengambil tindakan drastis ini.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here