Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 10

Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 10 – Hal yang membuat frustasi ketika Anda memiliki aplikasi yang tidak merespons saat digunakan. Tetapi mematikan komputer secara manual dengan menekan tombol power dapat mengakibatkan kerusakan pada komputer Anda. Daripada Anda menunggu aplikasi merespons, berikut ini cara menutup paksa aplikasi di PC Windows 10 melalui tiga cara.

Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 10 Menggunakan Pintasan Keyboard

  1. Klik pada aplikasi yang dibekukan. Anda harus memilih aplikasi, sehingga komputer Anda tahu bahwa itulah yang harus ditutup.
  2. Selanjutnya, tekan tombol Alt + F4 secara bersamaan. Tombol F4 ada di bagian atas keyboard Anda, sedangkan tombol Alt ada di sebelah kiri sebagian besar keyboard.

1. Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 10

Jika Anda tidak memilih jendela atau aplikasi, pintasan ini dapat menyebabkan komputer Anda mati.  Jika pintasan keyboard ini tidak berfungsi di PC Windows 10 Anda, atau laptop Anda tidak memiliki tombol F (fungsi), Anda dapat menggunakan Task Manager.

Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 10 Menggunakan Windows Task Manager

1. Tekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan. Akan menampilkan layar yang bertuliskan, “Preparing security settings” sebelum Anda melihat daftar tugas singkat.

2. Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 10Catatan: Tombol “delete” tidak sama dengan tombol “backspace”. Jika Anda tidak memiliki tombol delete, coba tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka jendela Task Manager.

2. Kemudian pilih Task Manager. Ini adalah opsi terakhir dalam daftar.

3. Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 10

3. Klik aplikasi yang ingin Anda paksa keluar.  Jika Anda tidak melihat aplikasi dalam daftar, pastikan untuk menekan tombol More details di pojok kiri bawah jendela.

4. Klik End task untuk menutup program.

4. Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 10

TERKAIT: 7 Cara Membuka Windows Task Manager

Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 10 menggunakan Command Prompt

1. Klik tombol Windows + R pada keyboard Anda secara bersamaan. Tombol Windows adalah tombol dengan logo Windows di sebelah kiri bilah spasi Anda.

5. Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 102. Kemudian ketik “cmd” di kotak pencarian dan tekan enter pada keyboard Anda

cmd

3. Ketik “tasklist” ke dalam Command Prompt. Ini menampilkan semua tugas dan program yang berjalan di mesin, termasuk yang bermasalah.

4. Terakhir, ketik “taskkill/im {name_of_program}.exe” Ganti {name_of_program} dengan nama program yang ingin Anda paksa berhenti. Ingatlah untuk memberi spasi antara “taskkill im” dan nama program.

5. Terakhir, tekan enter pada keyboard Anda.

6. Cara Menutup Paksa Aplikasi di PC Windows 10

Misalnya, jika Anda ingin memaksa keluar dari Microsoft Word, Anda akan mengetik “taskkill/im word.exe” dan tekan enter. Command Prompt akan mengirimkan pesan konfirmasi bahwa task kill berhasil.

Jika Anda menggunakan pintasan ini untuk sering keluar dari aplikasi secara paksa, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk menjalankan pemeriksaan PC Anda. Lihat panduan kami tentang cara menghapus malware dari PC Windows 10.

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here