Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone

Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone – iPhone maupun iPad keduanya menawarkan opsi auto-brightness pada pengaturan iOS, yang menggunakan sensor cahaya sekitar di  masing-masing perangkat untuk mendeteksi tingkat cahaya ruangan dan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar.

Beberapa pengguna menganggap ini sedikit mengganggu saat perangkat mereka menyesuaikan kecerahan layar. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menonaktifkan auto brightness iPhone maupun iPad.

Apa itu Fitur Auto Brightness?

Di ruangan yang lebih terang atau di luar ruangan, iOS meningkatkan kecerahan layar. Di lingkungan yang lebih gelap atau di malam hari, iOS akan menurunkan kecerahan layar.
Ini berguna untuk menjaga kecerahan layar iPhone atau iPad Anda sesuai dengan kondisi pencahayaan tanpa mengharuskan Anda masuk ke menu pengaturan atau mengunjungi Control Center.

Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone

Dengan auto brightness juga membantu menghemat masa pakai baterai, karena tampilan perangkat iPhone sering kali merupakan penggunna masa pakai baterai terbesar dan auto brightness mencegah layar menjadi lebih terang dari yang seharusnya.

Tapi terkadang iOS “memprediksi” berapa kecerahan iPhone yang tidak Anda inginkan. Misalnya, ruangan cukup gelap tetapi Anda ingin mendapatkan kecerahan maksimum untuk aplikasi atau film tertentu. Atau Anda mungkin ingin mengurangi kecerahan layar untuk menghemat masa pakai baterai di ruangan yang terang benderang.

Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone

Anda dapat mengganti auto brightness iOS dengan menyesuaikan kecerahan secara manual melalui Contril Centre atau melalui Settings > Display & Brightness.

Tetapi jika Anda lebih suka mengontrol kecerahan layar iPhone atau iPad Anda secara manual, Anda cukup mematikan fitur auto brightness iOS. Untuk menonaktifkan kecerahan otomatis, ambil iPhone atau iPad Anda, lakukan ini:

  1. Buka Pengaturan di ponsel atau iPad Anda dan ketuk ‘Accessibility.’

2. Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone

2. Selanjutnya, ketuk ‘Display & Text Size.’

3. Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone

3. Matikan sakelar di samping ‘Auto-Brightness‘.

4. Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone

Untuk versi iOS yang lebih lama, ikuti langkah-langkah berikut: Settings > General > Accessibility > Display Accommodations.

Namun, perlu diketahui jika Anda mengikuti cara ini. Menonaktifkan auto brightness berarti layar perangkat Anda mungkin terlalu redup atau terlalu cerah untuk dilihat saat Anda pertama kali menggunakannya.

Kedua situasi tersebut dapat diatasi dengan membuka Control Centre dan secara manual mengatur kecerahan yang lebih sesuai.

IOS Apple memungkinkan untuk menyesuaikan beberapa fitur kecerahan layar di luar auto brightness. Di bagian ini, ada beberapa fitur lainnya yang dapat Anda ubah melalui perangkat iOS Anda.

5. Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone

Pada screenshot di atas, Anda akan melihat sejumlah opsi aksesibilitas terkait tampilan, termasuk opsi untuk invert colors.

Invert colors

Invert colors berguna untuk orang yang memiliki gangguan penglihatan atau hanya ingin mengurangi kelelahan mata. Meskipun, bagi sebagian besar pengguna, layar terlihat agak aneh, orang lain pasti akan menganggap fitur ini sangat berguna.

Yang perlu Anda lakukan untuk invert colors pada perangkat iOS adalah mengikuti langkah-langkah yang sama seperti yang tercantum di atas dan mengaktifkan sakelar untuk membalikkan warna.

6. Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone

Jika layar terlihat sedikit terlalu aneh, Anda dapat mengaktifkan fitur ‘Smart Invert‘. Berbeda dengan ‘Classic Invert‘, ini akan menjaga hal-hal penting seperti gambar dalam format aslinya.

Color Filters

Color Filters adalah fitur yang dapat digunakan oleh banyak orang yang kesulitan melihat warna saat berinteraksi dengan ponsel.

Sama seperti di atas, buka Accessibility di perangkat iOS Anda dan ketuk ‘Display & Text.’ Dari sini, Anda dapat mengetuk ‘Color Filters‘. Salah satu hal terpenting dari fitur ini adalah dapat disesuaikan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna. Buka Pengaturan dan temukan yang sesuai dengan Anda!

7. Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone

Cara Menonaktifkan Auto Brightness Mac atau MacBook

Jika Anda menggunakan Mac atau MacBook, fitur auto brightness mungkin sangat mengganggu (terutama jika Anda berada di pesawat atau di dalam kendaraan yang pencahayaannya tidak stabil).

Untuk menontaktifkan auto brightness di Mac atau MacBook, buka Apple Menu > System Preferences > Displays path dan hapus centang pada kotak ‘ Automatically Adjust Brightness ‘.

8. Cara Menonaktifkan Auto Brightness iPhone

Jika Anda tidak melihat opsi ini, kemungkinan tidak semua produk Mac dan MacBook memiliki sensor cahaya sekitar.

TERKAIT: Cara Menghemat Baterai iPhone

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here