Cara Menjadi Animator Online Bagi Pemula

Salah satu pekerjaan yang bisa kamu pilih adalah animator online. Pekerjaan yang dilakukan adalah menerima pesanan pembuatan animasi, bisa saja dalam bentuk Gif, stick figure, atau kartun. Kamu juga bisa menggunakan software yang tidak butuh terkoneksi internet atau tools yang ada tersebar banyak di dunia maya.

Kamu bisa mencontoh banyak animator sukses. Di Indonesia, Rini Triyani Sugianto, Andre Surya Melalui, Wira Winata, dan Pamela Halomoan. Rini adalah salah satu contoh animator yang sukses. Dari hobinya membuat animasi, sekarang dia ditarik oleh Weta Digital sebuah rumah produksi yang membuat serial Tintin.

Bagaimana Memulainya?

1. Mengenal Software Animasi

Layaknya ingin menjadi seorang pemusik yang andal. Kamu harus mengenal banyak sekali peralatan musik. Di sini, kamu juga harus tahu beberapa software untuk membuat sebuah animasi. Contoh software animasi yang terkenal adalah:

  • Pencil
  • Synfig Studio
  • Stykz
  • Creatoon
  • Ajax Animator
  • Blender
  • Bryce
  • Daz Studio
  • Clara.io

2. Mengenal Jenis-jenis Animasi

Seperti kami jelaskan di poin sebelumnya, jika kamu ingin bermusik, kamu juga harus mengenal jenis/genre musik. Di dunia animasi, juga terdapat banyak sekali jenis-jenis animasi. Apa saja?

  • Animasi Tradisional : 2 dimensi atau gambar tangan.
  • Vektor Animasi : animasi dengan menggunakan aplikasi, seperti Photosop atau Corel Draw.
  • Animasi 3 Dimensi : animasi yang dibuat dengan aplikasi yang lebih rumit dari vektor animasi.
  • Motion Grafis : teknik membuat desain animasi bergerak.
  • Stop Motion : teknik membuat atau memanipulasi sebuah animasi bergerak-berhenti dengan menggunakan gabungan foto. Gabungan foto tersebut didapatkan dengan memotret sebuah objek secara berkala dan teratur.

3. Mencoba Membuat Animasi

Ketiak kamu telah mengenal jenis dan software animasi. Sekarang saatnya kamu membuat animasi kamu. Tentu karya awal kamu tidak akan maksimal. Tapi awal mencoba akan menuntun diri kamu menjadi seorang animator kawakan.

4. Membuat Portofolio

Penting sekali membuat portofolio untuk pekerjaan ini. Apalagi di dunia desain atau animasi. Portofolio kamu tidak harus berasal dari yang karya kamu yang dibayar orang. Membuat karya “iseng” pun bisa kamu taruh di portofolio kamu.

Bekerja sebagai animator online dan animator biasa tentu berbeda. Letak perbedaannya adalah mereka yang tidak bekerja secara online, biasanya sudah mendapatkan proyek dari tempat mereka bekerja. Sedangkan kamu? Kamu harus rajin mencari proyek-proyek animasi yang tersebar luas di internet.

Pencarian proyek animasi pun bisa dibilang “gampang-gampang susah”. Mungkin kamu suatu saat akan sepi proyek, tetapi suatu saat kebanjiran proyek. Lalu, bagaimana agar kamu bisa mendapat proyek tanpa harus menunggu lama atau suatu saat kebanjiran?

Tips Menjadi Animator Online

1. Buatlah Profil di LinkedIn

Tempat menaruh CV kamu di dunia online salah satunya adalah LinkedIn. Di sana juga orang-orang akan berlalu-lalang mencari animator untuk ditawari proyek. Kamu hanya perlu membuat CV sebaik mungkin untuk membuat calon klien kamu percaya. Kamu bisa mencontoh profil Marie Celaya (http://bit.ly/1Q4Gijz) atau Eric Bribiesca (http://bit.ly/1nSiJgO).

2. Bergabung dengan Forum Animasi

Tidak ada salahnya untuk bergabung dengan berbagai forum animasi. Biasanya di sana mereka akan bertukar berbagai cara animasi hingga pekerjaan. Tidak sedikit juga orang mencari animator di sana. Berikut adalah contoh forum yang bisa kamu ikuti:

  • Animation World Network (http://www.awn.com/forum)
  • Animation Forum (http://animationforum.net/forums/index.php)
  • Lounge Forum Animasi Kaskus (http://www.kaskus.co.id/
  • thread/546bfcd950741017538b4576/lounge-forum-animasi/)
  • Animatedbuzz (http://www.animatedbuzz.com/forums)

3. Mengambil Kursus

Mengasah kemampuan animasi kamu akan membuat orang-orang akan semakin percaya atas hasil animasi kamu. Ada banyak sekali kursus-kursus yang dibuka untuk mereka yang tertarik belajar animasi. Di antara adalah International Design School, Animotion Academy, atau 3Dsense Animation School.

4. Ikut Forum Freelancer

Selain di LinkedIn dan forum-forum. Proyek animasi juga hadir di ruang-ruang freelancer yang tersebar di internet. Tidak ada salahnya jika kamu berkunjung ke website freelance tersebut. Kamu bisa ikut di www.ruangfreelance.com, www.elance.com, www.freelancer.com, atau www.odesk.com.

Bagaimana Pendapatannya?

Bekerja secara freelance sebagai animator online bisa sangat menjanjikan. Seseorang akan berani membayar dengan harga yang mahal jika karya animasi kamu baik. Menurut website www.freelance.com, pekerjaan menjadi animator online sangat menjanjikan dilihat dari segi pendapatan. Pendapatan tertinggi animator online yang dirilis oleh www.freelance.com adalah sebagai berikut.

No Perusahaan Asal Bayaran
1 Square Pixel India $20/jam
2 Crazy Animation India $35/jam
3 Salmanaim Pakistan $45/jam
4 ICAD Animation India $40/jam

Kisah Sukses Rini Sugianto, Animator Indonesia yang Melanglang Buana

Indonesia yang memiliki jumlah penduduk yang banyak ini, juga memiliki banyak animator berbakat. Salah satunya adalah Rini Sugianto. Wanita kelahiran Bandar Lampung ini sudah mengharumkan nama Indonesia di dunia dengan karyanya animasi film. Sebut saja film animasi “The Adventures of Tintin”, “The Avengers”, “Iron Man 3”, “The Hunger Games: Catching Fire”, hingga yang terakhir “The Hobbit: The Desolation of Smaug”.

Rini Sugianto yang merupakan lulusan aristektur Universitas Parahyangan dan Academy of Art San Fransisco ini juga memiliki banyak kendala. Terutama ketika awal-awal kelulusan. Rini mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan.

Dia mengawali dunia karier animasi di sebuah perusahaan game di Amerika. Rini juga berkali-kali pindah tempat bekerja, seperti Tormfront Studios, Offset Software, Blur Studio. Hingga pada akhirnya dia masuk ke sebuah perusahaan animasi ternama yaitu WETA Digital.

Dalam wawancaranya dengan www.jawaban.com, Rini Sugianto mengatakan kunci utama sukses di bidang animasi adalah “jangan menyerah”. Sekarang Rini sedang melakukan sebuah proyek mentor untuk mereka yang ingin menjadi animator. Proyek tersebut adalah www.flashframeworkshop.com. Di sana kamu bisa belajar langsung dari salah satu animator terbaik di Indonesia ini.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan