25 Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Cepat dan Signifikan

Cara Meningkatkan Traffic Website – Aktivitas ngeblog saat ini menjadi lebih mudah dengan platform WordPress. Namun setelah website aktif tantangan berikutnya adalah mendatangkan lebih banyak traffic ke blog atau situs web Anda.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu menjadi ahli marketing digital untuk mempromosikan blog. Anda dapat meningkatkan traffic blog dengan menggunakan beberapa trik yang telah terbukti mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Artikel ini akan membahas beberapa cara meningkatkan traffic website yang sudah teruji mampu meningkatkan traffic blog secara signifikan dan konsisten.

Sebelum Memulai Siapkan Push Notifications untuk Situs Anda

- Advertisement -

Push Notifications pada situs web membantu Anda tetap berhubungan dengan pengunjung setelah mereka meninggalkan website Anda, sehingga Anda dapat menghadirkan mereka kembali.

Anda dapat menggunakan plugin PushEngage. Ini adalah software freemium yang sangat direkomendasikan untuk para blogger, pemilik situs web, dan situs eCommerce.

PushEngage memungkinkan Anda mengirim notifikasi kepada pengunjung melalui perangkat seluler atau desktop, sehingga Anda mendapatkan tingkat engagement yang tinggi daripada media sosial atau email.

Tidak banyak pemilik situs web yang tahu tentang taktik Push Notifications karena sebelumnya sulit disiapkan. PushEngage telah membuatnya semudah itu. Berikut cara menambahkan push notifications di WordPress.

Cara Meningkatkan Traffic Website

1. Buat Profil Audiens untuk Memahami Pengguna Anda

- Advertisement -

Sebelum mulai membuat konten blog, penting meluangkan sedikit waktu untuk memahami target audiens Anda dan apa yang mereka cari. Anda dapat membangun kerangka audiens dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Siapa target audiens Anda?
  • Masalah apa yang mereka hadapi yang bisa Anda bantu selesaikan?
  • Jenis konten apa yang mereka cari?
  • Bagaimana idealnya mereka menemukan jawaban atas pertanyaan mereka?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas akan membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang target audiens Anda.

Anda juga dapat mengembangkannya dengan menambahkan pertanyaan yang dipersonalisasi seperti:

  • Berapa umur mereka?
  • Apa pekerjaan mereka?
  • Apa tingkat pendidikan mereka?
  • Apa tingkat keahlian mereka dalam materi blog Anda?

Profil audiens ini juga dikenal sebagai persona pembeli di industri eCommerce.

2. Lakukan Riset Keyword untuk Strategi Artikel Anda

Riset keyword adalah teknik yang digunakan oleh pembuat konten dan pakar SEO. Riset keyword membantu Anda menemukan kata dan kalimat tertentu yang diketik pengguna di Google dan search engine lainnya untuk menemukan konten yang mereka cari atau butuhkan.

Biasanya, pemula mengandalkan tebakan mereka saat membuat konten. Seperti yang bisa Anda bayangkan, strategi ini untung-untungan.

Jika Anda menggunakan strategi “beruntung”, kemungkinan besar artikel Anda tidak akan mendapat peringkat tinggi di mesin telusur.

Karena tidak ada yang mencari kata kunci (keyword) yang Anda gunakan, atau terlalu banyak persaingan untuk kata kunci tersebut.

Dengan melakukan penelitian keyword yang tepat, Anda akan mendapatkan manfaat berikut:

  • Temukan istilah penelusuran yang sebenarnya dicari orang
  • Temukan ide konten unik untuk istilah pencarian populer
  • Belajar dari pesaing Anda dan kalahkan mereka dengan konten yang lebih baik
  • Buat serangkaian artikel pilar untuk mengarahkan lalu lintas yang stabil ke blog Anda

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara Anda melakukan riset keyword? Untungnya, ini tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Ada banyak tools riset keword gratis dan berbayar yang dapat membantu. Salah satu contohnya Anda bisa menggunakan SEMRush untuk strategi konten.

Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci, URL blog / situs pesaing, atau URL Anda sendiri untuk mengetahui lebih banyak ide kata kunci.

TERKAIT: Tools Riset Keyword Terbaik untuk Peringkat SEO

3. Buat Kalender Editorial

Setelah Anda melakukan riset keyword, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan banyak ide postingan blog. Terkadang, daftar keywords persaingan besar dapat membuat pemula kewalahan hingga gampang menyerah.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi pada Anda, kami merekomendasikan untuk membuat kalender editorial. Ingat, tidak ada blog besar yang dibangun dalam sehari. Butuh waktu dan usaha yang konsisten untuk membuat blog yang sukses.

Membuat kalender editorial akan membantu Anda berpegang pada rencana. Ada banyak tools yang dapat Anda gunakan seperti Asana dan Trello.

Tools ini hadir dengan serangkaian fitur canggih yang dapat membantu Anda. Tujuannya adalah untuk mengatur, menciptakan pandangan yang komprehensif tentang strategi konten, dan membuat lebih produktif.

Berikut beberapa tips tentang cara mengelola alur kerja editorial agar lebih produktif dan efisien.

  • Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Mulailah dengan dua artikel seminggu dan secara bertahap tingkatkan kecepatan pembuatan artikel.
  • Konsisten dengan jadwal postingan Anda. Pastikan Anda mengikuti kalender dan menerbitkan konten reguler sesuai rencana.
  • Tambahkan catatan, ide kata kunci, dan kerangka ke dalam kalender Anda. Ini akan membantu Anda menghasilkan konten berkualitas.
  • Gunakan warna, tag, kategori, dan fitur lain di aplikasi kalender untuk membuatnya lebih visual dan teratur.

4. Buat Artikel Pilar yang Berkualitas dan Berguna

Hal terpenting yang dicari pengguna dan search engine adalah konten berkualitas baik Untuk blog, konten berkualitas biasanya merupakan artikel komprehensif tentang topik tertentu yang mencakup semua detailnya. Konten berkualitas baik tentu sangat membantu bagi pengguna.

Artikel komprehensif ini dikenal sebagai “artikel pilar”. Pakar lain mungkin menyebutnya sebagai konten unggulan atau artikel landasan.

Pada dasarnya, artikel pilar ini adalah artikel terpenting Anda. Anda perlu memilih kata kunci yang paling menjanjikan dan kemudian memberikan informasi sebanyak mungkin dalam satu artikel yang lebih panjang.

Anda harus membuat artikel pilar sebanyak mungkin untuk mencakup semua kata kunci penting dalam niche blog Anda.

Berikut adalah beberapa tip yang harus Anda ingat saat membuat konten pilar:

  • Konten pilar bisa berupa semua jenis artikel. Misalnya, panduan cara kerja, tutorial, artikel perbandingan, artikel opini, dan sebagainya.
  • Perbedaan antara konten pilar dan artikel lainnya adalah artikel pilar Anda lebih komprehensif dan memberikan informasi mendalam tentang topik tersebut.
  • Artikel pilar Anda tidak bergantung pada waktu. Meskipun disarankan tetap diupate dengan informasi baru agar tetap relevan di hasil pencarian.

5. Jadikan Artikel Anda Mudah Dibaca dan Dipahami

Seperti yang disebutkan sebelumnya, search engine dan pengguna menyukai artikel yang lebih panjang dan komprehensif yang menyediakan informasi lengkap yang mereka butuhkan.

Sekarang masalahnya adalah manusia memiliki tingkat perhatian yang sedikit. Sedikit kesulitan dalam membaca atau memahami akan membuat pengguna Anda kesal, dan mereka akan pergi tanpa melihat semua isi artikel yang Anda tawarkan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membuat semua konten Anda mudah dibaca. Anda bisa memulainya dengan menyajikan artikel dalam kalimat-kalimat singkat menggunakan nada bersahabat dan memperbanyak visual.

Berikut adalah beberapa tips dasar untuk membuat konten Anda lebih mudah dibaca dan user-friendly.

  • Gunakan kalimat dan paragraf yang lebih pendek. Dengan cara ini menyisakan banyak ruang di sekitar teks sehingga lebih mudah untuk dilihat dan dibaca.
  • Cobalah untuk meningkatkan tipografi dengan menggunakan font yang lebih mudah dibaca, ukuran font besar, dan banyak spasi.
  • Periksa skor keterbacaan (readability) konten Anda. Plugin Yoast SEO hadir dengan tools bawaan untuk memeriksa tingkat keterbacaan artikel website Anda.
  • Gunakan grammar checker jika website atau blog Anda berbahasa Inggris. Tools seperti Grammarly, tidak hanya memeriksa tata bahasa tetapi membantu Anda menulis artikel dengan lebih baik.
  • Gunakan gambar, screenshot, video, infografis, dan elemen visual lainnya. Elemen media ini membuat artikel Anda sangat menarik dan lebih mudah dibaca.

6. Pelajari dan terapkan dasar-dasar SEO ke Situs Web Anda

SEO merupakan best practices yang dapat menjadikan situs web Anda lebih ramah search engine. Anda tidak perlu menjadi ‘Guru SEO’ untuk meningkatkan situs web Anda. Ada banyak tools dan plugin SEO gratis beserta panduannya yang dapat Anda gunakan.

Kami merekomendasikan plugin Yoast SEO, All in One SEO, dan Rank Math untuk mengoptimalkan SEO WordPress Anda. Gunakan salah satu plugin tersebut untuk membantu SEO situs web Anda agar artikel website Anda mudah diindeks dan mendapat peringkat terbaik di search engine. Versi gratisnya sudah mencakup semua fitur SEO yang Anda perlukan.

TERKAIT: Plugin SEO WordPress Terbaik Yang Harus Anda Instal

7. Tulis Judul yang Menarik

Saat pengguna menemukan konten Anda di hasil pencarian, hal pertama yang mereka lihat adalah judul artikel Anda. Judul postingan blog yang menarik akan mendapat lebih banyak klik. Sedangkan judul yang polos dan membosankan akan diabaikan, dan pengguna cenderung mengabaikannya.

Anda perlu mempelajari cara menulis judul yang lebih baik untuk postingan blog Anda agar menarik perhatian pengguna dan mendapatkan lebih banyak klik.

Berikut adalah elemen dasar dari judul yang efektif:

  • Judul yang bagus memicu respons emosional (kegembiraan, kejutan, keterkejutan, rasa ingin tahu, ketakutan, kegembiraan, keserakahan, dan sebagainya).
  • Judul menawarkan pengguna hadiah dan nilai
  • Judul mempromosikan konten dengan memasukkan kata kunci target

Terakhir, judul yang bagus menyertakan ajakan bertindak untuk pengguna yang sering kali tidak kentara dan terkadang tersirat.

Untuk mempelajari lebih lanjut, kami menyarankan Anda untuk memeriksa tajuk utama yang menjadi viral dan apa yang dapat Anda pelajari.

Anda juga dapat menggunakan tools gratis analisa judul untuk membantu membuat judul yang lebih baik:

8. Gunakan Internal Linking pada setiap Artikel

Sekarang setelah Anda mulai membuat konten yang berkualitas, penting untuk menautkan artikel Anda dari postingan yang terkait pada blog Anda. Cara ini disebut tautan internal, dan cukup memainkan peran besar dalam SEO.

Manfaat menggunakan tautan internal (Internal Linking):

  • Tautan internal (Internal Linking) membantu Google memahami konteks dan hubungan antara berbagai artikel di situs web Anda. Kemudian menggunakan informasi ini sebagai sinyal peringkat.
  • Tautan internal, bila ditempatkan secara strategis dan dalam konteks, dapat membantu Anda meningkatkan tampilan halaman dan mengurangi bounce rate.
  • Lebih sulit meminta situs web pihak ketiga untuk menautkan ke artikel Anda. Tautan internal jauh lebih mudah untuk membuat tautan di situs Anda sendiri.

Sebaiknya biasakan untuk menautkan ke artikel lama Anda pada setiap artikel baru Anda, karena tautan internal memainkan peran yang begitu penting dalam SEO.

9. Dapatkan Backlink Berkualitas

Backlink atau tautan balik adalah link masuk ke konten Anda dari situs web eksternal. Backlink adalah salah satu sinyal paling berpengaruh di peringkat Google.

Mendapatkan backlink dari situs web dan blog ternama sangatlah sulit. Tidak hanya untuk pemula, bahkan blogger berpengalaman pun berjuang untuk mendapat backlink dari website berkualitas .

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan backlink berkualitas ke situs Anda:

  • Jangkau influencer dan blog terkemuka di industri/niche blog Anda, lalu beri tahu mereka tentang konten tertentu di situs Anda yang mungkin ingin mereka tautkan.
  • Tulis postingan tamu di blog dan situs web lain.
  • Wawancarai influencer dan blogger di blog Anda. Mereka mungkin ingin memberi tahu pengguna mereka untuk datang saat melakukan interview, dan Anda akan mendapatkan backlink.
  • Cara termudah untuk mendapatkan backlink adalah dengan menambahkan link ke situs web Anda di semua profil media sosial Anda.

10. Tambahkan Gambar, Grafik, Infografik agar Konten Menarik Secara Visual

Cara Memasang Plugin di WordPress untuk Pemula

Sebagai manusia, otak kita lebih menyukai elemen visual. Warna dan objek memicu respons emosional di otak, sehingga membuat pengguna lebih terlibat dan tenggelam dalam konten kita.

Orang-orang suka melihat infografis karena memuat informasi menarik dan mudah dikonsumsi.

Gambar di postingan blog Anda menarik perhatian pengguna dan membantu mereka fokus tidak hanya pada elemen visual tetapi juga teks di sekitarnya.

Jika Anda baru memulai, penting untuk mengetahui bahwa Anda tidak bisa sembarang menggunakan gambar yang Anda lihat di internet. Gambar dilindungi oleh hak cipta dan mencuri materi berhak cipta dapat menimbulkan konsekuensi serius.

Idealnya, Anda ingin menggunakan gambar, grafik, dan foto Anda sendiri, sayangnya tidak semua blogger adalah desainer grafis atau fotografer.

Untungnya, ada begitu banyak sumber daya yang bagus untuk menemukan gambar dan video bebas royalti, dan bahkan ada tools yang dapat Anda gunakan untuk membuat grafik Anda sendiri dengan mudah.

TERKAIT: 10 Situs Download Gambar dan Video HD Gratis dan Bebas Lisensi

11. Tambahkan Video ke Artikel Anda

Video adalah bentuk konten paling disukai. Pengguna menghabiskan lebih banyak waktu pada posting blog yang berisi video daripada hanya teks dan gambar.

Menambahkan video ke artikel Anda di WordPress sangatlah mudah. Namun, Anda tidak boleh mengupload video ke WordPress karena WordPress tidak dioptimalkan untuk streaming video.

Video yang dihosting di server hosting WordPress Anda akan memakan banyak sumber daya. Solusinya adalah dengan mengunggahnya ke YouTube dan kemudian menyematkan video di postingan blog Anda.

Cara ini memberi Anda lebih banyak eksposur karena YouTube sendiri adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia setelah Google.com, dan platform media sosial paling populer.

Ada banyak cara untuk membuat konten video untuk situs web Anda dengan mudah. Berikut beberapa yang bisa Anda mulai:

  • Anda dapat membuat tayangan slide berisi tutorial dengan instruksi suara
  • Anda dapat membuat screencast
  • Rekam wawancara dengan blogger dan influencer lain di industri Anda
  • Menjadi vlogger dengan menambahkan rekaman video Anda sendiri dalam mode selfie

Untuk pengeditan video, jika Anda menggunakan Mac, maka iMovie dapat digunakan untuk mengedit video. Pengguna Windows dapat menggunakan software editing video gratis seperti Lightworks atau Shotcut untuk pengeditan dasar.

12. Memanfaatkan Konten Buatan Pengguna

Konten buatan pengguna pada dasarnya adalah konten yang dihasilkan di situs web Anda sebagai hasil dari aktivitas pengguna. Termasuk komentar, testimonial, postingan tamu, ulasan pengguna, dan banyak lagi.

Konten buatan pengguna membantu Anda mendatangkan lebih banyak traffic ke situs web Anda karena memberi pengguna peluang untuk berpartisipasi dan terlibat.

Pengguna lebih cenderung untuk kembali, berbagi, dan bahkan membeli dari situs web Anda ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu di website Anda

Ada banyak jenis konten buatan pengguna yang dapat Anda tambahkan. Anda harus memilih mana yang terbaik dan sesuai untuk blog Anda.

13. Desain Situs Web Rapi dan Tidak Berantakan

Desain situs web yang buruk menghentikan pengguna untuk menghabiskan waktu di blog Anda dan dapat menurunkan tampilan halaman Anda.

Sedangkan desain yang bagus membantu mereka menemukan lebih banyak konten, menjelajahi bagian lain, dan menghabiskan lebih banyak waktu.

Bagaimana cara memilih tema web WordPress? Tema yang sederhana, bersih, dan fungsional memberikan kesan pertama yang baik dan menawarkan pengalaman pengguna.

14. Optimalkan Kecepatan Situs Web untuk Memuat Halaman Anda Lebih Cepat

Di era serba instan ini, tidak ada yang mau menunggu loading situs web. Jika situs web Anda lambat, maka pengguna akan meninggalkan situs web Anda bahkan sebelum dimuat.

Search engine seperti Google juga mempertimbangkan kecepatan situs web dan waktu buka halaman sebagai salah satu faktor peringkat.

Untuk memastikan bahwa situs web Anda dimuat dengan cepat, Anda perlu mengoptimalkan kinerja WordPress. Anda bisa menggunakan cache, menghindari plugin atau sumber daya yang tidak perlu, dan mengoptimalkan gambar.

TERKAIT: 10 Layanan CDN Gratis untuk Mempercepat Situs WordPress

15. Membuat Layanan Email Subscription

Sebagian besar blogger pemula menghabiskan waktu untuk akuisisi pengguna baru ke situs web mereka. Namun, lebih dari 80% pengguna yang meninggalkan situs tidak akan pernah kembali ke situs Anda.

Trik untuk meningkatkan lalu lintas blog Anda BUKAN dengan hanya mendapatkan pengunjung baru, tetapi Anda juga harus membuat pengunjung lama datang kembali.

Bagaimana Anda memastikan bahwa pengguna kembali ke situs web Anda? Anda bisa meminta mereka untuk berlangganan blog Anda.

Pengguna dapat berlangganan profil media sosial situs web Anda. Namun, sebagian besar media sosial membatasi jangkauan Anda, dan pengguna hanya dapat melihat beberapa konten Anda.

Inilah mengapa perlu mulai membangun list email.

Email marketing adalah tools marketing yang paling hemat biaya dan sangat efektif. Anda kehilangan user/pelanggan potensial setiap hari tanpa list email.

Setelah memiliki list email, Anda dapat mengirim artikel ke email mereka untuk mendatangkan lebih banyak traffic ke blog. Banyak blogger merekomendasikan penggunaan Constant Contact, SendinBlue , atau ConvertKit .

16. Bagikan Postingan Blog Secara Otomatis

Ketika ditekankan untuk membangun list email, bukan berarti berhenti membangun followers di media sosial. Masalah dengan situs media sosial adalah Anda harus secara teratur memposting konten agar profil Anda tetap aktif dan mengarahkan lalu lintas ke blog Anda.

Jika Anda melakukannya secara manual, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk berbagi konten.

Di sinilah peran IFTTT. Ini adalah layanan online gratis yang memungkinkan Anda untuk berbagi postingan blog WordPress secara otomatis ke situs media sosial.

17. Bagikan Artikel Lama Anda ke Media Sosial

Jika Anda melakukan seperti kebanyakan blogger, Anda mungkin hanya mempublikasikan satu artikel sehari, ini berarti untuk sisa hari itu tidak ada update dari Anda di media sosial.

Di platform seperti Twitter, Tweet Anda akan tenggelam, dan pengguna mungkin tidak akan melihatnya. Bukankah lebih baik jika Anda membagikan konten lama Anda secara otomatis sepanjang hari?

Ini akan membantu mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari media sosial dengan meningkatkan visibilitas dan menjaga profil Anda lebih aktif. Anda dapat melakukan otomatisasi dengan tools seperti Buffer dan Revive Old Posts.

18. Explore Media Sosial Lainnya

Ada begitu banyak media sosial, tetapi kebanyakan kita menghabiskan seluruh waktu di beberapa platform teratas seperti Facebook dan Twitter untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke blog Anda.

Namun, tergantung pada topik blog, Anda mungkin lebih sukses di media sosial lain yang tidak terlalu ramai. Misalnya, jika blog Anda tentang membangun bisnis, Anda bisa menemukan lebih banyak pengguna di LinkedIn.

Jika menjalankan blog gaya hidup, Instagram mungkin bisa menjadi platform yang diprioritaskan. Anda juga bisa menghabiskan waktu di Quora untuk menjawab pertanyaan pengguna untuk membangun backlink dan membantu meningkatkan lalu lintas blog.

19. Berpartisipasi dalam Komunitas Online

Komunitas online adalah sumber traffic yang bagus terutama karena telah melibatkan pengguna yang tertarik dengan topik yang didiskusikan di blog Anda.

Anda dapat menemukan komunitas yang lebih kecil di Reddit, grup LinkedIn, grup Facebook, komunitas YouTube, dan banyak lagi.

Tips: Jangan hanya memposting tautan ke artikel Anda. Cara ini bisa disebut spamming dan moderator akan langsung memblokir Anda.

Anda harus meluangkan waktu untuk membangun reputasi, menjawab pertanyaan, bergabung dengan diskusi, dan kemudian membagikan link situs web Anda jika memungkinkan.

20. Buat Grup Online Anda Sendiri

Cara lain untuk membangun followers blog Anda adalah dengan membuat grup online Anda sendiri. Anda dapat menggunakan platform gratis seperti Facebook atau LinkedIn dan mengundang pengguna Anda untuk bergabung.

Saat komunitas Anda tumbuh, pengaruh Anda juga akan meningkat. Peserta aktif dalam grup Anda akan secara proaktif membantu Anda mempromosikan blog di profil media sosial mereka sendiri. Setelah beberapa waktu, komunitas kecil ini bisa menjadi sumber utama trafik blog Anda.

21. Berpartisipasi dalam Situs Tanya Jawab

Anda mungkin memperhatikan bahwa terkadang jawaban lama dari situs web seperti Stack Exchange, Quora, atau TripAdvisor masih akan mengungguli blog yang lebih mapan dalam hasil pencarian.

Situs Tanya Jawab (Q & A) adalah salah satu komunitas online terbesar di internet.

Keuntungan menjawab pertanyaan di platform ini adalah jawaban Anda akan tetap aktif untuk waktu yang sangat lama yang berarti dapat menjadi sumber traffic reguler ke blog Anda.

Sekali lagi, kami tidak akan merekomendasikan Anda untuk memposting link tautan Anda. Sebaliknya, Anda harus menulis jawaban mendetail yang sebenarnya dengan tautan ke posting blog Anda jika sesuai dengan konteksnya.

22. Gunakan Influencer di Media Sosial

Influencer dapat membantu Anda mempromosikan blog dan secara signifikan dapat meningkatkan lalu lintas situs web Anda.

Namun, masalahnya adalah kebanyakan influencer sudah menerima banyak sekali pesan. Karena Anda adalah seorang blogger baru, mereka menganggap Anda mungkin tidak memiliki apapun untuk ditawarkan sebagai imbalan.

Jadi bagaimana Anda mendapatkan perhatian dari seorang influencer? Lebih penting lagi, bagaimana membuat mereka mempromosikan blog Anda?

Pertama, Anda perlu memulai percakapan dengan mereka di media sosial.

Selanjutnya, bagikan konten mereka dengan komentar Anda sendiri, balas utas mereka, tinggalkan komentar di posting blog mereka.

Pastikan setiap interaksi menambah nilai pada diskusi mereka.

Influencer senang jika pengguna menghargai usaha mereka. Mereka akan memperhatikan dan mengingat Anda. Kedengarannya seperti menambah pekerjaan, tetapi ini justru membantu Anda membangun persahabatan yang saling menguntungkan.

23. Lacak Peringkat Kata Kunci (Keyword) Situs Web Anda

Setelah Anda membuat konten dan mempromosikannya, Anda perlu melacak seberapa baik kinerja setiap konten. Selanjutnya, kata kunci apa yang masuk diperingkat mesin pencari.

Anda dapat menggunakan Google Search Console. Ini adalah tools gratis yang disediakan Google untuk membantu Anda melihat performa situs web di Google Penelusuran.

Selanjutnya, Anda bisa memantau situs pesaing Anda. Gunakan tools SEMRush dan Ahrefs. Tools tersebut akan memberi Anda informasi terperinci tentang pesaing Anda, keyword teratas, dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mengungguli mereka.

TERKAIT: 6 Tools Riset Keyword Terbaik untuk Peringkat SEO

24. Lacak Traffic Situs Web dan Keterlibatan Pengguna

Cara Pasang Google Analytics di WordPress

Sekarang setelah Anda mulai mendapatkan lalu lintas, Anda perlu mengetahui dari mana pengguna berasal, dan apa yang mereka lakukan saat berada di situs web Anda. Tanpa data ini, Anda tidak dapat mengevaluasi strategi atau merencanakan langkah Anda selanjutnya.

Di sinilah peran Google Analytics .

Google Analytics melacak pengunjung situs web Anda dan membantu Anda melihat laporan traffic, keterlibatan, dan aktivitas pengguna lainnya di situs web Anda. Keuntungan terbesar menggunakan Google Analytics adalah Anda dapat melihat apa yang dilakukan pengguna Anda ketika mereka mengunjungi situs web Anda.

TERKAIT: Cara Pasang Google Analytics di WordPress untuk Pemula

25. Belajar Online Marketing dan SEO

Kiat-kiat pada artikel ini dapat membantu Anda meningkatkan lalu lintas blog dan terus mendapatkan lebih banyak pelanggan. Namun seiring pertumbuhan blog, Anda juga harus mempelajari lebih banyak cara untuk mengembangkan bisnis, terutama belajar SEO WordPress.

Kami harap panduan cara meningkatkan traffic website ini membantu Anda meningkatkan lalu lintas blog dan meningkatkan pendapatan Anda.

- Advertisement -

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Subscribe

Dapatkan update artikel terbaik dari email Anda