Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Tekno Aplikasi Cara Mengustomisasi Toolbar Quick Access pada Microsoft Office

Cara Mengustomisasi Toolbar Quick Access pada Microsoft Office

- Advertisement -

Aplikasi Microsoft Office memiliki Toolbar Quick Access yang bisa menampilkan perintah dengan sekali klik. Berikut cara mengustomisasi toolbar agar bisa menampilkan berbagai perintah yang muncul di pita dan beberapa sama sekali tidak ada di pita.

Toolbar Quick Access dapat ditemukan di aplikasi Excel, OneNote, Outlook, PowerPoint, dan Word dalam paket Office standar, dan juga pada aplikasi lain seperti Project dan Visio yang Anda beli. Toolbar tidak tersedia di versi aplikasi web.

Kita akan menggunakan Word sebagai contoh, tetapi langkah yang sama berlaku untuk semua aplikasi Microsoft Office lainnya.

- Advertisement -

Toolbar Quick Access terletak di tepi atas aplikasi, di atas pita.

toolbar akses cepat

Bergantung pada aplikasi apa yang Anda gunakan dan versi Office apa yang Anda pakai, perintah defaultnya akan sedikit berbeda. Tetapi di versi Word Office 365, perintah default adalah:

  1. Simpan Otomatis/AutoSave, akan muncul jika Anda memiliki OneDrive.
  2. Menyimpan (save)
  3. Batalkan tindakan terakhir (Undo the last action)
  4. Ulangi tindakan terakhir (Redo the last action)

Untuk mengustomisasi toolbar, klik panah ke bawah di akhir perintah. Menampilkan beberapa perintah umum yang sudah terdaftar.

- Advertisement -

mengustomisasi toolbar

Perintah akan berbeda tergantung pada aplikasi apa yang Anda gunakan, tetapi umumnya sama untuk semua aplikasi, seperti Mode Cetak atau Sentuh / Mouse .

Untuk menambahkan salah satu dari perintah ini ke toolbar, cukup klik. Anda juga dapat menghapus item dari toolbar dengan mengklik perintah apa pun dengan tanda centang di sebelahnya, atau dengan mengklik kanan perintah di toolbar dan memilih “Remove From Quick Access Toolbar.”

Remove From Quick Access Toolbar

Perintah umum ini sangat berguna, tetapi setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda, sehingga Anda harus memilih perintah yang sering Anda gunakan. Cara untuk mengustomisasi, klik panah dan pilih “More Commands.”

More Commands

Untuk menambahkan perintah ke toolbar, pilih dari daftar di sebelah kiri, klik “Add” (atau klik dua kali perintah), lalu pilih tombol “OK“.

Add command

Kami memilih “Font Color.”

Daftar perintah yang Anda lihat ketika membuka panel tersebut hanya sebagian kecil saja dari perintah yang tersedia. Buka panel lagi dengan memilih panah dan “More Commands” dan kemudian klik panah drop-down di sebelah “Popular Commands.”

Anda dapat memilih dari banyak filter untuk menemukan perintah spesifik yang sering Anda gunakan, tetapi jika Anda memilih “All Commands,” Anda akan melihat semua opsi yang memungkinkan. Bergantung pada aplikasi apa yang Anda gunakan, beberapa di antaranya mungkin cukup mengejutkan. Misalnya, di Excel, Anda memiliki opsi untuk menambahkan perintah yang membuka kalkulator bawaan Windows .

Ada juga banyak perintah yang tidak tersedia secara langsung di pita. Untuk melihatnya, ubah drop-down “Popular Commands” ke “Commands Not In The Ribbon.”

Commands Not In The Ribbon

Nama “Commands Not In The Ribbon” agak menyesatkan karena banyak perintah tersedia di pita, tetapi Anda harus mengklik beberapa panah dan menu untuk dapat memanfaatkannya. Namun, ada banyak perintah yang sama sekali tidak tersedia di pita.

Scroll ke bawah pada daftar sampai Anda mendapatkan perintah “Options: Home” dan menambahkannya ke toolbar.

Ketika Anda mengklik, selanjutnya akan membuka panel Opsi yang biasanya Anda akses melalui File > Options. Jika Anda sering menggunakan perintah (command) tertentu pada aplikasi Office dan sering mengklik lebih dari sekali, ada baiknya menambahkan ke Toolbar Quick Access untuk menghemat waktu.

Jika Anda tidak yakin dengan nama perintah (command), Anda juga bisa menambahkan langsung ke bilah alat dari pita. Kita akan menggunakan contoh memulai kembali penomoran pada halaman baru, yang merupakan persyaratan umum bagi banyak orang yang sering menggunakan Word.

Caranya, klik tab “Layout“, pilih “Line Number,” lalu pilih “Restart Each Page.” Ini tiga klik. Untuk menjadikan ini satu klik (agar jauh lebih efisien), klik kanan “Restart Each Page” dan kemudian pilih “Add To Quick Access Toolbar” dari menu konteks.

Perintah “Restart Each Page” sekarang muncul di Toolbar Quick Access sebagai sakelar, artinya Anda dapat menghidupkan dan mematikannya sesuai kebutuhan.

Untuk mengubah urutan perintah pada toolbar, klik kanan sembarang perintah pada toolbar dan pilih “Customize Quick Access Toolbar” dari menu konteks.

Customize Quick Access Toolbar

Pilih perintah di daftar sebelah kanan dari perintah toolbar yang terlihat dan gunakan panah ke kanan untuk mengubah urutan perintah pada toolbar.

Jika Anda ingin mengatur ulang (reset) toolbar kembali ke pengaturan default, klik “Reset” dan “Reset Only Quick Access Toolbar.”

Sourcehowtogeek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU