Cara Mengunci PC Windows 11

Cara Mengunci PC Windows 11 – Merupakan kebiasaan yang baik untuk mengunci PC Windows 11 (dengan fitur software khusus Windows) setiap kali Anda meninggalkan PC Windows 11 sehingga orang lain tidak dapat menggunakannya. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga PC Windows 11 Anda tetap aman dengan menguncinya.

Saat Anda mengunci PC Windows 11, Windows menampilkan layar login, tetapi sesi Windows Anda tetap aktif di background. Anda dapat melanjutkan apa yang Anda lakukan (sebelum Anda menguncinya) kapan saja dengan masuk ke akun Anda di layar login menggunakan password, PIN, atau metode masuk lainnya.

Sebaliknya, “signing out” dapat mencegah orang lain menggunakan PC Anda, tetapi itu akan menutup semua yang telah Anda kerjakan di Windows dan membebaskan sumber daya sistem (seperti RAM dan waktu CPU).

Cara Mengunci PC Windows 11

Kunci Windows 11 Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara Mengunci PC Windows 11

Cara tercepat mutlak untuk mengunci PC Windows 11 Anda adalah dengan menggunakan shortcut keyboard. Setiap saat, tekan Windows+L pada keyboard Anda, dan Windows akan segera mengunci dan beralih ke layar login.

Kunci Windows 11 Menggunakan Menu Start

Cara Mengunci PC Windows 11

Anda juga dapat mengunci PC Anda dengan cepat menggunakan menu Start. Untuk melakukannya, klik tombol Start, lalu pilih nama akun Anda di sudut kiri bawah Start. Di menu yang muncul, pilih “Lock“. PC Anda akan terkunci, dan Anda harus login kembali untuk menggunakannya.

Kunci Windows 11 Menggunakan Ctrl+Alt+Delete Screen

3. Cara Mengunci PC Windows 11

Cara cepat lainnya untuk mengunci PC Anda adalah dengan menggunakan layar Ctrl+Alt+Delete. Untuk menggunakannya, tekan Ctrl+Alt+Delete pada keyboard Anda, dan Anda akan melihat layar hitam khusus dengan menu di tengah. Klik “Lock“, dan PC Anda akan langsung terkunci.

Kunci Windows 11 Secara Otomatis Menggunakan Dynamic Lock

Cara Mengunci PC Windows 11

Anda juga dapat mengunci PC Anda secara otomatis saat Anda meninggalkannya dengan fitur yang disebut Dynamic Lock. Pertama, Anda perlu memasangkan smartphone Anda ke PC sebagai perangkat Bluetooth. Kemudian buka Settings (tekan Windows+i) dan arahkan ke Accounts > Sign-in Options. Scroll ke bawah ke bagian “Dynamic Lock” dan centang kotak di samping “Allow Windows to automatically lock your device when you’re away”. Kemudian, tutup Settings. Sekarang, setiap kali Anda meninggalkan PC Anda, Windows akan mendeteksi bahwa Anda pindah dan mengunci secara otomatis.

Kunci Windows 11 Secara Otomatis Saat Tidak Aktif

Cara Mengunci PC Windows 11

Jika Anda sering meninggalkan PC yang dapat diakses oleh orang lain, Anda juga secara otomatis dapat mengunci Windows 11 setelah jangka waktu tertentu. Caranya, buka Start dan cari “screen saver”, lalu klik “Turn Screen Saver On or Off” di hasil “Settings”.

Ketika jendela “Screen Saver Settings” terbuka, pilih screen saver dari menu drop-down, lalu atur waktu di kotak “Wait” untuk berapa lama Anda ingin PC Anda tetap aktif tanpa mengunci. Terakhir, beri tanda centang di samping “On resume, display logon screen.” Kemudian klik “Ok.” Setiap kali screen saver Anda terpicu, PC Anda akan terkunci secara otomatis.

Tips lain, jika Anda tidak menyukai tampilan layar kunci Windows 11, Anda dapat menyesuaikannya di Settings > Personalization > Lock Screen. Selamat mencoba!

TERKAIT: Cara Menonaktifkan Lock Screen Windows 10

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here