Cara Mengubah Background Windows 11

Cara Mengubah Background Windows 11 – Jika Anda ingin mengubah wallpaper desktop di Windows 11 ke gambar bawaan atau gambar khusus, itu sangat mudah dilakukan melalui Windows Settings.

Cara Mengubah Background Windows 11

Untuk mengubah background desktop, Anda harus membuka aplikasi Windows Settings terlebih dahulu. Klik kanan desktop dan pilih “Personalize” di menu yang muncul.

Cara Mengubah Background Windows 11

Windows Settings akan terbuka ke kategori “Personalization“. Di daftar pengaturan utama di sisi kanan jendela, pilih “Background.”

2. Cara Mengubah Background Windows 11

Di pengaturan Background, cari opsi “Personalize Your Background“. Pada menu drop down, Anda dapat memilih salah satu dari tiga opsi:

  • Picture: memungkinkan Anda memilih gambar atau foto (file gambar) untuk digunakan sebagai wallpaper desktop.
  • Solid: memungkinkan Anda memilih warna solid untuk desktop Anda.
  • Slideshow: Opsi ini memungkinkan Anda memilih folder gambar untuk digunakan sebagai background desktop yang berubah secara otomatis.

3. Cara Mengubah Background Windows 11

Perlu dicatat bahwa opsi “Picture” hanya berlaku untuk desktop. Jika Anda menggunakan beberapa desktop melalui fitur desktop virtual di Windows 11, Anda dapat mengatur gambar yang berbeda untuk setiap desktop virtual. Sebaliknya, opsi “Solid” dan “Slideshow” berlaku untuk semua desktop virtual.

Jika Anda memilih “Picture” di menu “Personalize Your Background “, Anda memiliki dua opsi utama. Anda dapat memilih dari grup “Recent Images” dengan mengklik thumbnail, atau klik “Browse Folders” dan pilih gambar yang ingin Anda gunakan yang disimpan di PC Anda.

(Jika Anda bingung saat menelusuri gambar, Windows 11 menyimpan wallpaper C:\Windows\Web\Wallpaperbawaannya secara default.)

4. Cara Mengubah Background Windows 11

Di bawah menu drop down “Choose a fit for your desktop image”, pilih opsi yang paling cocok untuk Anda.

  • Fill: meregangkan atau memampatkan gambar agar sesuai dengan lebar layar Anda sambil menjaga rasio aspek yang tepat.
  • Fit: meregangkan atau memampatkan gambar agar sesuai dengan ketinggian layar Anda sambil menjaga rasio aspek yang tepat.
  • Stretch: meregangkan atau memampatkan gambar yang Anda pilih agar pas dengan dimensi layar tanpa mempertahankan rasio aspek asli gambar.
  • Tile: menduplikasi gambar dalam format ubin dari kiri ke kanan mulai dari sudut kiri atas hingga memenuhi seluruh ruang layar desktop.
  • Center: menampilkan gambar yang dipusatkan di layar Anda pada ukuran dan rasio aspek aslinya.
  • Span:Opsi ini akan menampilkan gambar di seluruh desktop pada beberapa monitor.

Cara Memilih Solid Color sebagai Background Desktop

Jika Anda memilih “Solid Color” di “Personalize Your Background“, Anda dapat memilih salah satu warna latar belakang yang telah dipilih sebelumnya dari kisi kotak berwarna, atau Anda dapat memilih warna khusus dengan mengeklik “View Colors.”

5. Cara Mengubah Background Windows 11

Ingatlah bahwa opsi “Solid Color” ini akan berlaku untuk semua desktop virtual Anda secara bersamaan.

Cara Mengatur Slideshow sebagai Background Desktop

Jika Anda memilih “Slideshow” di menu drop-down “Personalize Your Background“, Anda akan melihat opsi yang memungkinkan Anda menelusuri folder yang berisi gambar yang ingin Anda putar.

Setelah memilih folder, Anda dapat mengatur seberapa sering gambar berubah dengan menu drop-down “Change Picture Every“. Anda juga dapat mengacak urutan gambar, menonaktifkan tayangan slide dengan daya baterai, dan memilih kecocokan menggunakan opsi Fill, Fit, Stretch (dan seterusnya) yang dijelaskan di atas.

6. Cara Mengubah Background Windows 11

Setelah Anda mengatur wallpaper desktop Windowss 11 sesuai keinginan Anda, tutup Windows Settings.

TERKAIT: Cara Menonaktifkan Efek Transparansi Windows 11

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here