Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Mystery Shopper

Mystery shopper atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut se­bagai pembeli misterius adalah pekerjaan yang menyenangkan. Pekerjaan kamu hanya menjadi seorang pembeli. Setelah kamu membeli di sebuah tempat perbelanjaan kamu diwajibkan membuat semacam review untuk mereka yang merekrut kamu.

Umunya mystery shopper bekerja offline. Bagaimana cara bekerjanya? Kurang lebih para mystery shopper akan mengunjungi salah satu website jual beli online. Mereka akan melakukan transaksi dan menguji bagaimana pelayanan di sana. Menyenangkan, bukan?

Bagaimana Memulainya?

1. Memiliki Naluri Seorang Pembeli

Kita semua memang pernah menjadi seorang pembeli. Tetapi naluri seorang pembeli belum tentu kita miliki. Jika kamu seorang pembeli yang baik, kamu akan memperhatikan banyak hal. Pelayanan, ketersediaan barang, harga hingga kondisi setelah membeli. Jika biasanya kamu tidak peduli dengan hal ini, kamu harus mulai mempelajarinya.

2. Belajar Menjadi Independen

Sesungguhnya pekerjaan ini terletak di review yang kamu buat. Seorang pembuat review/ulasan yang baik tidak akan terpengaruh apa yang mereka ulas. Hal ini yang harus kamu pahami. Kamu harus memberikan review yang jujur walau itu produk atau tempat yang kamu sukai tetapi memberikan kesan yang buruk. Jadilah independen!

3. Rutin Membuat Review

Kamu harus melatih membuat berbagai macam ulasan. Tidak harus mengirimkan ke perusahaan tersebut. Kamu bisa menaruh ulasan kamu di forum-forum, seperti Kaskus atau membuat website sendiri. Kompasiana bisa juga menjadi salah satu sarana kamu menulis sebuah review.

4. Tidak Ketinggalan Informasi

Dunia selalu berkembang. Pola konsumsi manusia bisa berubah setiap saat. Jika kamu tidak ikut perkembangan tersebut maka kamu akan kesulitan menjadi seorang mystery shopper. Sebagaimana seorang pembeli, minimal kamu harus menjadi pembeli yang fleksibel. Bisa mengikuti perkembangan tren masa kini.

Baca juga  Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

5. Tahu Seluk-Beluk Online Shop Indonesia

Aktivitas jual beli online di Indonesia sudah berlangsung cukup lama. Banyak sekali perubahan dari TokoBagus yang menjadi OLX. Munculnya e-commerce, seperti BukaLapak, Tokopedia, Elevenia, dan lain-lain. Hingga muncul sebuah sistem pembayaran bernama rekening bersama. Semua itu harus kamu ketahui.

Di dunia nyata, seorang mystery shopper akan beroperasi di weekend. Mereka akan mengunjungi retail dalam seharian. Berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Mengobrol dengan pelayan hingga kasir. Melihat kondisi tempat dan persaingan harga. Terkadang mereka harus mencari kesalahan untuk mengejar “harga” sewa mereka.

Di dunia online, seorang mystery shopper bisa bekerja kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa bekerja di weekdays. Bisa saja saat itu jarang sekali yang mengunjungi sebuah online shop. Kamu juga bisa bekerja di weekend, dimana traffic pembelian sedang tinggi-tingginya dan menilai apakah online shop tersebut mampu menanganinya.

Jika kamu nanti menjadi seorang mystery shopper kamu harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:

  1. Keadaan website
  2. Konten penjualan
  3. Harga
  4. Pelayanan customer service
  5. Layanan pasca pembelian
  6. Kecepatan eksekusi
  7. Ketepatan penanganan mereka

Selain 7 hal-hal di atas, kamu juga harus bersaing dengan orang lain yang ingin menjadi mystery shopper. Untungnya, pekerjaan ini masih sedikit diketahui oleh orang-orang di Indonesia. Tetapi kamu juga harus memiliki cara tersendiri untuk tetap unggul dari yang lain.

Tips Memulai Kerja

1. Mencari Info di Banyak Website

Layaknya menjadi pekerja online, kamu harus gencar mencarinya di internet. Ada banyak situs yang mencari seorang mystery shopper. Berikut beberapa contoh perusahaan tersebut:

  • www.emysteryshoppers.com
  • www.intelli-shop.com
  • www.mysteryguestinc.com
  • www.myster-shopper.com
  • www.qualityshopper.org
  • www.shoppersjob.com
  • www.ardentservices.com
  • www.checkmarkinc.com

2. Menaruh CV di LinkedIn

Baca juga  Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

Kenapa menaruh CV di LinkedIn? Karena semua perusahaan dan para profesional mencari pekerja melalui LinkedIn. Selain itu, LinkedIn adalah media sosial yang dikhususkan untuk para profesional. Kamu bisa mencontoh profil dan CV dari profil Alejandra Gonzales Santillan (http://bit.ly/1ph7Kyy)

3. Jangan Berniat Jahat

Salah satu problematika antara perusahaan dan pekerja mystery shopper adalah menemukan banyak penipuan. Di luar negeri sana banyak sekali mystery shopper yang menggunakan cara tidak baik untuk mendapatkan uang. Mereka bisa mengancam, menipu, mengaku sudah melakukan pekerjaan dengan baik dan lain-lain. Salah satu bacaan yang bisa kamu baca tentang penipuan mystery shopper ada di sini http://1.usa.gov/1TKJnFY.

4. Membuat Tim Mystery shopper

Mystery shopper bisa dikerjakan secara tim. Kamu bisa membagi job desc dengan tim kamu. Ada yang mengerjakan penilaian terhadap sistem online shop, pelayanan customer service, melihat design website atau mencoba bertransaksi dengan penjual. Setelah mereka mencoba, kamu bisa membuatnya menjadi satu review dan diserahkan kepada perusahaan yang menggunakan jasa kamu.

Bagaimana Pendapatan Mystery shopper?

Jika kamu bekerja, kamu pasti ingin tahu penghasilan yang bisa kamu dapatkan, bukan? Di situs www.jobmonkey.com mereka menjelaskan berapa banyak yang bisa didapatkan dari pekerjaan ini. Bayaran jika kamu telah menjadi seorang profesional adalah sekitar $40.000-$70.000. Jika kamu adalah pemula, kemungkinan besar kamu akan dibayar per jam. Kamu akan dibayar sekitar $8 – $25 per jam. Sebagai pemula, kamu tentunya tidak akan mendapatkan jam kerja yang banyak. Kemungkinan besar adalah 5 jam. Di perusahaan lain, mystery shopper juga dibayar dengan sistem per pekerjaan. Kamu akan di bayar $10 – $75 per pekerjaan.

7 Fakta Tentang Mystery shopper

  1. Kamu tidak bekerja jika kamu tidak mengeluarkan uang. Di awal-awal kamu harus mengeluarkan uang, minimal untuk membeli sebuah produk.
  2. Mystery shopper harus bisa menilai dengan detail.
  3. Penghasilan kamu tergantung bagaimana usaha kamu.
  4. Selalu ada pengeluaran tambahan
  5. Mystery shopper bukan pekerjaan yang mewajibkan berbelanja.
  6. Seorang mystery shopper biasanya tidak akan pernah menanyakan gaji.
  7. Mystery shopper bertanggung jawab atas pajak yang mereka dapat.
Baca juga  Tips Sukses Spesialis Email Marketing dalam Bisnis Online

Source: 60+ Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan