Senin, September 21, 2020
Beranda Marketing Blogging Cara Menghasilkan Uang Dengan Google AdSense

Cara Menghasilkan Uang Dengan Google AdSense

- Advertisement -

Google AdSense merupakan program periklanan yang memungkinkan Anda mendapatkan bayaran ketika pengunjung mengklik iklan di situs web, blog, atau video YouTube Anda. Iklan yang dihasilkan berasal dari program Google AdWords yang menggunakan kode AdSense khusus ke dalam blog atau situs web Anda.

Untuk situs web atau blog baru, Google AdSense dapat menjadi salah satu cara tercepat untuk menghasilkan pendapatan, itulah alasan mengapa sangat program Google AdSense sangat populer.

Program Google AdSense memiliki beberapa keunggulan:

  • Pendaftaran Google AdSense gratis.
  • Persyaratannya mudah, Anda dapat memonetisasi situs web atau blog Anda meskipun masih baru.
  • Ada berbagai pilihan iklan sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan tampilan dan tema situs Anda.
  • Google akan membayar saat memenuhi ambang $ 100 per bulan.
  • Satu akun AdSense dapat menjalankan iklan di beberapa situs web.
  • Ada opsi untuk menjalankan iklan di perangkat mobile dan RSS feeds.
  • Anda dapat dengan mudah menambahkannya ke akun Blogger dan channel YouTube Anda. Untuk menjalankan AdSense di YouTube setidaknya Anda harus memiliki 1.000 subscribers dan ditonton 4.000 jam.
- Advertisement -

Beberapa kelemahan Google AdSense:

  • Google dapat menghentikan akun Anda tiba-tiba, jika melanggar aturan dari TOS Google Adsense.
  • Anda memerlukan traffic yang tinggi untuk menghasilkan uang.
  • Anda menghasilkan uang ketika orang mengklik iklan AdSense. Tetapi pengunjung juga meninggalkan situs Anda, yang berarti Anda kehilangan kesempatan untuk menghasilkan uang melalui produk afiliasi/produk sendiri dengan bayaran lebih tinggi.

AdSense adalah cara monetisasi web/blog yang bagus, tetapi bukan program menghasilkan uang atau menjadi kaya dengan cepat. Google memiliki aturan yang sering dilewatkan oleh sebagian blogger saat membaca ketentuan layanan. Akibatnya, banyak pemilik blog menemukan bahwa mereka telah melanggar kebijakan Google dan kehilangan akun mereka selamanya.

Jenis Iklan AdSense

Google menawarkan berbagai jenis iklan yang dapat dijalankan di situs web Anda:

  • Text: Iklan teks yang menggunakan kata-kata, baik sebagai Unit Iklan (satu penawaran) atau Unit Tautan (daftar penawaran), dan tersedia dalam berbagai ukuran. Anda dapat menyesuaikan warna kotak, teks, dan tautan.
  • Image: Iklan gambar berupa iklan grafis dalam berbagai ukuran. Anda dapat memilih opsi iklan yang mencampur iklan teks dan iklan gambar.
  • Rich Media: Ini adalah jenis iklan interaktif yang dapat menyertakan HTML, video, dan flash.
  • Video
  • Animated Image
  • AdSense for Search:  Memungkinkan Anda untuk menampilkan kotak pencarian Google di situs web atau blog Anda. Ketika pengguna memasukkan istilah dan melakukan pencarian, halaman hasil pencarian terbuka dengan iklan AdSense. Anda dapat menyesuaikan skema warna halaman hasil pencarian untuk disesuaikan dengan situs web Anda.

Pembayaran Google AdSense

Google akan membayar setiap bulan saat penghasilan Anda mencapai atau melebihi $ 100. Jika Anda tidak mencapai ambang batas $ 100 dalam satu bulan, penghasilan Anda ditambahkan ke bulan berikutnya. Setiap kali Anda mencapai ambang $ 100, Google akan mengeluarkan pembayaran pada periode pembayaran berikutnya. Melalui akun AdSense, Anda dapat melihat penghasilan Anda saat ini, jenis iklan mana yang menghasilkan klik lebih banyak, dan data lain yang bisa Anda optimalkan.

Cara Menghasilkan Uang Dengan Google AdSense

Untuk menghasilkan banyak uang dengan AdSense perlu rencana yang matang. Berikut beberapa cara untuk memaksimalkan pendapatan AdSense Anda:

  • Baca dan patuhi aturan Google: Anda harus mematuhi  kebijakan webmaster Google, serta  kebijakan program AdSense .
  • Jangan mengklik iklan Anda sendiri atau meminta orang lain untuk mengkliknya: Memberikan insentif klik, membeli ruang Pay Per Click  (PPC), atau menggunakan program yang dirancang untuk mengarahkan traffic ke halaman AdSense adalah cara-cara ilegal yang dilarang. Ingat, Google tidak memaafkan saat aturan tersebut dilanggar, jadi pastikan Anda untuk mematuhinya.
  • Memiliki konten yang berkualitas untuk target market : Pada akhirnya, uang yang dihasilkan, baik melalui AdSense atau metode monetisasi lainnya, sesuai dengan konten berkualitas sehingga traffic ke blog atau situs web Anda semakin tinggi.
  • Membangun traffic/lalu lintas yang organik: lakukan optimisasi pada mesin pencari dan pemasaran artikel yang efektif untuk mendapatkan lalu lintas organik ke situs Anda.
  • Pastikan situs web / blog Anda ramah untuk seluler (responsif): Saat ini jumlah orang yang menggunakan perangkat seluler sangat tinggi. Pastikan Anda menggunakan iklan responsif sehingga Google dapat mengirim ukuran iklan yang sesuai perangkat seluler.
  • Tes jenis iklan dan penempatannya untuk menemukan opsi menghasilkan pendapatan terbanyak:  Mulai dengan ukuran standar (300 × 250, 728 × 90, dan 160 × 600), lalu tes untuk melihat apakah satu ukuran lebih banyak klik dibanding ukuran lain.
  • Maksimalkan penempatan iklan: Anda diizinkan menempatkan tiga iklan standar per halaman. Gunakan semuanya untuk maksimalkan keuntungan.
  • Iklan di atas flip: seperti bagian dari halaman website Anda yang dapat dilihat tanpa melakukan scroll.
  • Iklan leader board di header / logo Anda: Menempatkan iklan di halaman paling atas, bisa diletakkan dekat logo web agar mudah terlihat.
  • Sertakan iklan dalam konten: Yaitu menempatkan iklan di dalam artikel, diantaranya di bawah judul, setelah paragraph ke-3, di tengah artikel, dan di akhir artikel. Sehingga iklan akan sering terlihat saat pengunjung membaca postingann website Anda.
  • Pantau hasilnya: Google dapat memberikan feedback, Anda dapat melakukan analisis data untuk memaksimalkan pendapatan Anda.
  • Baca email dari Google: Sangat penting untuk membaca email Google apalagi terkait peringatan tentang pelanggaran TOS Google yang bisa menyebabkan penghentian program.

Tips AdSense Tingkat Lanjut

Setelah iklan aktif di situs web Anda, Anda tentu menginginkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari program AdSense. Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk dipertimbangkan ketika Anda siap untuk meningkatkan penghasilan AdSense:

  • Lakukan eksperimen: Anda dapat tes A / B iklan Anda melalui AdSense.
  • Eksperimen dengan tautan dan warna kotak: Jika warna iklan cocok dengan tema Anda, pertimbangkan untuk mengubah warna iklan untuk mengetes apa ada pengaruhnya.
  • Aktifkan penargetan penempatan:  Memungkinkan pengiklan untuk memilih tempat iklan mereka muncul.
  • Menyiapkan custom channels: Memberi Anda informasi untuk melacak kinerja grup unit iklan tertentu.

Berurusan dengan Iklan Pesaing

Jika Anda menawarkan produk atau layanan di situs web Anda, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa iklan yang Google berikan berasal dari pesaing Anda. Untuk mencegah penawaran ini muncul di situs Anda, Google AdSense memungkinkan Anda untuk memblokir hingga 200 URL agar tidak muncul di situs Anda. Tantangan memblokir URL ini yaitu

  1. Anda tidak tahu iklan apa yang akan muncul di situs Anda sampai Anda melihatnya.
  2. Karena Anda tidak dapat mengklik tautan Anda sendiri (untuk mendapatkan URL), Anda perlu berhati-hati dalam memblokir URL. Cara terbaik untuk mendapatkan tautan sehingga Anda dapat memblokirnya di AdSense adalah dengan mengklik kanan tautan tersebut, pilih Copy Link Address, dan paste ke dalam dokumen atau editor teks (yaitu, Notepad). URL Google panjang, tetapi di dalamnya adalah URL yang menuju halaman iklan. Salin URL tersebut dan paste ke akun iklan AdSense yang diblokir.
- Advertisement -

Ada banyak program jaringan iklan yang mirip dengan AdSense, seperti Media.net dan InfoLinks. Beberapa memerlukan ambang minimum traffic web, jadi Anda harus menunggu sampai situs web Anda mendapatkan traffic besar yang stabil baru bisa mendaftarkan.

Sebagian besar memiliki aturan yang mirip dengan Google, seperti batas jumlah iklan per halaman (biasanya tiga), dan penghentian jika mengklik iklan sendiri. Dalam banyak kasus, Anda dapat menjalankan beberapa jaringan iklan di situs Anda tanpa melanggar persyaratan layanan, tetapi Anda harus membaca aturan masing-masing pengiklan. Anda juga harus memperhatikan situs Anda agar tidak terlalu banyak iklan sehingga pembaca kesulitan menemukan kontennya.

Opsi Monetisasi Selain Google Adsense

Jaringan iklan, terutama AdSense, adalah pilihan yang bagus karena Anda dapat bergabung sebagai blogger baru atau pemilik situs web, dan mudah digunakan. Tapi AdSense bukan satu-satunya cara menghasilkan uang dari situs web. Bahkan, ketika traffic situs Anda tumbuh, opsi monetisasi lainnya mungkin bisa lebih baik. Berikut beberapa ide menghasilkan uang yang bisa ditampilkan bersamaan dengan jaringan iklan.

  • Affiliate Marketing: Seperti jaringan iklan, bergabung dengan program afiliasi biasanya gratis dan mudah ditambahkan ke situs web Anda.
  • Jual Produk atau Layanan Anda Sendiri : Bisa dilakukan dengan menciptakan produk atau layanan Anda sendiri. Hal ini terutama berlaku dengan informasi produk atau kursus online yang murah untuk dijual. Pilihan lain termasuk penjualan ebooks dan layanan freelance.
  • Coaching atau Consulting: Jika Anda ahli dalam bidang tertentu, Anda dapat menawarkan bantuan mendalam melalui pelatihan atau konsultasi .
  • Sponsor: Ketika web Anda memiliki jumlah traffic dan pengaruh yang baik terhadap audiens Anda, perusahaan lain akan membayar untuk mensponsori situs web Anda . Mereka dapat mensponsori seluruh situs Anda atau satu halaman postingan.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari situs web atau blog. Tetapi banyak yang mengharuskan untuk memiliki traffic yang signifikan sebelum memonetisasi situs web Anda. Di sinilah mengapa AdSense merupakan opsi pertama untuk monetisasi yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

POPULER MINGGU INI

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU