Jumat, Agustus 14, 2020
Beranda Tekno Windows Cara Menghapus Cache Komputer di Windows 10

Cara Menghapus Cache Komputer di Windows 10

- Advertisement -

Seperti membersihkan cache di browser, membersihkan cache di Windows adalah awal yang baik untuk mengatasi permasalahan sistem, meningkatkan kinerja sistem, dan membebaskan ruang disk. Berikut ini cara menghapus cache di Windows 10.

Bersihkan Cache Temporary Files dengan Disk Cleanup

Untuk menghapus cache file sementara, masukkan “Disk Cleanup” “di bilah pencarian Windows yang ditemukan di sudut kiri bawah desktop.

- Advertisement -

Pilih aplikasi “Disk Cleanup“, yang muncul dihasil pencarian Windows.

Setelah dipilih, Disk Cleanup akan mulai menghitung berapa banyak ruang yang dapat Anda kosongkan pada drive sistem operasi (C :).

Disk Cleanup untuk OS (C 🙂 sekarang akan muncul. Scroll ke bawah dan centang kotak di samping “Temporary Files.” Anda juga dapat memilih untuk menghapus file dari lokasi lain, seperti “Recycle Bin” atau “Downloads.”

Setelah Anda memilih apa yang ingin Anda hapus, klik “Clean Up System Files.”

- Advertisement -

Setelah Windows menghitung jumlah ruang penyimpanan yang akan dikosongkan, Anda akan menuju ke halaman yang sama lagi. Kali ini, pilih file dan lokasi untuk kedua kalinya yang ingin Anda hapus dan kemudian klik “OK.”

Sebuah peringatan akan muncul, meminta Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda yakin ingin menghapus file secara permanen. Pilih “Delete Files

Disk Cleanup sekarang akan membersihkan file yang tidak perlu pada mesin Anda. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit.

Hapus Cache DNS

Jika Anda ingin menghapus cache DNS Windows 10 PC Anda, buka Command Prompt sebagai admin. Langkahnya, ketik “Command Prompt” di bilah pencarian Windows yang ditemukan di sudut kiri bawah desktop.

Aplikasi “Command Prompt” akan muncul di hasil pencarian. Klik kanan dan pilih “Run As Administrator” dari menu.

Selanjutnya, jalankan perintah berikut:

ipconfig / flushDNS

Anda akan menerima pesan yang memberi tahu Anda bahwa Anda telah berhasil mev-cache DNS Resolver Cache.

Setelah jendela ditutup, cache dihapus, dan Windows Store akan ditampilkan. Anda dapat menutup aplikasi Windows Store jika mau.

Bersihkan Cache Lokasi

Untuk menghapus cache lokasi, klik ikon “Windows” di sudut kiri bawah desktop Anda, pilih ikon “Gear” untuk membuka pengaturan Windows.

Jendela “Settings” akan muncul. Scroll ke bawah dan pilih opsi “Privacy“.

Anda sekarang akan berada di grup pengaturan “Privacy“. Di panel sebelah kiri, pilih “Location,” di bagian “App Permissions“.

Di jendela berikutnya, scroll ke bawah hingga Anda menemukan grup “Location History“. Pilih “Clear” di bawah judul “Clear Location History On This Device“.

Sourcehowtogeek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU