5 Cara Menghapus Background di Photoshop

Artikel berikut akan membahas lima cara menghapus background di Photoshop dari foto Anda dan kapan menggunakan setiap teknik untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cara Menghapus Background di Photoshop

1. Photoshop Quick Action

Metode tercepat yang dibahas di sini menggunakan Photoshop Quick Action untuk menghapus background foto di Photoshop. Photoshop 2021 (dengan langganan Creative Cloud) menyediakan cara yang sangat cepat untuk menghapus background.

Menggunakan Photoshop Quick Action akan membantu sebagian besar pekerjaan Anda, dan hasilnya mungkin sessuai dengan harapan Anda, tergantung pada kualitas gambar Anda. Anda dapat menggunakan salah satu metode yang dijelaskan di sini untuk menyempurnakan hasilnya.

Langkah-langkah:

  1. Buka gambar Anda di Photoshop, klik kanan layer Background Anda dan klik Duplicate Layer. Pada kotak dialog yang muncul, beri nama layer Anda (apa pun yang Anda suka), dan klik OK. Klik ikon mata di sebelah kiri layer asli untuk menonaktifkan layer tersebut.
  2. Pastikan panel Properties Anda terbuka dengan membuka Window > Properties. (Jika sudah dicentang, tidak perlu mengkliknya; jika tidak dicentang, klik untuk membukanya di sisi kanan secara default.)
  3. Pada panel Layers, klik new layer. Di panel Properties (secara default ini harus di atas panel Layers Anda), klik tombol Remove Background di bawah Quick Action.

Cara Menghapus Background di Photoshop

4. Quick action telah menghilangkan background, meninggalkan lapisan Anda dengan mask di sekitar subjek.

2. Cara Menghapus Background di Photoshop

Anda dapat membuat perbaikan dengan masuk ke dalam Mask dan menyesuaikan kebutuhan (seperti di sekitar kaki anjing di kiri bawah gambar). Meskipun berada di luar cakupan artikel ini, jika Anda memerlukan bantuan untuk bekerja dengan masks, lihat tutorial Adobe ini.

2. Background Eraser Tool

Background Eraser tool sangat bagus jika Anda membutuhkan lebih banyak kontrol untuk menghapus background. Bergantung foto Anda, menggunakan Background Eraser tool bisa sangat efektif dan menghemat waktu dan/atau membuat Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Langkah-langkah:

  1. Buka gambar Anda di Photoshop, klik kanan layer Background Anda dan klik Duplicate Layer. Pada kotak dialog yang muncul, beri nama layer Anda (apa pun yang Anda suka), dan klik OK. Klik ikon mata di sebelah kiri layer asli untuk menonaktifkan layer tersebut.
  2. Pilih Background Eraser tool dari toolbox di sisi kiri. Tools ini mungkin tersembunyi di bawah Eraser tool. Klik dan tahan alat Eraser untuk menampilkan lebih banyak opsi dan pilih Background Eraser tool.
  3. Pada bilah opsi tool di bagian atas layar, klik ikon kuas untuk membuka panel brush.
  • Ubah kekerasannya sehingga mendekati atau 100%.
  • Ukurannya bisa berapapun yang sesuai untuk gambar yang Anda kerjakan. Dalam hal ini, saya mulai dengan 50px.
  • Anda dapat menyesuaikannya dengan menggunakan tanda kurung siku ([ dan ]) untuk mengurangi dan meningkatkan ukuran kuas.

3. Cara Menghapus Background di Photoshop

4. Masih di tool options bar di bagian atas, setel Sampling menjadi Continuous. Ini yang pertama dari tiga ikon setelah opsi ukuran kuas. Selanjutnya, atur Limits untuk Find Edges dan Tolerance menjadi suatu tempat dalam kisaran 20-25%.

  • Perhatikan bahwa semakin rendah toleransi, semakin sedikit variasi warna yang akan diambil. Sebaliknya, semakin tinggi toleransi, semakin banyak warna yang akan dipilih.

4. Cara Menghapus Background di Photoshop

5. Mulailah menghapus background di sekitar subjek Anda menggunakan Background Eraser tool dengan mengklik dan menahan sambil menggerakkan brush. Tujuannya untuk menjaga bidik di dalam alat agar tidak menyentuh subjek Anda. Perbesar gambar jika Anda ingin melihat lebih detail.

  • Disarankan Anda melakukan sapuan pendek dengan brush (ingat untuk melepaskan mouse dari waktu ke waktu) sehingga Anda selalu dapat membatalkan jika brush terlalu jauh.
  • Di area yang lebih sulit, Anda mungkin merasa perlu menyesuaikan ukuran brush. Anda dapat melakukan ini dengan mengunjungi kembali bilah opsi alat di bagian atas, atau menggunakan [dan] untuk menyesuaikan ke bawah dan ke atas ukuran brush.
  • Jika mengubah ukuran brush tidak berhasil dan itu menghapus subjek Anda, batalkan tindakan Anda, lalu masuk ke options bar di bagian atas dan sesuaikan Sampling ke Once, Limits ke Discontiguous, dan Tolerance menjadi sekitar 10%.

5. Cara Menghapus Background di Photoshop

Proses ini bisa cepat atau membosankan tergantung pada gambar Anda, tetapi memberikan hasil yang baik, karena Anda yang mengontrol subjek. Jika ini tidak sesuai, metode lain yang disebutkan di sini dapat membantu Anda mendekati hasil yang Anda inginkan. Untuk info lebih rinci tentang cara menghapus background foto, lihat tutorial Adobe ini.

3. Pen Tool

Pen tool adalah salah satu cara yang sering digunakan di Photoshop untuk menghapus gambar background, dan memberi Anda kendali paling penuh atas hasilnya. Karena Anda mempunhyai kendali penuh bisa memakan waktu paling banyak dan membutuhkan kesabaran.

Langkah-langkah:

  1. Dengan gambar Anda terbuka di Photoshop, klik kanan layer Background Anda dan klik Duplicate Layer. Pada kotak dialog yang muncul, beri nama layer Anda (apa pun yang Anda suka), dan klik OK. Klik ikon mata di sebelah kiri layer asli untuk mematikan layer.
  2. Pilih Pen tool dari toolbox di sisi kiri (di atas Text tool). Perbesar area gambar Anda. Mulailah di tepi subjek Anda (atau titik awal yang sesuai) dan klik untuk memulai jangkar pertama. Kemudian mulailah mengerjakan subjek Anda dengan menambahkan jangkar tambahan untuk mulai menguraikan subjek Anda.
  • Jika Anda perlu membuat garis lengkung, klik-tahan-seret untuk menghasilkan garis lengkung, gerakkan mouse untuk menyesuaikan kurva sesuai kebutuhan.
  • Untuk menyesuaikan titik jangkar atau garis arah untuk fine tuning, gunakan Direct Selection tool (tersembunyi di bawah Path Selection tool) di toolbox.
  • Untuk membatalkan jangkar, buka File > Undo atau gunakan pintasan keyboard Anda (Command Z untuk macOS, ControlZ untuk Windows).

Info lebih lanjut tentang Pen tool dan bekerja dengan jalur di Photoshop, baca tutorial Adobe ini.

6. Cara Menghapus Background di Photoshop

Pastikan Anda menyelesaikan path setelah selesai dengan poin pertama. Setelah menyelesaikan path dan sesuai dengan hasilnya, Anda pasti ingin menyimpan path tersebut. Buka Window > Paths untuk membuka panel Paths (itu akan muncul di sisi kanan secara default). Klik menu tiga bar di sebelah kanan dan klik New Path, dan beri nama path Anda. Sekarang path Anda disimpan di panel Paths.

7. Cara Menghapus Background di Photoshop

2. Selanjutnya, klik kanan path baru Anda di panel Paths dan pilih Make Selection, lalu klik OK di kotak dialog (biarkan semua default untuk saat ini). Ini akan memberi Anda garis titik-titik sesuai jalur Anda sebelumnya.

8. Cara Menghapus Background di Photoshop

3. Karena kami tidak ingin menghapus apa yang ada di dalam seleksi, kami ingin mengubah seleksi menjadi bagian subjek. Buka Select > Inverse. Anda akan melihat baris titik-titik berada di sekitar seluruh gambar dan subjek, pada dasarnya ini adalah proses memilih background.

4. Untuk menghapus background, tekan Delete. Anda akan melihat background kotak-kotak putih / abu-abu, bukan background Anda sebelumnya.

9. Cara Menghapus Background di Photoshop

Anda mungkin menemukan hasilnya tidak membuat Anda 100% puas. Menggunakan kombinasi Pen Tool dan metode lain di sini akan membantu Anda mendekati hasil yang Anda inginkan. (Misalnya, saya akan menggunakan metode berbeda untuk membantu memperhalus area bulu mata wanita di foto ini.)

Untuk info lebih detail tentang Pen tool, lihat tutorial Adobe ini.

4. Magnetic Lasso Tool

Paling baik digunakan jika subjek sebagian besar sangat kontras dari background dan dengan tepi yang rumit, di mana Anda ingin menghemat waktu dan meminta Photoshop mendeteksi jalurnya.

Magnetic Lasso Tool merupakan tool yang bagus untuk membantu Anda menghapus background dan menyempurnakan detailnya.

Langkah-langkah:

  1. Buka gambar Anda di Photoshop, klik kanan layer Background Anda dan klik Duplicate Layer. Pada kotak dialog yang muncul, beri nama layer Anda (apa pun yang Anda suka), dan klik OK. Klik ikon mata di sebelah kiri layer asli untuk menonaktifkan layer tersebut.
  2. Pilih Magic Lasso tool dari kotak alat di sebelah kiri. Mulailah menggambar di sepanjang tepi subjek dengan alat tersebut. Anda akan melihatnya mulai menggambar jalur saat Anda menggerakkan kursor. Kesabaran adalah kuncinya, karena Anda pasti ingin hati-hati dengan gerakan Anda.

10. Cara Menghapus Background di Photoshop

3. Setelah Anda memulai alat ini, Anda harus membahas subjek Anda sepenuhnya dan terhubung ke titik awal. Setelah Anda kembali ke awal, klik titik awal. Seleksi kemudian akan berubah menjadi titik-titik berbaris di sekitar pilihan Anda.

11. Cara Menghapus Background di Photoshop

4. Simpan pilihan Anda dengan membuka Selection > Save Selection dan beri nama.

5. Untuk menghapus background, buka Select > Inverse untuk membalikkan titik-titik berbaris (titik-titik harus berjalan di sekitar tepi gambar dan subjek Anda). Klik Delete. Anda sekarang akan melihat background kotak-kotak putih/abu-abu, bukan background Anda sebelumnya.

Jika Anda merasa perlu melakukan penyesuaian pada pilihan, Anda dapat mundur beberapa langkah dan mengulanginya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, atau menggunakan kombinasi teknik lain yang tercantum dalam artikel ini untuk mendekati hasil yang Anda inginkan. Info lebih lanjut tentang cara kerja Magnetic Lasso tool, lihat tutorial Adobe ini.

5. Quick Selection Tool

Quick Selection tool adalah metode favorit di sini, karena ini adalah cara tercepat untuk memilih subjek dan memungkinkan penyempurnaan yang lebih cepat. Metode ini juga dapat digunakan pada berbagai kemungkinan foto yang lebih luas daripada metode lain yang tercantum di sini, karena Quick Selection tool bekerja dengan mendeteksi perubahan warna untuk menentukan lokasi pemilihan.

Langkah-langkah:

  1. Buka gambar Anda di Photoshop, klik kanan layer Background Anda dan klik Duplicate Layer. Pada kotak dialog yang muncul, beri nama layer Anda (apa pun yang Anda suka), dan klik OK. Klik ikon mata di sebelah kiri layer asli untuk menonaktifkan layer tersebut.
  2. Pilih Quick Selection tool dari toolbox di sebelah kiri (mungkin tersembunyi di bawah Object Selection tool).
  3. Dengan menggunakan tool tersebut, mulailah melukis subjek Anda. Anda akan melihat titik-titik berbaris mulai bermunculan saat Anda melukis. Untuk menyesuaikan ukuran tool Anda, gunakan tombol [atau ]untuk memperkecil atau menambah ukuran.

12. Cara Menghapus Background di Photoshop

4.  Jika Anda menemukan Anda telah melukis di luar subjek, klik dan tahan tombol Option (macOS) atau Alt (Windows) dan Anda akan melihat bagian tengah alat berubah dari simbol + menjadi simbol -, yang menunjukkan seleksi. Warnai bagian seleksi yang ingin Anda hapus sambil menahan tombol OptionAlt.

13. Cara Menghapus Background di Photoshop

5. Setelah Anda memilih semuanya, simpan pilihan dengan masuk ke Select > Save Selection dan beri nama. Ini jika Anda ingin kembali dan membuat penyesuaian.

6. Untuk menghapus bakground, pergi ke Select > Inverse untuk membalikkan titik-titik berbaris (titik-titik harus berjalan di sekitar tepi gambar dan subjek Anda). Klik delete.

14. Cara Menghapus Background di Photoshop

Jika Anda melewatkan satu tempat atau membutuhkan perbaikan lebih lanjut, Anda dapat mundur beberapa langkah untuk melakukan perbaikan dan menyimpan kembali pilihan Anda kemudian mencoba lagi. Informasi lebih rinci tentang cara kerja Quick Selection tool, lihat tutorial Adobe ini.

TERKAIT: Cara Menggabungkan Layer di Photoshop

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here