Cara Mengganti Tema OBS Studio

OBS Studio adalah software yang luar biasa untuk penggunaan live streaming, karena selain gratis aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang mumpuni untuk merekam video. OBS menjadi proyek open source, selama bertahun-tahun tim dan komunitas di belakangnya mengubahnya menjadi sesuatu yang cukup spektakuler.

Ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk menyesuaikan pengalaman menggunakan OBS. Hal termudah yang dapat dilakukan untuk mengubah pengalaman Anda adalah mengubah tema. Baik dari bawaan atau tema kustom yang ingin Anda tambahkan sendiri, berikut ini hal perlu Anda ketahui tentang custom tema OBS Studio.

TERKAIT: Cara Setting OBS Studio Terbaik

Cara Mengganti Tema OBS Studio

Mengubah tema di OBS Studio merupakan salah satu hal termudah untuk dilakukan, dan mungkin menjadi hal satu yang pertama saat Anda melakukan pengaturan. Jika Anda akan melakukan streaming dengan OBS Studio, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk melihatnya sehingga agar tidak cepat bosan Anda dapat membuat interface OBS sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk mengubah ke tema baru di OBS Studio:

  1. Klik Settings di sudut kanan bawah atau di menu File.

1. Cara Mengganti Tema OBS Studio

2. Pastikan Anda telah memilih tab General

3. Pilih tema baru dari kotak dropdown Themes.

2. Cara Mengganti Tema OBS Studio

4. Klik Apply.

Seluruh user interface akan menyerupai tema yang Anda pilih, dan ada beberapa yang berbeda dari instalasi sebelumnya yang dapat Anda cek kembali.

Cara menambahkan tema khusus ke OBS Studio.

3. Cara Mengganti Tema OBS Studio

Dengan OBS Studio, Anda tidak akan dibatasi hanya perangkat lunak saja. Jika Anda memiliki pengetahuan, Anda dapat membuat theme/tema dari awal, atau Anda dapat mendownload salah satu tema yang dikerjakan orang lain.

Forum OBS adalah tempat dimana Anda dapat menemukan sejumlah desain yang dapat Anda terapkan ke OBS. Anda bisa menjalankan tema Material Dark yang dapat ditemukan di forum OBS. Menambahkan tema khusus ke OBS Studio juga merupakan proses yang cukup mudah.

Jadi, Anda hanya perlu menempatkan file tema ke direktori di PC Anda sehingga OBS Studio melihatnya. Jika Anda mendownloadnya dari web, Anda perlu mengekstrak file tersebut ke lokasi berikut ini.

OBS Studio memiliki folder tema di direktorinya. Dengan asumsi Anda sudah menginstalnya ke drive C:/ utama PC Anda, Anda dapat menemukannya di sini:

 C:/Program Files/obs-studio/data/obs-studio/themes

Tema akan terdiri dari dua bagian. Pertama, Anda akan memiliki direktori dengan aset grafis di dalamnya. Bagian kedua adalah file .qss yang membangun tema untuk OBS Studio. Jika ingin mencoba membuat tema sendiri, Anda bisa melihat salah satu opsi pra-instal. Yang Anda perlukan untuk membuka .qss adalah editor teks.

Sekarang, Anda telah memiliki interface OBS Studio yang keren agar betah menghabiskan berjam-jam di depan laptop/PC Anda.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here