Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Windows 10

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Windows 10 – Saat berbagai negara mengalami pandemi Covid-19, webcam telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Jika kamera PC tidak berfungsi, tentu sangat mengganggu meeting online dan membuat stres. Untungnya, memperbaiki kamera laptop agar bekerja maksimal tidak memerlukan banyak keahlian.

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Windows 10

Untuk mengaktifkan webcam Anda di Windows 10, tekan Win + S, ketik “Camera”, dan pilih opsi yang sesuai untuk membuka Windows Camera App.

Kamera otomatis akan mulai aktif. Aplikasi pihak ketiga memerlukan izin untuk menggunakan kamera. Jika kamera tidak berfungsi pada aplikasi pihak ketiga seperti Zoom, periksa apakah itu memiliki izin yang diperlukan.

Untuk memeriksa izin kamera, buka Settings > Privacy, dan pilih Camera dari panel sebelah kiri.

Selanjutnya, scroll ke bawah dan berikan izin kamera ke aplikasi pihak ketiga dengan mengaktifkan slider.

1. Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Windows 10

Sekarang, kembali dan lihat apakah kamera laptop sudah menyala. Jika kamera masih off, Anda perlu melakukan sedikit perbaikan.

1. Instal Semua Update Windows

Microsoft cukup sering melakukan update Windows. Update ini mencakup patches untuk aplikasi kamera. Gagal menginstall update Windows dapat menyebabkan aplikasi kamera macet.

Anda harus mengikuti semua updates Windows yang datang. Jika Anda melewatkan updates, Anda harus mendownload dan menginstalnya sesegera mungkin.

Setelah menginstal update Windows restart PC Anda dan coba lagi kamera. Jika masih tidak berhasil, Anda mungkin memiliki masalah pada hardware laptop/PC.

2. Perbaiki Hardware Kamera

Periksa apakah kamera diaktifkan. Banyak laptop dilengkapi dengan tombol untuk menonaktifkan kamera. Kami menyarankan Anda memeriksa dan memastikan apakah Anda menonaktifkan kamera secara tidak sengaja.

Jika Anda menggunakan webcam eksternal, pastikan semua kabel tersambung dengan benar. Jika webcam dilengkapi dengan aplikasi, buka dan coba atasi masalah dari aplikasi tersebut.

Windows membuat pengelolaan webcam menjadi lebih mudah. Yang harus Anda lakukan adalah selalu melakukan update pada Windows, termasuk driver yang diperlukan untuk webcam. Dan, jangan pernah lupa untuk me-restart PC setelah melakukan update.

TERKAIT: Cara Aktifkan Kamera di Google Meet

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here