Kamis, Agustus 13, 2020
Beranda Marketing Media Sosial Cara Menemukan Pekerjaan di LinkedIn

Cara Menemukan Pekerjaan di LinkedIn

- Advertisement -

LinkedIn masih tetap menjadi platform nomor satu bagi pencari kerja dan menurut Jobvite Recruiter Nation Study , 77 persen perekrut (recruiter) menggunakan LinkedIn untuk menemukan kandidat yang sesuai kebutuhan mereka.

Mengetahui apa yang dicari oleh recruiter dan bagaimana mendekati seorang recruiter dapat meningkatkan peluang Anda. Bahkan selama masa-masa sulit seperti PHK besar-besaran yang disebabkan oleh pandemi COVID19, masih banyak pekerjaan yang tersedia. Ketika satu industri mati, industri service meningkatkan layanan seperti pengiriman ke rumah konsumen dengan harga yang murah.

Manfaatkan Top News Feed di LinkedIn

Dengan banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan, akan ada jumlah orang yang sama dalam mencari pekerjaan, sehingga mengetahui informasi terbaru tentang peluang pekerjaan di LinkedIn akan menjadi penting. Pastikan untuk memeriksa informasi berita terkini secara real time.

- Advertisement -

Pada halaman HOME, lihat berita terkini di sudut kanan atas. Pada contoh di bawah ini Anda melihat waktu yang tepat di bawah headline.

Manfaatkan Top News Feed di LinkedIn

Filter Pencarian LinkedIn menjadi 24 Jam Terakhir

Mendapatkan lompatan pada sebuah kompetisi dalam mencari pekerjaan merupakan keuntungan Anda terutama saat masa-masa sulit seperti ini, karena pengusaha mencari kandidat yang dapat meningkatkan produktivitas dengan cepat.

Dalam kotak pencarian halaman HOME, ketik Jobs dan kemudian di bawah menu drop down di bawah Date Posted, klik tombol radio untuk ’24 jam terakhir’ yang memfilter postingan terbaru.

Pencarian LinkedIn menjadi 24 Jam Terakhir

Buat Pemberitahuan Pekerjaan

Setelah mempersempit pencarian Anda dengan berbagai filter pencarian, klik tombol radio untuk ‘Aktifkan Pemberitahuan Pekerjaan’. LinkedIn akan mengirimkan kepada Anda melalui email semua informasi baru ke hasil pencarian.

Untuk membuat pengalaman mencari pekerjaan Anda konsisten di desktop dan seluler, sinkronkan LinkedIn.com dengan aplikasi LinkedIn di smartphone Anda.

Kelola pekerjaan yang disimpan di LinkedIn

- Advertisement -

Saat mencari pekerjaan di LinkedIn , Anda dapat menyimpannya kapan saja dengan mengeklik tombol Simpan di halaman detail pekerjaan.

Mengakses dan menghapus pekerjaan yang telah Anda simpan di situs desktop LinkedIn:

  1. Saat masuk ke LinkedIn, Klik Pekerjaan di bagian atas beranda Anda.
  2. Klik Cari pekerjaan saya di atas bilah pencarian di bagian atas halaman.
  3. Pekerjaan apa pun yang Anda simpan tercantum di bawah Pekerjaan tersimpan. Klik pada sebuah pekerjaan untuk melihat detail pekerjaan dan mulai proses aplikasi .
  4. Untuk membatalkan pekerjaan yang disimpan, klik ikon Batalkan penyimpanan di bawah judul pekerjaan. Leverage Koneksi Jaringan Anda

Leverage Koneksi Jaringan Anda

Seringkali kita tidak membangun jaringan (network) sampai kita benar-benar membutuhkannya, padahal suatu saat pasti akan Anda butuhkan. Dengan membangun dan memelihara jaringan, ketika Anda perlu menjangkau hubungan saling percaya, Anda akan memiliki jaringan yang kuat.

Saat mencari, pilih dari drop down di bawah ‘Fitur LinkedIn’ kotak di sebelah: Di Jaringan Anda. Dengan cara ini Anda akan melihat orang-orang di jaringan Anda yang mungkin memiliki akses ke atau koneksi ke perusahaan dengan lowongan pekerjaan. Jaringan Anda adalah kekayaan Anda jadi pastikan selalu membangun dan memelihara koneksi Anda.

Leverage Koneksi Jaringan Anda

Perbarui Profil LinkedIn Anda

Ketika mencari pekerjaan, profil Anda sangat penting untuk membuat recruiter tertarik kepada Anda. Berikut beberapa tips yang perlu Anda lakukan ketika mengisi atau memperbaharui profil LinkedIn Anda.

  • Pasang foto profil Anda dengan jelas

  • Lengkapi keterangan yang menarik dan padat di bagian “About”.
  • Di dalam summary atau ringkasan, Anda bisa menceritakan tentang diri sendiri, tetapi bukan tentang skill atau pekerjaan Anda.
  • Tulis hal detail berkaitan dengan jabatan Anda, apa yang kamu mau lakukan, dan sebagainya.
  • Pilih skill yang relevan dengan bidang pekerjaan Anda dan update daftar skill Anda secara berkala
  • Pasang foto background agar bisa menarik perhatian orang dan membuat Anda lebih mudah diingat.
  • Minta Endorsement dari member lain akan membantu memvalidasi skill yang Anda miliki dan meningkatkan kredibilitas Anda.
  • Beri tahu pencapaian-pencapaian Anda, endorsement, dan rekomendasi dari orang lain yang lebih nyata.
  • Dalam bagian summary dan pengalaman kerja, tunjukkan pencapaian atau prestasi Anda selama berkarier.
  • Kalau Anda memiliki karya, berupa multimedia ataupun artikel, Anda bisa menambahkan ke profil sebagai bukti kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU