Cara Mendapatkan Arah Navigasi Bersepeda di Apple Maps

0
1479
Cara Mendapatkan Arah Navigasi Bersepeda di Apple Maps
Photo by Antonio Grosz on Unsplash

Apple Maps sekarang dapat menunjukkan arah bersepeda di iPhone dan Apple Watch. Termasuk instruksi belokan demi belokan yang menggunakan haptic feedback dan suara yang memberi tahu Anda ke mana harus berbelok. Berikut cara menggunakan Apple Maps dan alternatif yang dapat Anda gunakan jika Apple Maps belum maksimal di wilayah Anda.

Arah Navigasi Bersepeda di Apple Maps

Ada beberapa cara berbeda untuk mendapatkan instruksi bersepeda di iPhone dan Apple Watch. Metode dasarnya adalah dengan membuka aplikasi Apple Maps, temukan di mana pun Anda ingin pergi menggunakan kotak pencarian, lalu ketuk “Directions“.

Dari sini Anda dapat memilih moda transportasi Anda dengan mengetuk ikon yang sesuai, dalam hal ini sepeda. Jika petunjuk bersepeda didukung di wilayah Anda, Anda akan melihatnya tercantum dengan perkiraan durasi perjalanan Anda, jarak total, dan visualisasi ketinggian rute.

1. Arah Navigasi Bersepeda di Apple Maps

Geser ke atas untuk menampilkan beberapa opsi lagi, termasuk apakah Anda ingin Peta menghindari perbukitan dan jalan yang macet (berpotensi meningkatkan waktu perjalanan.) Jika Anda mengetuk durasi rute, Anda akan melihat daftar petunjuk arah yang harus Anda tuju. Ikuti, dengan indikator yang memberi tahu Anda apakah rute tersebut menggunakan jalur khusus sepeda, jalur sepeda terpisah, atau jalan samping.

Saat Anda siap, tekan “Go” dan Anda akan melihat petunjuk arah Anda muncul. Anda dapat menggesek melalui berbagai langkah di bagian atas layar, atau cukup menunggu mereka memperbarui berdasarkan lokasi Anda.

Instruksi bersepeda ditambahkan ke Apple Maps sebagai bagian dari update iOS 14. Jika Anda tidak melihat opsi di aplikasi Anda, sebaiknya update perangkat Anda dan coba lagi.

Baca: 10 Aplikasi Bersepeda Terbaik di Android

Ikuti Petunjuk Arah Bersepeda di Apple Watch

Saat Anda mengetuk “Go“, petunjuk arah dikirim ke Apple Watch Anda. Cukup angkat pergelangan tangan Anda dan Anda akan melihat petunjuk arah Anda saat ini terdaftar. Jika Anda tidak melihat apa pun, buka aplikasi pendamping “Apple Maps” di Apple Watch Anda, lalu ketuk rute Anda saat muncul.

Jika petunjuk arah tidak berfungsi, buka aplikasi “Apple Watch” di iPhone Anda, temukan Peta, dan ketuk di atasnya. Pastikan bahwa “Cycling” diaktifkan di bawah “Turn Alerts,” dan matikan atau pada instruksi lain yang ingin Anda terima di Apple Watch Anda.

2. Arah Navigasi Bersepeda di Apple Maps

Tetapi Anda tidak harus menggunakan iPhone untuk mendapatkan petunjuk arah langsung di Apple Watch Anda. Siri dapat membantu Anda menemukan jalan ke mana saja, asalkan petunjuk arah bersepeda didukung di wilayah Anda. Untuk melakukan ini, cukup picu Siri dan nyatakan ke mana Anda ingin pergi.

Asisten virtual milik Apple, Siri, saat ini belum mendukung Bahasa Indonesia, namun, Siri sudah mendukung Bahasa Melayu. Dalam waktu dekat, Apple kemungkinan akan memperbanyak pustaka bahasa asisten virtual tersebut, termasuk Bahasa Indonesia

Untuk beberapa ide tentang apa yang bisa Anda tanyakan, sementara kita gunakan bahasa Inggris, contohnya:

  • “Hey Siri, get me cycling directions home.”
  • “Hey Siri, get me cycling directions to the nearest 7-11.”
  • “Hey Siri, how long will it take me to cycle to work?”

Jika Anda memilih untuk menggunakan Apple Watch untuk petunjuk arah, Anda akan mendapatkan pemberitahuan haptic dan peringatan suara untuk menunjukkan kapan Anda perlu berbelok ke kiri atau ke kanan. Nada rendah diikuti nada tinggi berarti belok kanan di persimpangan berikutnya, sedangkan nada tinggi diikuti nada rendah berarti belok kiri.

Jika Anda beralih ke tampilan Arloji sambil mendapatkan petunjuk arah, Anda dapat kembali ke sana dengan cepat dengan mengetuk ikon “Apple Maps” kecil yang muncul di bagian tengah atas tampilan.

Google Maps sebagai Alternatif Apple Maps untuk Pengendara Sepeda

Bagi banyak orang, Apple Maps belum menawarkan petunjuk arah bersepeda. Sambil menunggu Apple mengejar ketinggalan, Google Maps sudah memiliki indeks rute bersepeda yang mengesankan. Ini dapat menjadikan Google Maps sebagai teman bersepeda yang lebih baik bagi banyak orang.

Google Maps bekerja hampir sama dengan Apple Maps. Luncurkan aplikasi, temukan tujuan Anda, ketuk ikon bersepeda, dan tekan “Start” untuk pergi. Anda kemudian dapat membuka aplikasi pendamping “Google Maps” di Apple Watch Anda untuk mendapatkan petunjuk arah belokan demi belokan.

3. Arah Navigasi Bersepeda di Apple Maps

Di iPhone, Google Maps juga mempermudah perencanaan rute Anda. Ketuk ikon lapisan di pojok kanan atas layar dan aktifkan “Cycling” di bawah “Map Details” untuk melihat semua jalur sepeda, jalur terpisah, dan jalur sepeda yang disorot dengan warna hijau tua.

Anda dapat menggunakan ikhtisar ini untuk merencanakan rute Anda, menambahkan beberapa perhentian menggunakan perencana rute jika Anda mau. Baik aplikasi Google Maps dan Apple Maps berusaha menemukan rute yang ramah, tetapi Anda tetap harus menggunakan pengetahuan Anda tentang area lokal untuk memilih rute yang aman dan sesuai dengan kemampuan bersepeda Anda.