Cara Menambahkan Printer ke Mac Melalui WPS, USB, Alamat IP

In

Cara Menambahkan Printer ke Mac – Anda dapat menghubungkan printer ke Mac atau MacBook secara nirkabel melalui Wi-Fi Protected Set-up (WPS) atau koneksi Bluetooth dan juga melalui USB. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara menambahkan printer ke Mac.

Cara Menambahkan Printer ke Mac melalui WPS

Menghubungkan printer ke komputer Mac melalui WPS (Wi-Fi Protected Set-up) biasanya mengharuskan Anda menekan tombol “Wireless” atau ‘Wi-Fi “pada printer Anda, diikuti oleh tombol WPS pada router Anda.

Namun, langkah-langkahnya akan bervariasi tergantung pada printer dan router mana yang Anda miliki, jadi periksa panduan pengguna printer dan router Anda untuk petunjuk khusus. Setelah Anda mengatur WPS, Anda dapat melanjutkan ke langkah-langkah di bawah ini.

- Advertisement -

1. Klik ikon Apple di pojok kiri atas layar Anda .

2. Buka System Preferences.

1. Cara Menambahkan Printer ke Mac melalui WPS

3. Klik pada Printers and Scanners. Pada model Mac yang lebih lama, ini akan muncul sebagai Print & Scan di bawah Hardware.

- Advertisement -

2. Cara Menambahkan Printer ke Mac melalui WPS

4. Klik tanda + di bawah daftar printer . Untuk model Mac yang lebih lama, Anda mungkin harus mengklik Add Printer or Scanner setelah Anda mengklik tanda +. Anda mungkin juga melihat printer yang terdeteksi oleh Mac Anda pada Nearby Printers di submenu Add Printer or Scanner.

3. Cara Menambahkan Printer ke Mac melalui WPS

Jika Anda tidak dapat mengklik tanda +, Anda mungkin harus mengklik ikon Lock di bagian bawah jendela. Ketik kata sandi Anda untuk membuat perubahan dalam menu Print & Scan.

5. Pilih printer yang ingin Anda tambahkan. Di tab Default, Mac Anda menampilkan daftar printer yang dapat ditemukan di jaringan.

4. Cara Menambahkan Printer ke Mac melalui WPS

6. Pilih perangkat lunak atau driver printer di kolom Use. Anda dapat memilih dari berikut ini:

    • AirPrint, teknologi pencetakan asli Apple yang memungkinkan Anda mencetak dari printer yang kompatibel dengan AirPrint melalui Wi-Fi di printer yang kompatibel dengan Airprint. Namun, jika pencetak Anda tidak kompatibel dengan AirPrint, Anda perlu menginstal driver dari server Apple atau situs web produsen.
    • Driver cetak printer Anda sendiri, jika Anda menginstalnya
    • Pilih Otomatis jika Anda tidak memiliki driver cetak tetapi Anda ingin komputer Anda mengunduh yang benar saat diperbarui

7. Terakhir, klik Add. Printer baru akan ditambahkan ke daftar printer. Anda dapat melihat ini di sisi kiri jendela Print & Scan.

5. Cara Menambahkan Printer ke Mac melalui WPS

Cara Menambahkan Printer ke Mac melalui USB

Printer yang tidak memiliki kemampuan jaringan hanya dapat ditambahkan melalui USB atau koneksi kabel. Beberapa printer, meskipun mampu untuk mencetak nirkabel, masih perlu disambungkan ke USB sebagai bagian dari proses penyiapan. Berikut cara menambahkan printer ke Mac melalui USB.

  1. Colokkan USB printer Anda ke laptop atau desktop Mac Anda.

    Mac Anda akan secara otomatis mendeteksi printer yang terhubung dengan USB dan mendownload software yang diperlukan. Jika tidak terdeteksi otomatis, lanjutkan ke langkah berikutnya.

  2. Klik ikon Apple .
  3. Buka System Preferences.
  4. Klik Printers and Scanners. Pada model Mac yang lebih lama, ini akan muncul sebagai Cetak & Pindai di bawah Perangkat Keras.
  5. Klik tanda + di bawah daftar printer .
  6. Pilih printer untuk ditambahkan. Di tab Default, Mac Anda akan mengisi daftar printer di jaringan secara otomatis. Cari nama printer dengan USB yang tercantum di bawah kolom Jenis.
  7. Klik Add. Printer akan ditambahkan ke daftar printer. Anda dapat melihat ini di sisi kiri jendela Print & Scan.

Cara Menambahkan Printer ke Mac Melalui Alamat IP

Jika Anda menambahkan printer menggunakan langkah ini, Anda perlu mengetahui alamat IP printer Anda. Inilah cara Anda menemukan alamat IP printer Anda. Setelah Anda mengetahui informasi ini, Anda hanya perlu pergi ke System Preferences kemudian menambahkan printer dari menu Printers & Scanners.

  1. Klik ikon Apple .
  2. Buka System Preferences .
  3. Klik pada Printers and Scanners .
  4. Kemudian klik tanda + di bawah daftar printer .
  5. Klik pada ikon IP. Ini akan terlihat seperti ikon bola dunia biru.
  6. Ketik alamat IP printer Anda di kolom Address. Mac Anda akan mencoba mengumpulkan informasi tentang printer.

Cara Menambahkan Printer melalui Alamat IP

7. Ubah nama printer jika Anda mau.

8. Di bidang Use, pilih driver cetak yang ingin Anda gunakan .

9. Klik Add.

- Advertisement -

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Subscribe

Dapatkan update artikel terbaik dari email Anda