Cara Menambah User dan Author Baru di WordPress

Cara Menambah User dan Author Baru di WordPress – WordPress hadir dengan sistem manajemen user (role user) bawaan yang memungkinkan Anda menambahkan user dengan peran dan tingkat izin yang berbeda.

Cara Menambah User dan Author Baru di WordPress

Ada tiga cara untuk menambahkan user baru ke situs WordPress. Anda dapat menambahkan user secara manual, membiarkan user mendaftar sendiri secara gratis, atau membuat situs membership berbayar tempat user membayar saat mendaftar.

1. Menambahkan User dan Author Baru di WordPress Secara Manual

Jika Anda ingin menambahkan sedikit orang ke situs web Anda, maka ini mudah dilakukan dengan sistem manajemen user bawaan WordPress.

- Advertisement -

Metode ini ideal untuk:

  • Bisnis kecil yang memiliki beberapa karyawan yang mengelola situs web.
  • Organisasi nirlaba yang memiliki sukarelawan yang selalu memperbarui situs web mereka.
  • Blog dengan banyak penulis, seperti blog mode yang Anda tulis dengan beberapa teman.
  • Toko online yang memiliki beberapa orang yang mengelola inventaris, pengiriman barang, dll.

Anda hanya perlu pergi ke halaman Users »Add New di area admin WordPress. Selanjutnya, isi formulir untuk membuat user baru.

1. Menambahkan User dan Author Baru di WordPress Secara Manual

Di formulir, Anda harus memasukkan nama user terlebih dahulu. User dapat menggunakan alamat email mereka untuk masuk.

- Advertisement -

Tips: Nama user baru di WordPress tidak dapat diubah, tetapi detail lainnya bisa diubah.

Selanjutnya, masukkan alamat email user. Periksa kembali apakah Anda menggunakan alamat email yang benar. User baru membutuhkan ini untuk menyetel password mereka dan menerima pemberitahuan email.

Setelah itu, Anda bisa memasukkan nama depan, nama belakang, dan URL situs web. Karena ini adalah kolom opsional, Anda juga dapat mengosongkannya. User baru dapat mengedit profil mereka sendiri untuk melengkapi bidang ini.

Pada langkah selanjutnya, Anda harus memilih password yang kuat untuk keamanan user baru.

Tips: Anda dapat menggunakan tombol ‘Generate password‘ secara otomatis membuat password yang kuat.

Di bawah bidang password, Anda akan melihat kotak centang untuk mengirim email kepada user. Jika Anda mencentang ini, user akan menerima email yang memberi tahu mereka cara masuk (login) dan memiliki tautan, sehingga mereka dapat mengatur ulang password.

Opsi terakhir di halaman ini adalah memilih peran user/user roles di WordPress dari menu dropdown.

2. Menambahkan User dan Author Baru di WordPress Secara Manual

Setiap user roles hadir dengan serangkaian tanggung jawab atau tugas yang berbeda. Subscriber adalah peran yang paling lemah, dan Administrator adalah peran yang paling kuat. Anda perlu memilih peran tergantung pada tugas apa yang akan dilakukan user di situs web Anda.

Anda harus tahu peran apa yang ingin Anda berikan kepada user baru Anda. Jika demikian, pilih peran tersebut, lalu klik tombol ‘Add New User‘ di bagian bawah layar.

3. Menambahkan User dan Author Baru di WordPress Secara Manual

Tip: Beberapa plugin membuat peran user tambahan. Misalnya, WooCommerce menambahkan peran ‘Customer’ dan ‘Shop Manager’. All in One SEO menambahkan peran ‘SEO Manager’ dan ‘SEO Editor’. Cukup periksa dokumentasi plugin untuk mencari tahu tentang user roles yang Anda lihat dalam daftar.

4. Menambahkan User dan Author Baru di WordPress Secara Manual

2. Memahami Peran User di WordPress

Secara default WordPress hadir dengan user roles sebagai berikut.

  • Administrator
  • Editor
  • Author
  • Contributor
  • Subscriber

Tips: Jika Anda memiliki instalasi multisite WordPress, ada juga peran ‘Super Admin’. Super Admin ini dapat mengelola semua situs web, sedangkan Administrator biasa hanya mengelola satu situs.

Administrator

Seorang administrator dapat melakukan semua tugas di situs WordPress. Anda hanya boleh menetapkan peran ini kepada user yang Anda percayai sepenuhnya. Anda juga harus merasa yakin dengan keterampilan teknis mereka.

Dengan user roles administrator, user dapat menginstal plugin, mengubah tema, menghapus konten, dan bahkan menghapus user lain, termasuk administrator lain.

Editor

Seorang editor dapat menambah, mengedit, menerbitkan, dan menghapus postingan WordPress mereka sendiri. Mereka juga dapat melakukan semua tindakan ini pada postingan editor lain.

Editor tidak dapat mengakses pengaturan situs web, plugin, tema, dan fitur admin lainnya. Peran editor berguna jika Anda memiliki editor khusus untuk situs Anda yang mengelola tim penulis dan menerbitkan konten secara teratur.

Author

Penulis dapat menambah, mengedit, dan mempublikasikan posting mereka sendiri. Mereka juga dapat mengunggah file.

Penulis tidak dapat mengedit atau mempublikasikan postingan orang lain atau mengakses fitur seperti plugin, tema, pengaturan, dan alat.

Contributor

Kontributor dapat menambah dan mengedit posting mereka sendiri tetapi tidak dapat mempublikasikannya.

Kontributor juga tidak dapat mengedit postingan user lain atau mengakses fitur seperti plugin, tema, pengaturan, dan alat.

Penting untuk diperhatikan bahwa kontributor tidak dapat mengupload file media, seperti gambar. Cara termudah untuk menyiasatinya adalah meminta kontributor untuk mengupload gambar postingan mereka melalui formulir upload file.

Dengan begitu, gambar dapat langsung disimpan ke media library WordPress. Cara ini memudahkan editor atau administrator menambahkan media ke dalam postingan.

Subscriber

Peran subscriber tidak memungkinkan user menambahkan atau mengedit postingan dengan cara apa pun.

Dengan pengaturan default, subscriber hanya dapat membuat profil dan menyimpan detail profil mereka. Dengan ada role subscriber memungkinkan mereka memasukkan komentar lebih cepat.

Mengelola User di WordPress

Sebagai administrator, Anda dapat menambah dan menghapus user dari situs WordPress Anda kapan saja. Setelah Anda menambahkan user, Anda dapat mengedit profil mereka kapan saja dan mengubah informasi apa pun termasuk password.

Cukup klik pada tab Users di admin WordPress Anda untuk membuka halaman user. Anda dapat mengedit atau menghapus user kapan saja.

5. Mengelola User di WordPress

Anda dapat mengedit profil user untuk mengubah password, mengubah user roles, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengedit user secara massal untuk mengubah peran mereka, jika Anda ingin meningkatkan atau menurunkan peran beberapa user secara bersamaan.

User juga dapat mengedit profil mereka sendiri dengan membuka Profil User di dasbor WordPress. User bisa mengganti gambar profil dan detail mereka, tetapi tidak dapat mengubah user roles.

3. Buka Situs WordPress Anda agar Siapapun Dapat Mendaftar Gratis

Bagaimana jika Anda ingin mengizinkan user mendaftar di situs Anda secara gratis? Akan banyak pekerjaan jika menambahkan setiap user baru secara manual. Sebaliknya, Anda dapat mengizinkan mereka membuat akunnya sendiri.

Pertama, Anda harus membuka halaman Settings » General di admin WordPress dan centang kotak ‘Anyone can register’.

6. Buka Situs WordPress Anda agar Siapapun Dapat Mendaftar Gratis

Secara default, user baru akan diberi peran Subscriber. Silakan dan ubah ini ke peran apa pun yang Anda inginkan menggunakan menu drop down.

Peringatan: Kami menyarankan hanya mengizinkan user mendaftar sebagai Subscriber atau Contributor. Jika Anda mengizinkan user mendaftar sebagai Author, mereka dapat menerbitkan postingan tanpa persetujuan. Jangan pernah menggunakan Administrator sebagai pengaturan default.

Jangan lupa untuk mengklik tombol ‘Save Changes‘ di bagian bawah halaman untuk menyimpan perubahan.

4. Membuat Program Membership Berbayar di Situs Web Anda

Cara lain untuk menambahkan user baru ke situs Anda adalah dengan membuat program membership berbayar saat user mendaftar.

Cara ini digunakan biasanya untuk menjual konten khusus anggota, menambahkan konten premium, menjual kursus online, dan banyak lagi.

Untuk melakukan ini, Anda memerlukan plugin WordPress membership .

Seperti plugin MemberPress yaitu plugin pembuatan kursus dengan semua fungsionalitas dan fleksibilitas yang Anda butuhkan.

7. Membuat akun membership berbayar

MemberPress memungkinkan Anda mengunci postingan dan halaman situs tertentu sehingga hanya user terdaftar dan berbayar yang dapat mengaksesnya. Banyak situs menawarkan konten premium seperti ini sebagai cara menghasilkan uang secara online.

Dengan MemberPress, mudah untuk membuat tingkat akses. Misalnya, Anda dapat menawarkan paket Bronze, Silver, dan Gold.

Anda juga mendapatkan akses ke tools canggih seperti laporan MemberPress untuk menunjukkan nilai rata-rata anggota seumur hidup Anda, berapa banyak anggota yang Anda miliki, dan banyak lagi.

MemberPress memungkinkan Anda membuat situs keanggotaan/membership yang menarik, dan Anda bahkan dapat menjual keanggotaan grup di WordPress .

Semoga artikel ini membantu Anda mempelajari cara menambahkan user dan author baru di WordPress Anda. Anda mungkin tertarik dengan cara menambahkan push notifications di situs WordPress sehingga dapat terhubung dengan user setelah mereka meninggalkan situs web Anda.

- Advertisement -

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Subscribe

Dapatkan update artikel terbaik dari email Anda