Cara Memulai Karier Sebagai Fotografer

Sepertinya hampir semua perusahaan khususnya di industri kreatif memerlukan jasa seorang fotografer untuk keperluan bisnisnya. Misalnya untuk foto produk, foto pernikahan bahkan foto untuk buku tahunan. Dan biasanya tidak semua perusahaan tersebut memiliki fotografer tetap di kantor mereka. Hal ini menjadi kesempatan emas bagi kamu yang ingin memulai karis sebagai fotografer freelance.

Bagaimana memulainya?

1. Harus mempunyai minat pada fotografi

Minat yang besar terhadap dunia fotografi adalah modal utama yang harus kamu miliki. Sebab kamu akan selalu bergulat dengan dunia ini, jika kamu tidak memiliki minat, lambat laun kamu akan merasa bosan.

2. Mampu menggunakan kamera

Hal mendasar yang harus kamu miliki lainnya adalah kemampuan menggunakan kamera, terutama kamera digital. Kuasai setidaknya ilmu dasar fotografi, namun akan lebih baik jika kamu sudah benar-benar menguasai teknik fotografi. Ingat, kamu tidak harus memiliki kamera sendiri untuk menjadi fotografer freelance. Ada banyak tempat penyewaan kamera digital atau kamu bisa meminjam kamera digital milik orang terdekatmu. Namun memang akan lebih baik jika kamu memiliki sendiri kamera digital tersebut.

3. Fokuskan minat

Ada banyak bidang fotografi dan setiap bidang fotografi memiliki teknik fotografi yang berbeda. Selain itu, pasarnya pun juga berbeda. Untuk itu, kamu perlu fokus terhadap satu bidang fotografi sehingga mudah bagi kamu untuk menjadi fotografer yang profesional. Misalnya kamu memilih bidang foto produk atau foto panggung.

4. Buat portofolio

Mungkin kamu sudah memiliki hasil jepretanmu, kumpulkanlah dan jadikan itu sebagai portofolio kamu. Jika belum punya, kamu bisa mulai membuat portolio kamu. Ambil kameramu dan jepret!

5. Unggah portofolio

Sudah terkumpulkan portofolio kamu? Unggahlah hasil jepretan kamu ke internet, melalui blog khusus portofolio kamu misalnya. Kamu juga bisa mengunggahnya ke media sosial seperti Instagram, Pinterest, Tumblr, dan sebagainya. Sebaiknya namai dulu foto hasil jepretanmu itu sebelum diunggah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Bergabung dengan komunitas

Sebaiknya kamu juga bergabung dengan komunitas baik online maupun offline. Melalui wadah komunitas kamu bisa menggali lebih banyak lagi ilmu tentang fotografi. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan pekerjaan dari pertemanan kamu di komunitas.

Tips Kerja

  • Untuk menjadi seorang fotografer kamu tidak cukup jika hanya bisa mengoperasikan kamera saja. Namun kamu juga harus mengenali berbagai jenis kamera dan jenis lensa, khususnya kamera dan lensa yang kamu gunakan.
  • Agar lebih maksimal, kamu juga harus memahami fungsi berbagai fitur yang disediakan di kamera yang kamu gunakan. Ini akan sangan membantu kamu untuk mendapatkan foto yang bagus.
  • Selain itu, untuk menjadi fotografer yang profesional kamu harus menguasai teknik fotografi. Ada banyak teknik fotografi yang dikelompokan berdasarkan jenis fotografinya. Kamu bisa mempelajari teknik fotografi dengan mengikuti berbagai kelas fotografi ataupun dengan membaca buku-buku yang mengulas teknik fotografi.
  • Agar kariermu sebagai fotografer terus beranjak naik, sebaiknya kamu harus menentukan fokus ke spesialisasi mana pekerjaanmu. Ada banyak bidang spesialisasi dan setiap bidang memiliki teknik khususnya masing-masing. Fotografi jurnalistik, fotografi komersil, fotografi panggung, fotografi olahraga, dan masih banyak lagi spesialisasi bidang fotografi yang bisa kamu pilih.
  • Karena tugas fotografer adalah menyampaikan pesan melalui foto, pasti diperlukan persiapan agar pesan tersebut bisa disampaikan melalui foto. Salah satu persiapan yang paling utama adalah menyiapkan konsep. Seorang fotografer harus bisa menyiapkan konsep untuk kliennya, sebab tidak semua klien sudah memiliki konsepnya. Tanpa konsep yang matang, hasil foto tentu tidak akan memuaskan.
  • Setiap foto yang dihasilkan fotografer biasanya tidak serta-merta langsung memuaskan. Terkadang perlu polesan di sana-sini agar menghasilkan foto yang terbaik. Untuk itu, akan lebih baik jika seorang fotografer menguasai teknik photo editing. Setidaknya teknik photo editing yang paling sederhana misalnya cropping.
  • Untuk meningkatkan karier dan memperkenalkan karya-karya serta sang fotografernya itu sendiri, seorang fotografer perlu mengadakan pameran karya. Mengadakan pameran karya juga akan memperluas networking-mu, selain itu melalui pameran yang diadakan akan membuka peluang munculkan pekerjaan baru yang tentunya menguntungkan untuk fotografer.

Bagaimana Pendapatannya?

Mengabadikan momen serta menyampaikan suatu pesan melalui sebuah foto adalah tugas utama seorang fotografer. Tidak mudah melakukan hal tersebut. Apalagi jika tugas tersebut dibatas dengan deadline yang sangat mepet. Fotografer harus bekerja ekstra keras mendapatkan foto terbaiknya. Jadi jangan kaget jika untuk sekali sesi pemotretan seorang fotografer pemula saja bisa menghasilkan $100-$150, sedangkan untuk fotografer senior minimal mengatongi $200 untuk satu sesi pemotretan.

Kisah Sukses Kezia Adina Merintis Karier Sejak SMP

Sudah sekitar lima tahun perempuan kelahiran Surabaya ini menjalankan bisnis fotografinya yang bernama Motography. Awalnya Motography bernama Kxiaphotograph yang dirintisnya sejak masih SMP bersama dua orang temannya, Elvin Indiarto dan Steffan Josua.

Kezia mengaku secara tidak sengaja membentuk bisnis ini. Berawal dari keisengan Kezia meng-upload foto-foto liburannya bersama teman-teman ke Facebook. Ternyata banyak orang yang menyukai hasil jepretan Kezia.

Tidak lama setelah Kezia mengunggah hasil fotonya ke Facebook, orang-orang mulai banyak menanya pricelist untuk jasa fotonya. Kezia pun memberanikan diri untuk mengambil kesempatan itu.

Awalnya Kezia hanya melayani permintaan foto outdoor. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman, kini Kezia juga melayani permintaan foto indoor, foto pre-sweet seventeen hingga foto wedding.

Kini Kezia sudah mulai merasakan keberhasilannya menjadi seorang fotografer. Tak tanggung-tanggung Kezia bersama Motography bisa mengantongi jutaan rupiah untuk satu sesi pemotretan.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan