Cara Mempercepat Video di Adobe Premiere

Cara Mempercepat Video di Adobe Premiere – Mengubah kecepatan klip adalah efek video yang dapat menambahkan banyak drama atau humor dan tingkat profesionalisme karya Anda.

Cara Mempercepat Video di Adobe Premiere

1. Membuat Proyek

Untuk memulai, buka proyek Premiere Pro dan verifikasi bahwa disk awal diatur ke lokasi yang benar dengan membuka Project > Project Settings > Scratch Disks.

Buka jendela Clip Speed/Duration di Premiere Pro dengan mengklik kanan klip di timeline atau dengan membuka Clip > Speed/Duration di bilah menu utama.

1. Cara Mempercepat Video di Adobe Premiere

2. Clip Speed/Duration

Jendela Clip Speed/Duration memiliki dua kontrol utama: kecepatan dan durasi. Kontrol ini ditautkan oleh pengaturan default Premiere Pro, yang ditunjukkan oleh ikon rantai. Saat Anda mengubah kecepatan klip yang ditautkan, durasi klip juga berubah untuk penyesuaian.

2. Cara Mempercepat Video di Adobe Premiere

3. Kecepatan dan Durasi

Putuskan tautan fungsi speed and duration dengan mengklik ikon rantai. Langkah ini memungkinkan Anda untuk mengubah kecepatan klip sambil menjaga durasi klip tetap sama dan sebaliknya. Jika Anda meningkatkan kecepatan tanpa mengubah durasi, lebih banyak informasi visual dari klip akan ditambahkan ke urutan tanpa memengaruhi lokasinya di timeline.

Biasanya dalam mengedit video memilih point masuk dan keluar klip berdasarkan cerita yang ingin Anda tunjukkan kepada pemirsa, jadi Anda bisa membiarkan fungsi kecepatan dan durasi tertaut. Dengan cara ini, Anda tidak akan menambahkan footage yang tidak perlu atau menghapus footage penting dari sebuah proyek.

4. Pengaturan Tambahan

Jendela Clip Speed/Duration memiliki tiga pengaturan tambahan: Reverse SpeedMaintain Audio Pitch, dan Ripple EditShifting Trailing Clips.

  • Reverse Speed: memungkinkan Anda menampilkan klip mundur sehingga titik masuk dan keluar dibalik.
  • Maintain Audio Pitch: menjaga trek audio tetap sama meskipun Anda mengubah kecepatan atau durasi video. Mencentang kotak ini adalah cara yang baik untuk mencegah nada sekitar meningkat atau menurun.
  • Ripple Edit, Shifting Trailing Clips: memungkinkan Anda mengubah durasi klip dan menyesuaikan klip berikut dalam urutan untuk mengimbangi perubahan. Jika Anda tidak memilih opsi ini, klip dengan durasi yang lebih lama akan memotong bagian atas klip berikutnya, dan klip dengan durasi yang lebih rendah akan diikuti oleh frame hitam di mana bagian belakang klip sebelumnya berada.

5. Penyesuaian Kecepatan Variabel

Selain mengubah kecepatan dan durasi pada jendela Clip Speed/Duration, Anda dapat menyesuaikan kecepatan. Dengan penyesuaian variabel kecepatan, kecepatan klip berubah sepanjang durasi klip; Premiere Pro menangani ini melalui fungsi Time Remapping, yang akan Anda temukan di tab Effect Controls di jendela Source.

3. Cara Mempercepat Video di Adobe Premiere

6. Time Remapping Premiere Pro

Untuk menggunakan Time Remapping, antrekan playhead di panel Sequence ke tempat Anda ingin melakukan penyesuaian kecepatan:

4. Cara Mempercepat Video di Adobe Premiere

  1. Klik dua kali pada klip untuk membukan di panel Source.
  2. Buka tab Effects, dan temukan Time Remapping di bawah bagian Video Effects.
  3. Tambahkan keyframe ke klip dengan mengklik ikon berlian. Langkah ini menandai lokasi awal penyesuaian kecepatan.
  4. Putar klip di panel Sequence ke tempat Anda ingin mengakhiri penyesuaian kecepatan dan tambahkan keyframe lainnya.
  5. Seret keyframe kedua ke depan atau ke belakang untuk menyesuaikan kecepatan klip yang baru saja Anda pilih. Dengan mengubah durasi klip, secara otomatis mengubah kecepatan pemutaran.

TERKAIT: Cara Memotong Video di Adobe Premiere Pro

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here