11 Cara Mempercepat Loading Website di Windows 10

Cara Mempercepat Loading Website di Windows 10 – Satu-satunya hal yang menjengkelkan ketika berselancar di internet adalah koneksi internet yang sangat lambat. Menunggu loading halaman web tidak hanya membuang-buang waktu, hal seperti ini seharusnya tidak sering terjadi.

Jika Anda menemukan loading halaman website terus menerus terjadi, berikut adalah beberapa cara mempercepat loading halaman web yang dapat Anda coba di Windows 10.

Cara Mempercepat Loading Website di Windows 10

Apakah halaman web dimuat sepenuhnya, tetapi hanya membutuhkan waktu lama? Apakah teks dimuat dengan cepat, tetapi gambar membutuhkan waktu lama? Apakah halaman tidak dimuat sama sekali?

Jadi cobalah untuk mencari tahu bagian mana dari proses pemuatan situs web yang tampaknya lebih lambat dari biasanya. Itu dapat membantu mengarahkan Anda ke arah tip yang benar untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Anda juga ingin melihat apakah ini masalah hanya pada mesin lokal Anda atau untuk seluruh jaringan Anda. Coba muat halaman web yang sama di perangkat lain dan lihat seberapa cepat loadingnya.

1. Periksa Malware, Spyware, dan Virus

Langkah ini cukup banyak dilakukan. Jika merasa loading web terasa lambat di komputer, 99% dimungkinkan ada masalah di latar belakang (background) yang memonopoli semua sumber daya.

Anda pasti ingin memastikan Anda menjalankan pemindaian (scan) malware yang tepat di sistem Anda. Jika Anda mencurigai ada sesuatu di mesin, segera scan sistem Anda bahkan sebelum sistem operasi dimuat.

Anda juga dapat memastikan tidak ada malware yang berjalan di router Anda, tetapi kemungkinannya kecil, tetapi sangat mungkin terjadi!

2. Periksa Proxy Server

Jika digunakan dengan benar, server proxy dapat menjadi cara yang sangat berguna untuk melindungi privasi Anda atau untuk menghindari pembatasan internet. Namun, jika tidak dikonfigurasi dengan benar, server proxy dapat menyebabkan segala macam masalah, salah satunya adalah loading halaman web sangat lambat.

Anda dapat memeriksa pengaturan server proxy Anda dan memastikan semua lalu lintas internet Anda tidak melalui peretas. Malware dan spyware yang terpasang di komputer Anda juga cenderung mengaktifkan server proxy di komputer Anda sehingga dapat menangkap semua lalu lintas internet Anda.

3. Tes Kecepatan Internet

Hal pertama yang harus Anda periksa adalah apakah koneksi internet Anda secara keseluruhan lambat atau hanya memengaruhi lalu lintas ke situs web. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan “speed test” kemudian memilih tombol GO. Ini akan memakan waktu beberapa detik dan kemudian menunjukkan seberapa cepat koneksi Anda.

Tes Kecepatan Internet

Jika angkanya sangat rendah atau jauh lebih rendah dari biasanya, itu adalah petunjuk bahwa masalahnya bukan pada komputer Windows 10 Anda. Jika memungkinkan, jalankan uji kecepatan dari ponsel Anda atau komputer lain.

4. Kunjungi Isitdownrightnow.com

Cara ini relevan dengan situasi di mana situs atau beberapa situs tertentu tidak berfungsi dengan benar. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs web seperti isitdownrightnow.com dan memeriksa apakah situs tersebut down hanya untuk Anda atau orang lain. Pemeriksaan sederhana ini dapat membantu Anda.

5. Lakukan Reboot

Sebelum Anda panik, cukup restart setiap link tautan atau restart komputer Anda, restart router Anda dan (jika ada) restart titik koneksi fiber.

Ini adalah cara yang agak kasar untuk memperbaiki problem ini, karena begitu banyak masalah yang misterius dapat diselesaikan juga dengan melakukan restart, ini adalah hal yang cukup cepat dan mudah untuk dicoba. Jika loading halaman web masih lambat, maka ada baiknya untuk berusaha melacak masalah tersebut, tetapi jika jarang terjadi maka cukup lakukan ritual reboot.

6. Periksa Beban Sistem Anda

Halaman web tampaknya tidak tampak membutuhkan banyak sumber daya sistem, tetapi situs web modern dapat membebani komputer Anda. Jadi, ketika halaman web berkinerja buruk, Anda harus memeriksa seberapa berat beban di sistem Anda:

  • Tekan Ctrl + Alt + Del
  • Pilih Task Manager
  • Pilih tab Performance

Pada tab Performance, lihat apakah penggunaan CPU, memori atau disk Anda hampir 100%. Jika sistem mengalami kinerja yang berat, hal ini dapat memengaruhi loading situs web Anda.

Tutup tab browser web Anda. Tutup program yang tidak Anda perlukan dan biasanya dapat mengurangi beban sistem.

7. Periksa Beban Jaringan Anda

Jika koneksi internet Anda dibagikan dengan orang lain atau perangkat lain, masalahnya mungkin salah satu perangkat tersebut memonopoli semua bandwidth! Router WiFi modern melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk memastikan semua orang (perangkat) mendapatkan kecepatan internet yang sama.

Jadi untuk memastikan bahwa itu apakah dari bandwidth lokal, lepaskan semua perangkat Anda yang lain dari router dan lihat apakah masalahnya teratasi dengan sendirinya.

Anda dapat mempertimbangkan mengubah kata sandi (password) WiFi Anda, untuk berjaga-jaga jika ada tamu yang tidak diinginkan mengganggu koneksi Anda dengan aplikasi bandwidth tinggi seperti Netflix , torrent, atau download game.

8. Periksa Cloud Syncing

Apakah Anda menggunakan DropBox , iCloud , Google One atau salah satu layanan penyimpanan cloud populer lainnya? Anda mungkin melihat kecepatan situs web yang lambat karena operasi sinkronisasi file besar sedang berlangsung.

Meskipun sinkronisasi cloud dari file lokal sebagian besar menghabiskan bandwidth upstream, jika Anda atau seseorang yang berbagi folder di cloud drive dengan Anda telah memindahkan file besar ke cloud drive, file tersebut mungkin mulai mengunduh ke sistem Anda, tergantung pada settingan Anda. Jadi nonaktifkan atau jeda sinkronisasi cloud yang sedang berlangsung untuk melihat apakah ini penyebab loading halaman web sangat lambat.

9. Aktifkan Metered Connection

Windows 10 bisa memakan bandwidth yang besar. Apalagi jika download update Windows 10 di background.

Jika Anda mencurigai bahwa update Windows 10 mengganggu kecepatan koneksi internet Anda, coba alihkan koneksi WiFi atau Ethernet Anda ke koneksi terukur. Hal ini akan menghemat bandwidth dan total penggunaan data Anda. Dengan bonus tambahan, hanya update penting yang dilakukan secara otomatis. Dalam beberapa kasus, Anda dapat menghentikan update Windows 10.

10. Hapus Cache DNS Komputer Anda

Hapus Cache DNS Komputer

Tip ini relevan terutama untuk situasi di mana hanya situs web tertentu yang tampaknya memuat dengan lambat atau tidak tampil sama sekali.

Komputer Anda menyimpan daftar situs web dan alamat IP-nya dalam cache untuk mempercepat akses ke situs yang sering dikunjungi. Jika alamat IP di cache tidak lagi berfungsi, Anda dapat mencoba membersihkan cache DNS. Cara ini akan memaksa komputer Anda untuk mendapatkan alamat IP yang benar yang baru dari server. Caranya cukup mudah dilakukan:

  • Buka CMD melalui Start Menu
  • Ketik ipconfig / flushdns dan tekan Enter

Anda dapat kembali ke browser dan mencoba membuka situs lagi.

11. Gunakan DNS yang Berbeda

Rekomendasi yang paling mudah adalah gunakan server DNS Google yang aman dan cepat.

Semoga cara di atas dapat membantu Anda mengatasi problem ketika loading website lambat atau koneksi internet bermasalah. Jika ada solusi lain Anda bisa menambahkannya di kolom komentar.

TERKAIT: Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here