Jumat, Agustus 14, 2020
Beranda Tekno Mac Cara Memperbaiki Kamera MacBook yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Kamera MacBook yang Tidak Berfungsi

- Advertisement -

Apple MacBooks dan desktop Macs sudah menyertakan fitur webcam bawaan pada komputer. Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan webcam eksternal ke Mac Anda melalui USB. Namun, jika webcam Anda tidak berfungsi, terputus atau tidak tersedia di macOS, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk (mudah-mudahan) memperbaiki kembali.

Cek Lensa Kamera MacBook

Jangan lupa untuk selalu memeriksa dasar-dasarnya terlebih dahulu dengan melihat Lensa webcam apa ada yang menutupinya? Mungkin webcam Anda tidak berfungsi, karena lensa saja diblokir atau ditutupi dengan sesuatu. Banyak orang menutupi webcam mereka saat tidak digunakan  untuk melindungi privasi mereka.

Jika Anda tidak mendapatkan kesalahan, dan yang Anda lihat hanyalah layar hitam, pastikan tidak ada yang menutupi webcam Anda.

Periksa Izin Webcam

- Advertisement -

Ketika pertama kali Anda membuka aplikasi yang mengakses webcam, macOS akan meminta Anda untuk mengizinkannya. Pada awalnya mudah (dan seringkali masuk akal) untuk menolak akses, tetapi dapat menimbulkan masalah ketika Anda membuat panggilan video meeting seperti Zoom Meeting atau berupa rekaman.

Anda dapat memberikan izin aplikasi untuk mengakses webcam Anda dengan menuju ke System Preferences> Security and Privacy> Camera. Apapun Aplikasi yang meminta akses akan dicantumkan di sini. Jika ada tanda centang di kotak di sebelahnya, berarti disetujui. Jika kotak itu kosong, berarti izin ditolak.

Anda dapat mengubah pengaturan ini dengan mengklik kunci di bagian bawah layar, dan kemudian mengautentikasi dengan kata sandi administrator Anda (atau Touch ID, atau Apple Watch). Kemudian Anda dapat menyetujui (menandai) atau mencabut (hapus centang) aplikasi.

Matikan Proses VDCAsistant dan AppleCameraAssistant

Dua tugas webcam yang melakukan prosesan di latar belakang pada Mac Anda yaitu VCDAssistant dan AppleCameraAssistant. Semua proses pada Mac Anda dapat berhenti berfungsi atau terjadi error kapan saja. Biasanya, ketika suatu proses crashes, sistem secara otomatis akan memuat ulang

Namun, kadang-kadang tidak berhasil. Untungnya, Anda dapat mematikan proses secara manual dengan perintah Terminal. Caranya, buka Terminal dengan mencarinya di Spotlight atau ke Applications> Utilities.

Ketik perintah berikut, dan kemudian tekan Enter:

- Advertisement -
sudo killall VDCAsistant; sudo killall AppleCameraAssistant

Ketikkan kata sandi admin Anda untuk mengautentikasi, lalu coba gunakan webcam Anda lagi. Jika Anda merasa tidak nyaman menggunakan Terminal, restart saja Mac Anda daripada menjalankan perintah (command) di atas.

Restart Mac Anda

Jika mematikan proses di atas tidak berhasil, coba matikan seluruh sistem operasi. Beberapa masalah webcam bisa jadi disebabkan ketika beberapa aplikasi mencoba menggunakannya sekaligus. Anda dapat mengatasi ini dengan restart komputer Anda, dan tidak membuka semua aplikasi yang sama saat boot.

Caranya, klik menu Apple, dan kemudian klik “Restart.” Di jendela yang muncul, hapus centang pada kotak di sebelah opsi “Reopen Windows When Logging Back in“.

Klik “Restart,” tunggu untuk siklus daya Mac Anda, dan kemudian login lagi ketika diminta. Buka ulang aplikasi yang menggunakan webcam Anda dan cek apakah masalahnya sudah teratasi.

Instal ulang Aplikasi yang Anda Gunakan

Jika Anda memiliki masalah webcam pada aplikasi tertentu yang tidak diperbaiki dengan memperbarui izin Anda di bawah bagian “Check Your Webcam Permissions”, masalah mungkin ada pada aplikasi itu sendiri.

Coba hapus aplikasi dari folder “Applications” Anda dengan menyeretnya ke ikon Trash di dock kemudian menekan Command + Delete.

Selanjutnya, download dan instal ulang aplikasi tersebut. Perhatikan berapa usia aplikasi tersebut, karena bisa jadi masalahnya aplikasi yang sudah usang. Jika Anda menginstal ulang aplikasi dan tidak ada permintaan untuk mengakses kamera, mungkin aplikasi tidak kompatibel dengan macOS versi terbaru. Anda dapat melihat apakah ada aplikasi serupa yang dapat Anda gunakan sebagai gantinya.

Periksa Izin Screen Time

Screen Time adalah fitur inti macOS yang membantu Anda memantau bagaimana Anda menggunakan Mac Anda. Screen Time pada Mac juga menangani kontrol orangtua, yang dapat pembatasan akses ke webcam dan aplikasi apa pun yang menggunakannya.

Untuk memeriksa apakah ada pembatasan Screen Time, buka System Preferences > Screen Time > Content and Privacy, lalu klik “Camera.” Pastikan “Camera” diaktifkan di bawah tab Aplikasi. Jika tidak, Anda dapat mengautentikasi dan mengubah pengaturan, atau meminta orang yang mengatur pembatasan untuk menghapusnya.

Lihat Jika Webcam Internal Anda Terdeteksi

Jika Anda menggunakan MacBook atau iMac, ia memiliki webcam bawaan. Anda dapat memeriksa apakah komputer Anda mendeteksi webcam dengan benar.  Caranya, klik menu Apple di kiri atas, lalu klik “About.”

Klik “System Report,” dan kemudian pilih “Camera” di sidebar. Anda akan melihat list “FaceTime HD Camera (Built-in)“, dengan model ID.

Jika webcam internal Anda tidak terdaftar, kesalahan hardware atau kerusakan fisik mungkin penyebab Mac berhenti bekerja. Dalam hal ini, Anda meminta bantuan teknisi untuk mengeceknya atau bisa melakukan servis dan perbaikan Mac Anda.

Sourcehowtogeek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU