Cara Memperbaiki Kamera Google Meet di Laptop

Cara Memperbaiki Kamera Google Meet di Laptop – Kamera Google Meet mungkin tidak berfungsi dalam banyak kasus, seperti saat Anda mencoba membuka video, namun tidak ada tampilan video, saat meluncurkan video, ada pesan kesalahan, dan saat mengaktifkan video kamera, tetapi tidak ada suara. Masalah ini biasanya terjadi pada pemula yang pertama kali menggunakan Google Meet, dan mereka tidak dapat mengaktifkan video webcam pada laptop atau gadget mereka.

Penyebab Kamera Google Meet Tidak Berfungsi

Google Meet seharusnya berfungsi dengan baik, tetapi ada beberapa masalah mengapa kamera Anda tidak berfungsi di Google Meet.

  1. Aplikasi Google Meet tidak memiliki akses ke kamera.
  2. Aplikasi lain mungkin mengakses kamera dan memblokir Google Meet.
  3. Anda memiliki banyak kamera, dan salah mengaktifkan.
  4. Kamera Anda tidak diaktifkan.
  5. Anda menggunakan Google Meet versi lama.
  6. Koneksi internet Anda tidak berfungsi atau tidak stabil.

Cara Memperbaiki Kamera Google Meet di Laptop

Perbaikan ini akan berfungsi di aplikasi Google Meet berbasis web di laptop atau pada aplikasi Google Meet di smarthone. Sebelum kita membahas secara spesifik, pastikan koneksi internet Anda berfungsi dengan baik. Jika tidak, kamera tidak akan menyala jika saat disambungan ke Google Meet.

  1. Seperti kebanyakan masalah teknis, hal pertama yang harus selalu Anda coba adalah me-restart komputer/laptop Anda. Jika Anda menggunakan perangkat seluler, restart Android atau restart iPhone Anda.
  2. Pastikan kamera komputer atau laptop Anda diaktifkan. Sebelum membuka Google Meet, aktifkan kamera Windows Anda atau kamera di Mac Anda, lalu coba lagi.
  3. Pastikan Google Meet memiliki akses ke kamera Anda. Jika Anda menggunakan Google Mee di Chrome, pastikan Anda telah mengaktifkan akses Chrome ke kamera Anda. Setelah selesai, masuk ke Google Meet dan mulai rapat baru. Pilih ikon Camera Blocked di kanan atas. Kemudian pilih Always allow https://meet.google.com to access your camera and microphone. Pilih Done. Jika kamera Anda tidak berfungsi, keluar dari rapat, lalu masuk lagi. Tes apakah video kamera sudah berfungsi atau belum.
  4. Jika Anda menggunakan Google Meet di perangkat seluler, pastikan Anda telah mengaktifkan izin Google Meet untuk mengakses kamera Anda. Di Android, ini ada di pengaturan Apps & notifications. Temukan Google Meet dan berikan akses Kamera. Di iOS, ini ditemukan di bawah Privacy > Settings > Camera. Temukan aplikasi Google Meet dan berikan akses.
  5. Pastikan tidak ada aplikasi lain yang menggunakan kamera Anda yang sedang berjalan. Di Android, tutup semua aplikasi yang telah Anda buka. Selain itu, pastikan untuk menutup semua aplikasi Android yang berjalan di background. Jika Anda menggunakan perangkat iOS, tutup semua aplikasi iOS.
  6. Periksa apakah Google Meet mengakses kamera dengan benar. Sebagian besar perangkat seluler memiliki kamera depan dan kamera belakang. Di aplikasi Google Meet, mulai atau bergabung dengan panggilan video baru. Ketuk Switch camera di kanan atas dan pilih kamera yang ingin Anda gunakan.
  7. Update aplikasi Google Meet Anda. Aplikasi lama tidak semua fitur dapat berfungsi dengan baik. Update semua aplikasi di perangkat Android Anda atau update aplikasi di perangkat iOS. Kemudian luncurkan kembali Google Meet dan mulai rapat Anda untuk memeriksa fungsi kamera.
  8. Jika semuanya gagal, koneksi internet Anda mungkin tidak berfungsi dengan benar. Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi, pastikan jaringan Wi-Fi Anda berfungsi dengan benar.

TERKAIT: Cara Aktifkan Kamera di Google Meet

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here