Cara Memotong Video di Adobe Premiere Pro

Cara Memotong Video di Adobe Premiere Pro – Setiap filmmaker and video editor harus memiliki keterampilan yang sangat penting, yaitu memotong dan memangkas video. Sudah pasti bahwa setiap orang pasti akan menghapus adegan yang tidak diinginkan dan momen yang direkam. Adobe Premiere Pro tidak diragukan lagi menyediakan solusi pasca-editing video, yang tentu saja mencakup pemotongan video. Pada artikel ini kita akan membahas keterampilan mendasar cara memotong video di Adobe Premiere Pro.

Cara Memotong Video di Adobe Premiere Pro

Sebelum kita mulai memotong video di Adobe Premiere, pastikan Anda telah menginstal Adobe Premiere Pro dan Adobe Media Encoder di PC Anda.

Langkah 1. Buka Adobe Premiere Pro 2020, buat proyek baru, lalu beri nama proyek Anda dan pilih lokasi tempat Anda ingin menyimpan file Premiere. Anda dapat membuat pengaturan lain di bawah ini atau tetap default. Tekan OK untuk masuk ke interface pengeditan.

Cara Memotong Video di Adobe Premiere

 

Langkah 2. Di sudut kiri bawah Premiere, tambahkan footage Anda dengan mengklik kanan bagian yang section > Import, atau Anda cukup drag ke sini. Selanjutnya, langsung drag footage dari Project Panel ke timeline di sisi kanan. Kemudian Anda dapat melihat preview video di bagian atas Premiere.

Cara Memotong Video di Adobe Premiere

 

Langkah 3. Sekarang, siap untuk membuat video trim Adobe Premiere. Seret slider biru ke titik awal yang ingin Anda potong, buka Sequence > Add Edit, atau cukup tekan tombol shortcut Ctrl + K. Anda akan menemukan garis pemisah yang memotong footage menjadi dua bagian. Demikian pula, pindahkan slider biru ke titik akhir dan tekan Ctrl + K. Untuk menemukan timestamps yang tepat, Anda dapat memasukkan waktu secara manual di sudut kiri atas. Dengan langkah yang sama, Anda dapat memotong video menjadi beberapa bagian.

Cara Memotong Video di Adobe Premiere

 

Langkah 4. Pilih bagian yang tidak diinginkan, tekan Delete pada keyboard Anda yang akan meninggalkan celah di antara klip, sebagai gantinya, Anda dapat mengklik kanan pada bagian yang tidak diinginkan dan memilih Ripple Delete untuk mengisi celah secara otomatis dan bergabung dengan bagian lainnya secara otomatis. 

Jika Anda ingin menggabungkan klip yang tersisa menjadi satu video, Anda harus menyeret setiap klip untuk mengatur urutan dan menghilangkan celah, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya. Tetapi jika Anda ingin menyimpan klip individu, pindahkan slider biru ke setiap klip, tekan tombol panah UP untuk menemukan awal klip, klik Markers > Mark atau tombol shortcut I. Kemudian tekan tombol panah DOWN untuk posisi akhir, klik Markers > Mark atau tombol shortcut O. Jadi satu klip akan dihighlighted. Sekarang mari ke langkah terakhir.

Cara Memotong Video di Adobe Premiere

 

Langkah 5. Jangan pilih opsi Save, itu akan menyimpan pengeditan Anda sebagai file proyek .prproj. Buka File > Export > Media, Anda dapat memilih format output, memberi nama video, mengubah bit rate, keterangan, dll. pada jendela Export Settings. Untuk mengekspor klip individual, klik Queue untuk setiap cuplikan hingga semuanya diantrekan di Adobe Media Encoder. Premiere dapat mengekspor semuanya dengan bantuan Adobe Media Encoder dengan mengklik ikon Play di sudut kanan atas. Untuk mengekspor satu klip gabungan, tekan saja Export. Setelah beberapa saat, Anda akan menemukan cuplikan cuplikan di folder penyimpanan.

Tips Memotong Video di Adobe Premiere Pro

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui saat memotong videodi Adobe Premiere Pro:

  • Anda harus melihat preview video yang diedit sebelum mengekspornya ke hard drive. Pastikan batas pemotongan Anda sesuai dan tidak merusak konten video yang sebenarnya.
  • Jangan pernah lupa untuk memeriksa aspect ratio video yang baru saja Anda potong karena harus sama dengan yang Anda butuhkan untuk format output yang Anda inginkan.
  • Kualitas video yang Anda potong sangat bergantung pada format file output yang dipilih. Misalnya, jika Anda mengerjakan dimensi kecil dan mencoba menyimpan hasil akhir dalam format yang memiliki dimensi lebih besar, maka kualitas akan sangat terpengaruh. Dalam kasus ini coba untuk melanjutkan dengan dimensi output yang lebih kecil.
ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here