Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Marketing Blogging Cara Membuat Podcast Menggunakan WordPress

Cara Membuat Podcast Menggunakan WordPress

- Advertisement -

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah memulai podcast menggunakan WordPress. Kita akan belajar tentang cara kerja podcast, peralatan yang dibutuhkan podcast, plugin WordPress untuk podcast, dan banyak lagi.

Apapun keahlian Anda, Anda dapat dengan mudah memulai podcast dengan mengikuti langkah demi langkah yang diuraikan dalam artikel berikut ini.

Berikut adalah garis besar yang akan kita bahas:

  • Apa itu podcasting & bagaimana podcast bekerja?
  • Menemukan niche dan topik untuk podcast.
  • Hal-hal yang diperlukan untuk mengatur podcast.
  • Memilih web hosting dan nama domain terbaik.
  • Menyiapkan layanan media hosting.
  • Memilih peralatan podcasting yang tepat
  • Merencanakan beberapa episode podcast.
  • Merekam podcast pertama Anda.
  • Menerbitkan podcast Anda dengan WordPress.
  • Mengunggah file media Anda ke Blubrry.
  • Menyiapkan Plugin Smart Podcast Player.
  • Menambahkan podcast pertama Anda di WordPress.
  • Pratinjau podcast Anda dengan iTunes.
  • Mengirimkan podcast Anda ke iTunes.
  • Sumber daya podcasting untuk menumbuhkan podcast Anda.
  • Cara menghasilkan uang dari podcast.

Apa itu Podcasting & Bagaimana Podcast Bekerja?

- Advertisement -

Podcast adalah serangkaian file audio episodik yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk mengunduh dan mendengarkan.

Agar podcast berfungsi, Anda harus memiliki file audio dan RSS Feed yang digunakan oleh pengguna berlangganan agar tetap terhubung, memperbarui, dan mengunduh episode terbaru.

Karena WordPress hadir dengan sistem RSS Feed untuk blog, banyak podcaster memilih menggunakan WordPress sebagai platform situs web podcast mereka.

Anda dapat menghubungkan situs web podcast Anda dengan aplikasi podcasting seperti iTunes agar memudahkan jutaan pengguna dapat mendengarkan dan berlangganan.

- Advertisement -

Sekarang setelah Anda tahu apa itu podcast dan bagaimana cara kerjanya, mari kita baca bagaimana cara menemukan ide untuk membuat podcast yang sukses.

Menemukan Niche dan Topik untuk Podcast Anda

Podcast saat ini cukup populer dan ada puluhan podcast tentang berbagai topik di luar sana. Untuk bersaing, Anda perlu menemukan niche dan memilih topik yang akan Anda liput.

Perlu diketahui bahwa audiens podcast itu berpikir tentang apakah podcast ini menarik dan memiliki manfaat? Pertanyaan sederhana ini akan memberi Anda gagasan tentang podcast Anda dan apa yang ingin Anda sampaikan.

Sekarang Anda dapat mempersempitnya ke topik yang sangat spesifik. Misalnya, jika podcast Anda tentang musik, maka Anda dapat mempersempitnya ke genre, era, wilayah, atau artis tertentu.

Sekarang, mungkin ada beberapa podcast yang sangat populer yang membahas topik serupa. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda bisa bersaing dengan mereka?

Anda dapat bersaing dengan mereka yang sukses dalam podcast, jika Anda menjadi diri sendiri. Podcast Anda akan memiliki wawasan, perspektif, gaya, dan suara Anda yang unik. Hal ini akan menjadi pengalaman yang berbeda untuk audiens Anda dan banyak dari mereka akan senang mendengarkan.

Dengan memikirkan niche dan mempersempit topik nantinya akan membantu Anda merencanakan episode podcast dan memenangkan pelanggan dengan tetap berpegang pada strategi konten yang terencana dengan baik.

Sekarang, setelah Anda memutuskan apa yang niche/topik ingin Anda buat, mari perhatikan hal-hal yang Anda perlukan untuk mewujudkan podcast ini.

Hal-Hal yang Perlu Anda Siapkan untuk Membuat Podcast

Untuk pengaturan podcasting profesional, ada beberapa hal yang perlu Anda mulai.

  • Hal pertama adalah memiliki situs web atau blog agar orang dapat mempelajari lebih banyak tentang Anda dan podcast Anda.
  • Yang kedua adalah peralatan untuk merekam podcast Anda.
  • Terakhir, Anda harus memiliki alat yang tepat untuk mempublikasikan podcast Anda di internet, sehingga Anda bisa mendapatkan pelanggan dan jangkauan yang maksimal.

Langkah 1. Pengaturan Situs Web: Hosting WordPress dan Nama Domain

Langkah penting dalam membangun situs web adalah memilih platform yang tepat. Kami sarankan menggunakan WordPress.org yang juga dikenal sebagai WordPress self-hosting untuk mengatur situs web podcasting Anda.

Dengan kata lain, Anda memerlukan nama domain dan hosting web. Nama domain adalah alamat situs web Anda di internet. Inilah yang diketik orang untuk mengunjungi situs web Anda. Misalnya, google.com atau ruangmuda.com.

Web hosting adalah rumah situs web Anda di internet. Di sini semua file dan gambar Anda disimpan. Setiap situs web membutuhkan hosting web. Biaya web hosting adalah $ 7,99 per bulan dan nama domain biasanya biaya sekitar $ 14,99 per tahun.

Langkah 2. Menyiapkan Layanan Hosting

Hal berikutnya yang Anda perlukan adalah layanan media hosting yang bagus. Podcast Anda memiliki file audio yang besar. Melayani pelanggan dari host web Anda akan menghabiskan banyak sumber daya server, yang membuat situs web Anda lambat dan sering tidak responsif.

Untuk  mendapatkan pengalaman pengguna, kami sarankan Anda menggunakan platform hosting media podcast terbaik. Sebagian besar podcaster pintar menggunakan layanan hosting podcast yang terpisah untuk menyajikan file podcast.

Langkah 3. Memilih Peralatan Podcasting

Anda akan belajar tentang alat-alat baru yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan podcast yang lebih berkualitas. Namun sebagai pemula, alat paling penting yang Anda butuhkan adalah mikrofon yang bagus.

Tolong jangan gunakan mikrofon bawaan computer/smartphone Anda untuk merekam podcast. Pengguna Anda akan langsung mendengarkan kualitas suara.

Peralatan lain yang mungkin ingin Anda beli: lengan mik, shock mount, dan filter pop, dan headphone yang berkualitas.

Setelah Anda memiliki peralatan podcasting yang tepat, Anda akan siap untuk langkah selanjutnya: merencanakan dan merekam episode podcast.

Langkah 4. Merencanakan Beberapa Episode Podcast Pertama Anda

Anda perlu merencanakan episode podcast Anda sebelum Anda duduk untuk merekamnya. Ada beberapa keputusan penting yang perlu Anda buat.

a. Konten episode

Apa yang akan menjadi niche/topik untuk episode pertama Anda? Anda dapat merencanakan konten Anda secara teratur, mengerjakan konten dengan membuat garis besar dahulu lalu membuat detailnya.

b. Panjang Episode

Durasi podcast bisa antara 20 menit hingga 60 menit. Durasi episode Anda tergantung pada konten dan audiens Anda. Tidak ada aturan ketat tentang berapa panjang ideal untuk episode podcast yang baik.

Jika Anda memiliki konten yang bagus, maka jangan memotongnya agar sesuai dengan panjang yang ditentukan. Demikian pula, jangan membuat konten terlalu panjang.

c. Media Pendukung

Anda juga ingin mengerjakan musik intro, musik latar, atau suara lain yang mungkin ingin Anda tambahkan ke podcast Anda sebagai efek dramatis.

Berikut ini adalah beberapa tempat di mana Anda dapat menemukan musik dan soundtrack bebas lisensi untuk digunakan dalam episode podcast Anda atau sebagai musik tema Anda. Tinjau persyaratan lisensi dengan cermat sebelum menggunakan trek apa pun di podcast Anda.

d. Storyboard dan Scripting

Anda harus benar-benar duduk dan menulis naskahnya. Hal ini akan membantu Anda tetap fokus dan membuat Anda lebih siap dan terdengar lebih profesional.

Anda masih dapat melanjutkan dan berbicara dari skrip selama perekaman, tetapi memiliki skrip sebenarnya membuat Anda tetap di jalur untuk menghasilkan konten yang lebih baik.

Setelah menghabiskan waktu merencanakan episode Anda dan lebih memikirkan konten Anda, sekarang saatnya untuk merekam podcast pertama Anda.

Langkah 5. Merekam Podcast Pertama Anda

Untuk merekam podcast, Anda akan memerlukan perangkat lunak (software) perekaman audio. Perangkat lunak ini akan membantu Anda merekam dan mengedit file audio Anda.

Perangkat lunak perekaman podcast terbaik yang digunakan oleh sebagian besar podcast adalah Audacity . Software ini gratis, untuk semua platform, dan open source yang mampu merekam podcast profesional berkualitas studio.

Setelah menginstal Audacity, buka aplikasi Audacity dan buat proyek baru dari menu File.

Untuk merekam suara, cukup klik tombol rekam.

Sekarang Anda bebas untuk merekam podcast Anda. Jangan khawatir jika canggung bisa berhenti, istirahat, baik karena batuk atau gangguan yang mungkin terjadi saat bercerita.

Anda dapat mengedit rekaman sebanyak yang Anda mau.

Merekam Podcast Pertama Anda- Audacity

Anda juga dapat mengimpor file musik dari File »Impor dan mengaturnya sebagai background musik podcast.

Audacity adalah alat yang powerful, dan tidak mungkin bagi kita untuk membahas fitur-fitur dasarnya di artikel ini. Namun, TeamAudacity memiliki Wiki yang luas dengan tutorial khusus yang ditulis untuk podcaster baru.

Kami merekomendasikan Anda untuk membaca tutorial ini. Perlu waktu untuk terbiasa menggunakan software ini, tetapi sangat sepadan dengan waktu dan upaya Anda.

Setelah merekam podcast, Anda harus mengekspornya. Sebagian besar podcast mengekspor file audio mereka dalam format MP3 karena MP3 menciptakan ukuran file yang lebih kecil dengan kualitas yang baik.

Anda juga harus pandai menamai file podcast Anda. Ingat podcast adalah seri episodik, jadi sebaiknya gunakan penamaan yang sesuai episode atau nomor seri dalam nama file tersebut.

Beberapa saran adalah WPB001.mp3 atau WPBep001.mp3. Simpan versi final file podcast Anda ke folder terpisah di computer/laptop Anda.

Langkah 6. Mempublikasikan Podcast Anda dengan WordPress

Setelah Anda membuat beberapa episode, dan Anda sudah puas dengan kualitasnya, saatnya mempelajari cara mempublikasikan podcast menggunakan WordPress.

Masuk ke area admin situs WordPress Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Blubrry PowerPress Podcasting . Setelah aktivasi, Anda akan melihat item menu PowerPress di menu admin WordPress. Mengkliknya akan membawa Anda ke halaman pengaturan plugin.

Mempublikasikan Podcast Anda dengan WordPress

Jika Anda menggunakan Blubrry untuk meng-host file podcasting Anda, maka Anda perlu mengklik tombol untuk mengkonfigurasi statistik Blubrry dan layanan hosting.

Mengklik tombol ini akan memunculkan popup di mana Anda harus memasukkan email dan password akun hosting Blubrry Anda.

hosting Blubrry

Selanjutnya, Anda perlu mengisi sisa informasi pada halaman pengaturan. Berikan judul untuk podcast Anda dan isi bidang iTunes.

Bidang-bidang iTunes ini untuk menampilkan deskripsi, kategori, subtitle, karya seni, dll yang akan digunakan dalam umpan RSS podcast Anda, dan iTunes akan menempatkan podcast Anda di direktori.

Bidang-bidang iTunes

Jangan lupa klik tombol ‘Save Changes’ untuk menyimpan pengaturan Anda. Situs WordPress sudah siap untuk mempublikasikan podcast Anda.

Langkah 7. Upload File Media ke Blubrry

Sebelum Anda mempublikasikan episode podcast menggunakan WordPress, Anda harus mengunggah file podcast terlebih dahulu ke layanan hosting media Anda, Blubrry.

Anda harus masuk ke akun hosting Blubrry dan kemudian klik pada dashboard Podcaster. Selanjutnya, Anda perlu mengklik tautan ‘Upload New Media Files’ di bawah bagian hosting podcast.

Upload File Media ke Blubrry

Selanjutnya Anda diarahkan ke halaman di mana Anda perlu mengklik tombol Upload New Media dan mulai mengupload file podcast Anda.

Selesai mengupload file media podcast, Anda akan dapat menggunakannya di situs WordPress Anda.

Langkah 8. Mengatur Smart Podcast Player

Sebagian besar podcaster menggunakan plugin WordPress untuk menampilkan pemutar podcast di situs web mereka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan podcast langsung dari situs web Anda.

Masalah yang sering terjadi adalah sebagian besar plugin pemutar podcast WordPress kualitasnya buruk bagi pelanggan maupun pendengar Anda.

Patt Flynn, salah satu podcaster terkenal, menyadari masalahnya dan memutuskan untuk menyelesaikannya dengan menciptakan solusi untuk situs webnya. Begitulah cara Smart Podcast Player bekerja.

Smart Podcast Player menambahkan pemutar podcast yang dibuat dengan sempurna yang memungkinkan pengguna untuk memutar, membagikan, dan mengunduh episode podcast dari pemutar itu sendiri.

Smart Podcast Player

Perangkat ini bisa bekerja dengan baik di platform seluler dan perangkat lainnya. Plugin WordPress ini berbayar dan harganya mulai dari $ 8 per bulan. Tetapi dengan harga ini memberikan Anda dukungan premium dan akses ke tutorial dan video.

Pertama, Anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin Smart Podcast Player .

Setelah aktivasi, Anda perlu melakukan pengaturan pada halaman Settings » Smart Podcast Player dan masukkan kunci lisensi (license key) Anda.

Smart Podcast Player Setting

Anda bisa mendapatkan kunci lisensi ini dari akun Anda di situs web Smart Podcast Player. Selanjutnya, Anda perlu mengklik tab ‘Player Defaults’ untuk pengaturan plugin.

Player Defaults

Anda harus memberikan feed URL podcast Anda. Karena Anda menggunakan PowerPress, feed URL podcast Anda akan seperti ini:

http://example.com/feed/podcast/

Jangan lupa ganti example.com dengan nama domain Anda sendiri.

Selanjutnya, perlu memberikan tautan berlangganan ke iTunes Anda. Karena Anda belum mengirimkan podcast ke iTunes, maka Anda harus mengisinya saat podcast Anda tersedia di iTunes.

Setelah itu, masukkan nama acara/event dan nama artis Anda.

Smart Podcast Player hadir dengan opsi desain yang baik dan memungkinkan pengguna untuk mencocokkan podcast player Anda dengan tema WordPress Anda. Di bawah pengaturan player design, Anda dapat memilih tema dan warna pemutar podcast Anda.

spp-design

Jangan lupa klik tombol ‘Save Changes’ untuk menyimpan pengaturan Anda. Sekarang Smart Podcast Player sudah siap, Anda harus disable podcast player pada PowerPress.

Karena Anda menggunakan Smart Podcast Player, Anda tidak perlu PowerPress untuk menambahkan media player ke dalam postingan Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan mengunjungi halaman PowerPress »Settings dan scroll ke bawah ke bagian ‘Blog posts and pages’. Klik pada ‘Disable’ di bawah opsi ‘Display Media & Links’ .

PowerPress Setting

Jangan lupa klik tombol ‘Save Changes’ untuk menyimpan pengaturan Anda. 

Langkah 9. Menambahkan Podcast Pertama Anda di WordPress

Jika pengaturan di atas sudah selesai, Anda siap untuk menambahkan podcast pertama Anda di WordPress. Untuk mempublikasikan podcast pertama, Anda harus masuk ke halaman Posts » Add New.

Sangat disarankan agar Anda membuat kategori terpisah untuk episode podcast Anda. Hal ini untuk menjaga episode podcast terpisah dari konten yang lain. Nantinya Anda dapat mempublikasikan feed podcast Anda dengan mudah.

Selanjutnya, Anda perlu scroll ke bawah ke bagian bawah halaman, dan di sana Anda akan melihat kotak ‘Podcast Episode‘.

Podcast Episode

Pengguna hosting Blubrry perlu mengklik ikon folder dan memilih file yang mereka unggah ke media Blubrry.

Pengguna lain perlu menempelkan URL file media mereka di sini. Klik tombol verifikasi untuk memastikan bahwa Anda telah menempelkan URL dengan benar.

Sekarang Anda perlu scroll kembali ke bagian editor pos. Berikan judul postingan blog yang sesuai dan tambahkan deskripsi episode podcast ini di editor visual.

Anda akan melihat dua tombol di editor visual berlabel SPP dan STP. Tombol-tombol ini ditambahkan oleh plugin Smart Podcast Player.

Berikan judul postingan

Tombol SPP memungkinkan Anda untuk menambahkan Smart Podcast Player yang berisi semua episode podcast. Sehingga pengguna dapat memainkannya satu per satu. Namun, karena Anda membuat posting blog untuk episode podcast tertentu, Anda perlu mengklik tombol STP atau Smart Track Player.

Smart Track Player

Pilih ‘Play a specific episode of your podcast’  dan kemudian berikan URL file Media yang ingin Anda mainkan. Anda bisa mendapatkan URL file media dari kotak meta ‘Podcast Episode’ di mana Anda  menambahkan episode.

Setelah menambahkan URL file media, klik tombol build shortcode.

Anda akan melihat shortcode muncul di area editor pos. Sekarang Anda dapat mempublikasikan dan mempratinjau postingan blog dan Anda melihat episode podcast dapat langsung diputar.

episode podcast pertama

Selamat, situs podcasting WordPress Anda siap tayang.

Langkah 10. Mempratinjau Podcast Anda dengan iTunes

Sekarang Anda telah mengatur situs web podcast menggunakan WordPress, sekarang saatnya untuk mengupload ke iTunes untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Sebelum submit ke iTunes, Anda mungkin ingin memeriksa bagaimana tampilan podcast Anda di iTunes. Untuk melakukan ini, buka iTunes dan buka File » Subscribe to Podcast dan masukkan URL feed Anda. URL feed Anda akan terlihat seperti:

http://www.example.com/feed/podcast

Jangan lupa ganti example.com dengan nama domain Anda sendiri.

Setelah Anda memasukkan URL di iTunes, akan menampilkan feed. Seperti yang Anda lihat pada screenshoot berikut.

URL in iTunes

Jika tampilan sudah sesuai, berarti Anda siap untuk mengirimkan podcast ke iTunes. 

Langkah 11. Mengirimkan Podcast Anda ke iTunes

Untuk submit podcast ke iTunes, Anda harus mengunduh dan menginstal versi terbaru iTunes di komputer Anda. Selanjutnya, buka iTunes dan klik tombol iTunes Store di sudut kanan atas layar.

Sekarang iTunes akan mengakses iTunes Store. Klik menu Podcast, dan kemudian scroll sedikit untuk menemukan bagian Tautan Cepat Podcast. Di sana Anda akan melihat tautan untuk “Submit a podcast”.

Mengirimkan Podcast Anda ke iTunes

Anda memerlukan ID Apple untuk mengirimkan podcast ke direktori iTunes. Jika Anda belum masuk akun Apple, iTunes akan meminta Anda untuk memasukan ID Apple.

Hal pertama yang diperlukan adalah podcast feed URL Anda. Podcast feed URL bentuknya seperti ini:

http://example.com/feed/podcast

Jangan lupa ganti example.com dengan nama domain Anda sendiri. Karena Anda menggunakan PowerPress, feed Anda sudah menyertakan tag yang diperlukan oleh iTunes Store untuk podcast.

Setelah dikirim, feed podcast Anda akan dikirim ke antrean ulasan iTunes. Setelah disetujui oleh staf peninjau iTunes, nantinya akan ditambahkan ke direktori iTunes, dan Anda akan menerima email pemberitahuan.

Cara Menghasilkan Uang lewat Podcast Anda

Dibutuhkan banyak waktu dan komitmen yang kuat untuk membuat podcast Anda berhasil. Agar semuanya berkelanjutan untuk jangka panjang, Anda perlu menemukan cara untuk memonetisasi podcast Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghasilkan uang dari podcast.

  • Sponsor langsung. Jika Anda berpikir bahwa bisnis akan mendapat manfaat dengan mensponsori podcast Anda, jangan ragu untuk mengontak mereka menjadi sponsor. Anda akan terkejut karena cara ini sering berhasil.
  • Gunakan affiliate marketing, untuk merekomendasikan produk dan layanan pihak ketiga kepada audiens Anda.
  • Jual produk dan layanan Anda sendiri dengan menambahkan toko online ke situs web Anda.
  • Program Donasi. Minta pelanggan untuk mendukung podcast Anda dengan donasi. Anda cukup menambahkan formulir pembayaran di situs web Anda di mana pelanggan dapat memberikan sumbangan donasi.
  • Jadikan episode yang lebih lengkap hanya untuk members/berlangganan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk membuat podcast menggunakan WordPress dengan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU