Cara Membuat Bot Telegram

Cara Membuat Bot Telegram – Menurut Wikipedia, Bot adalah aplikasi perangkat lunak yang menjalankan tugas otomatis (skrip) melalui Internet. Dalam istilah lain adalah program yang ditulis untuk meniru perilaku manusia untuk melakukan beberapa tugas. Bot mengambil input dan melakukan tugas sederhana dan berulang, yang jauh lebih cepat daripada manusia.

Ada dua jenis bot:

  • Good Bots: Bot yang bermanfaat bagi organisasi maupun individu seperti ChatBots, bot Media Sosial, dll
  • Bad Bots: Ini adalah bot yang digunakan untuk melakukan aktivitas jahat seperti Scraping dan Spamming.

Cara Membuat Bot Telegram

Membuat Grup Telegram

Jadi langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat grup Telegram. Jika Anda menggunakan desktop, cukup instal Telegram, klik ikon Pena di sudut kiri atas dan pilih New group:

1. Cara Membuat Bot Telegram

Di sini, Anda perlu memilih anggota yang ingin Anda tambahkan (mungkin beberapa teman/rekan kerja Anda), beri nama grup (misalnya “Bot Test”) dan klik  Create:

2. Cara Membuat Bot Telegram

Membuat Bot Telegram

Buka Telegram messenger, masuk ke akun Anda atau buat yang baru.

Langkah 1. Masukkan @Botfather di tab pencarian dan pilih bot ini.

7. Cara Membuat Bot Telegram

BotFather adalah bot yang digunakan untuk membuat bot baru dan mengelola yang sudah ada melalui Telegram. Untuk menghubungi BotFather, Anda dapat mencarinya di bawah nama pengguna @Botfather atau menavigasi ke https://telegram.me/botfather untuk memulai percakapan.

Catatan, bot Telegram resmi memiliki tanda centang biru di samping namanya

Klik “Start” untuk mengaktifkan bot BotFather.

8. Cara Membuat Bot Telegram

Langkah 2. Kemudian masukkan dan kirim perintah “ /newbot.

9. Cara Membuat Bot Telegram

Langkah 3. Pilih nama untuk bot Anda — pelanggan Anda akan melihatnya dalam percakapan. Dan pilih nama pengguna untuk bot — bot dapat ditemukan berdasarkan nama pengguna dalam pencarian. Nama pengguna harus unik dan diakhiri dengan kata “bot”.

10. Cara Membuat Bot Telegram

Setelah Anda memilih nama yang cocok untuk bot Anda — bot akan dibuat. Anda akan menerima pesan dengan tautan ke bot Anda t.me/<bot_username>, rekomendasi untuk mengatur gambar profil, deskripsi, dan daftar perintah untuk mengelola bot baru Anda.

Langkah 4. Salin token ke clipboard Anda dan navigasikan ke bagian “Channel” bot Anda melalui portal Azure lalu klik “Telegram.”

Amankan token ini dan simpan dengan aman. Jika ada yang memegang token ini, mereka dapat sepenuhnya mengendalikan bot Anda.

14. Cara Membuat Bot Telegram
  1. Tempelkan token otorisasi ke dalam kolom “Access Token” lalu “Save”.
  • Bot Anda sekarang berhasil dibuat dan siap berbaur dengan anggota Telegram lainnya.
  • Aktifkan “Inline queries” sehingga pengguna dapat memanggil bot Anda dengan memasukkan nama pengguna dan kuerinya ke dalam obrolan.
  • Lihat manual Bot API untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait Bot.

Fungsi Bot Telegram

Menggunakan bot Telegram dapat bermanfaat:

  • Bot dapat digunakan sebagai asisten virtual untuk memberikan prakiraan cuaca, peringatan, terjemahan, dan layanan admin lainnya.
  • Bot dapat mengirimkan konten yang relevan dengan memberikan berita dan pemberitahuan yang disesuaikan setelah tersedia.
  • Menerima pembayaran untuk barang dan jasa. API pembayaran bot adalah platform gratis tempat penjual dapat menerima pembayaran dari pengguna Telegram.
  • Bot dapat membantu menciptakan hubungan sosial dengan menghubungkan orang-orang yang ingin berbicara berdasarkan minat atau kedekatan.
  • Bot dapat berintegrasi dengan layanan lain seperti bot YouTube.
  • Bot menyediakan game multi-player dan single player, mulai dari simple puzzles hingga strategy games secara real time.

TERKAIT: Cara Menggunakan Secret Chat di Telegram

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here