4 Cara Mematikan iPhone XR

Cara mematikan iPhone XR biasanya dilakukan dengan menekan dan menahan tombol Samping dan tombol Volume naik atau turun, dan setelah slider muncul, seret ke kanan. Kemudian perangkat Anda mati sendiri.

Dalam beberapa kasus, iPhone XR tidak merespons kombinasi tekan tombol Power dan Volume. Oleh karena itu, iPhone XR tidak mati atau restart. Terkadang Slide to Power Off tidak muncul sama sekali, tetapi tombol samping, tombol volume, dan dering berfungsi dengan baik. Ini dikenal sebagai keadaan frozen atau tidak responsif. Berikut cara mematikan iPhone XR karena frozen atau tidak responsif.

Pada dasarnya, memperbaiki iPhone XR yang tidak mau turn off tidaklah sulit, termasuk Restart, Reset, serta Restore. Sebelum melanjutkan, penting untuk menjelaskan apa yang menyebabkan masalah iPhone XR tidak bisa dimatikan. Biasanya ada empat sebab:

  1. Masalah software. Telepon menjadi tidak responsif setelah update iOS.
  2. Beberapa pengguna mengeluh bahwa iPhone XR tidak bisa mati atau membuka aplikasi. Ketika mereka mencoba membuka aplikasi, telepon tidak merespons dengan benar bahkan setelah melakukan soft reset. Telepon hanya bergetar dan tidak muncul slider untuk mematikan. Layar tetap menyala hingga masuk ke sleep mode.
  3. Layar ponsel tidak merespons ketukan, dan slide untuk mematikan menu tidak responsif.
  4. Tombol Home atau salah satu dari tombol Volume naik tidak berfungsi atau rusak.

Cara Mematikan iPhone XR

Selain menekan tombol fisik, berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk mematikan iPhone XR dan mematikan sistem iOS saat tombol daya tidak berfungsi.

Langkah 1. Gunakan fungsi Shut Down di dalam Settings App

Cara ini tidak diperlukan jika layar iPhone XR freeze dan tidak merespons taps & swipes. Buka  Settings > General > Shut Down, lalu seret slider power untuk mematikan telepon.

1. Cara Mematikan iPhone XR

Langkah 2. Gunakan fitur AssistiveTouch

Pertama, aktifkan fitur AssistiveTouch di aplikasi Settings dengan membuka Accessibility > Touch.

2. Cara Mematikan iPhone XR

Kemudian, ketuk AssistiveTouch dan aktifkan fitur tersebut.

3. Cara Mematikan iPhone XR

Setelah diaktifkan, Anda akan melihat tombolnya di layar. Paling sering, AssistiveTouch berfungsi meskipun telepon Anda tidak responsif. Jika Anda belum mengaktifkannya sebelum ponsel macet, kemungkinan Anda tidak dapat mengakses Settings untuk menggunakan Accessibility.

Untuk merestart iPhone XR dengan AssistiveTouch, ketuk Device > More > Restart, dan saat Anda melihat peringatan ‘Are you sure you want to restart your iPhone’, ketuk Restart untuk mengonfirmasi. iPhone XR akan segera mati sendiri dan hidup kembali.

4. Cara Mematikan iPhone XR

Langkah 3. Forced Restart

Jika iPhone XR Anda masih tidak merespons, coba paksa untuk melakukan restart. Restart iPhone XR dapat merefresh memori telepon dan merestart software yang telah kacau, sambil menjaga data dan pengaturan Anda tetap utuh. Ini adalah teknik yang umum digunakan saat ada gangguan pada aplikasi, tetapi Anda tidak harus memaksa iPhone XR untuk mati.

Melakukan forced restart tidak akan memicu slide turn off. Jika Anda melihat slider power, maka Anda melakukan kesalahan dengan kombinasi tombol. Slider power hanya muncul di shutdown standar bukan forced restart.

Demikian pula, pastikan tombol iPhone Anda berfungsi dengan baik, bisa jadi salah satu tombol rusak secara fisik dan ponsel Anda tidak dapat mengenali Anda menahan tombol, yang dapat memberikan ilusi iPhone XR Anda freeze dan tidak mati.

1. Tekan dan lepaskan tombol Volume Naik dengan cepat.

2. Tekan dan lepaskan tombol Volume Turun dengan cepat.

3. Tekan dan tahan tombol Samping, biasanya selama 5 hingga 10 detik, hingga perangkat restart, layar mati lalu hidup kembali. Lepaskan tombol Samping saat Anda melihat logo Apple.

5. Cara Mematikan iPhone XR

Langkah 4. Instal ulang iOS dalam Mode Recovery

Salah satu faktor utama yang mencegah iPhone XR mati adalah masalah software, terutama bug iOS. Anda baru-baru ini dapat mengupdate telepon ke iOS yang lebih baru dan masalah shutdown dapat teratasi. Menempatkan iPhone ke recovery mode dan mengupdate software adalah cara yang cukup efektif.

Prosesnya relatif sederhana, Anda dapat melakukannya dalam beberapa langkah. Hubungkan perangkat Anda ke komputer dengan iTunes atau Finder dan paksa restart saat terhubung, kemudian akan masuk ke recovery mode dan Anda akan diberikan opsi untuk Update atau Restore, pilih Update.

1. Hubungkan iPhone XR ke komputer Anda, baik PC atau Mac.

2. Luncurkan iTunes. Bagi mereka yang menggunakan Mac dengan macOS Catalina 10.15 atau lebih baru, buka Finder.

3. Masukkan ke recovery mode. Ini adalah prosedur penekanan tombol yang identik dengan paksa restart.

  • Tekan dan lepaskan tombol Volume Naik dengan cepat.
  • Tekan dan lepaskan tombol Volume Turun dengan cepat.
  • Tekan dan tahan tombol Samping hingga Anda melihat layar recovery mode. Jangan lepaskan tombol meskipun Anda melihat logo Apple di layar.

6. Cara Mematikan iPhone XR

4. Di iTunes atau Finder, Anda akan melihat dialog dengan opsi Update atau Restore. Klik Update. Jika Update tidak berfungsi, Anda harus memilih Restore, yang akan menghapus perangkat Anda kecuali Anda memiliki backup sebelumnya. Anda akan ditanya apakah akan memulihkan dari cadangan atau mengatur ponsel seperti baru.

7. Cara Mematikan iPhone XR

5. Komputer Anda akan mengunduh iOS versi terbaru ke perangkat Anda. Biasanya membutuhkan waktu lebih dari 15 menit, telepon harus keluar dari recovery mode dan Anda perlu mencoba lagi prosesnya.

6. Semoga iPhone XR menyala. Gunakan seperti biasa dan periksa apakah iPhone XR berfungsi normal untuk membuka aplikasi atau mematikan iPhone XR.

TERKAIT: Cara Mematikan iPhone 12

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here