Jumat, Agustus 14, 2020
Beranda Tekno Aplikasi Cara Melacak HP Android yang Hilang

Cara Melacak HP Android yang Hilang

- Advertisement -

Jika perangkat Android Anda hilang atau dicuri, ada beberapa cara untuk membantu menemukannya. Google menyediakan aplikasi dan situs web bernama Find My Device di mana Anda dapat mencari ponsel Android Anda yang hilang, mengamankannya, dan bisa menghapus semua data. Jika Anda menggunakan perangkat Samsung ada fitur tambahan yang disebut Find My Mobile, yang memungkinkan Anda melacak perangkat Anda yang hilang. Mari kita coba kedua opsi tersebut.

Layanan Google’s Find My Device

Layanan Google Find My Device tersedia dalam aplikasi Android dan halaman web sendiri; keduanya bekerja dan berfungsi dengan cara yang sama. Jika Anda sudah masuk ke akun Google Anda, Anda akan melihat peta dengan perangkat Anda ditampilkan secara otomatis. Di sana, Anda dapat memutar suara untuk melakukan ping perangkat, menguncinya dan menampilkan pesan di layar, atau menghapus semua data pribadi. Halaman web Google ini juga merupakan referensi yang untuk menemukan, mengunci, atau menghapus ponsel Android Anda.

Ping Perangkat Android Anda

- Advertisement -

Ping Perangkat Android Anda

Jika perangkat Anda ada di dekat Anda, Anda dapat mengetuk Play Sound untuk mencoba ping ke ponsel atau tablet. Coba dengar suara tersebut untuk melihat apakah itu mengarahkan Anda ke perangkat Anda. Sekalipun perangkat itu tidak ada di daerah Anda, ping mungkin memberi tahu orang di sekitar ponsel yang bisa menjaganya tetap aman. Setelah selesai, ketuk tombol Stop sound.

Amankan Perangkat Android Anda

Amankan Perangkat Android Anda

Jika Anda tidak dapat menemukan perangkat atau tidak berada di dekat Anda, Anda dapat menguncinya sehingga tidak ada yang dapat mengaksesnya. Anda juga dapat menambahkan pesan dan nomor telepon yang ditujukan kepada siapa saja yang menemukannya sehingga orang tersebut dapat menghubungi Anda. Ketuk Secure device. Ketikkan pesan untuk ditampilkan di layar kunci dan tambahkan nomor telepon. Ketuk Secure Device untuk menyelesaikan dan mengunci ponsel. Telepon yang hilang dikunci dengan menampilkan pesan dan nomor telepon Anda.

Menghapus Perangkat Android Anda

Menghapus Perangkat Android Anda

Jika perangkat dicuri dan belum ditemukan, Anda dapat menghapusnya sebagai pilihan terakhir. Ketuk Erase Device, lalu ketuk lagi untuk menyelesaikannya. Pastikan Anda membaca informasi secara lengkap ketika ponsel Android Anda dihapus karena tidak mungkin untuk ditemukan kembali, fitur ini hanya untuk mengamankan data pribadi Anda agar tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Anda mungkin ditanya apakah Anda ingin meninjau Akun Google Anda. Ketuk tautan Security Checkup dan lakukan langkah-langkah keamanan. Jika Anda berubah pikiran untuk menghapus perangkat Anda, ketuk Dismiss.

Gunakan fitur Samsung “Find My Mobile” 

Gunakan fitur Samsung "Find My Mobile" 

- Advertisement -

Jika Anda memiliki ponsel Samsung, Anda juga dapat melacak perangkat yang hilang melalui fitur khusus yang disebut Find My Mobile. Untuk menggunakan fitur ini pada perangkat Samsung Anda, buka Settings. Ketuk pengaturan Biometrics and security, lalu pilih pengaturan untuk Find My Mobile. Pada layar Find My Mobile, catat https://findmymobile.samsung.com/ yang akan Anda gunakan untuk melacak perangkat Samsung yang hilang. Pastikan akun Samsung Anda sudah terdaftar.

Aktifkan opsi Remote controls agar dapat mengontrol ponsel Anda dengan akun Samsung Anda melalui situs web. Aktifkan opsi layanan lokasi Google untuk memberikan informasi yang lebih akurat tentang lokasi ponsel Anda. Anda juga dapat mengaktifkan pengaturan lanjutan seperti Buka kunci jauh (Remote unlock) dan Kirim lokasi terakhir (Send last location).

Temukan Perangkat Samsung Anda

Temukan Perangkat Samsung Anda

Jika perangkat Anda hilang, aktifkan situs web Find My Mobile di browser Anda dan masuk menggunakan akun Samsung Anda. Situs seharusnya menampilkan lokasi ponsel Samsung Anda di peta. Di sini, Anda juga akan menemukan sejumlah fungsi kontrol untuk membantu Anda menemukan ponsel yang hilang.

Ping Perangkat Samsung Anda

Ping Perangkat Samsung Anda

Untuk melakukan ping ke perangkat Anda, klik ikon Dering. Di jendela Dering telepon saya, klik tombol Dering. Telepon Anda akan mulai berdering sehingga membantu Anda atau orang lain untuk menemukannya.

Kunci Perangkat Samsung Anda

Kunci Perangkat Samsung Anda

Untuk mengunci ponsel Anda, klik ikon Kunci (Lock). Jendela Lock my phone menampilkan bagaimana telepon Anda akan dilindungi. Klik Next. Buat PIN untuk dapat membuka kunci perangkat Anda. Masukkan nomor telepon, kontak Anda untuk dihubungi. Ketik pesan yang akan ditampilkan pada layar Kunci, lalu klik Kunci. Ponsel Anda sekarang telah terkunci dan sudah diamankan.

Lacak Perangkat Samsung Anda

Lacak Perangkat Samsung Anda

Jika Anda merasa ponsel Anda sedang dipindahkan ke lokasi yang berbeda, Anda dapat melacaknya. Klik ikon Track location. Jendela Track my phone menunjukkan lokasi saat ini, yang akan diperbarui setiap 15 menit.

Hapus Data pada Perangkat Samsung Anda

Hapus Data pada Perangkat Samsung Anda

Jika Anda khawatir tentang seseorang yang tidak bertanggung jawab mengakses ponsel Anda, Anda dapat menghapusnya. Klik ikon Erase data. Pada jendela Erase phone data  menjelaskan bahwa perangkat Anda akan disetting ulang ke data pabrik. Klik tombol Erase untuk melanjutkan.

Cadangkan (Back up) Data Perangkat Samsung Anda

Cadangkan (Back up) Data Perangkat Samsung Anda

Jika Anda berencana untuk menghapus telepon Anda atau khawatir Anda mungkin tidak menemukannya, Anda dapat mencadangkan data pada ponsel Anda dengan fitur Back up. Klik ikon Back up. Klik tautan situs web https://findmymobile.samsung.com/ untuk melakukan back up. Anda akan menerima beberapa kode cadangan yang dapat Anda gunakan untuk masuk walaupun ponsel Anda hilang atau dicuri. Anda kemudian dapat mencoba kembali opsi back up untuk mencadangkan perangkat Anda.

Ambil Pesan Dari Perangkat Samsung Anda

Ambil Pesan Dari Perangkat Samsung Anda

Jika Anda ingin melihat pesan terbaru, klik ikon Retrieve calls/messages. Klik tombol Retrieve untuk mengaksesnya.

Buka Kunci Perangkat Samsung Anda

Buka Kunci Perangkat Samsung Anda

Jika Anda lupa PIN untuk membuka kunci ponsel, Anda dapat membukanya dari situs web dengan mengetuk tombol Unlock.

Perpanjang Daya Baterai di Perangkat Samsung Anda

Perpanjang Daya Baterai di Perangkat Samsung Anda

Jika ponsel cerdas Anda yang hilang masih menyala, mungkin Anda ingin memperpanjang usia baterai agar tetap aktif. Klik ikon Extend battery dan kemudian klik tombol Extend.

Wali Untuk Perangkat Samsung Anda

Wali Untuk Perangkat Samsung Anda

Anda juga dapat menunjuk orang untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu pada telepon Anda lewat situs web Find My Mobile, seperti menemukan perangkat Anda, membunyikannya, dan mengaktifkan mode darurat. Satu-satunya batasan adalah siapa pun yang Anda tunjuk harus memiliki ID akun Samsung. 

Lakukan cara ini dengan mengklik ikon Set Guardians, lalu klik Agree. Di layar berikutnya, klik Add new guardian. Masukkan ID Samsung orang tersebut dan klik Verifikasi. Pilih durasi untuk perwalian dan kemudian klik Set.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU