Cara Masuk ke BIOS Windows 10

Artikel berikut ini akan menjelaskan bagaimana cara masuk ke BIOS Windows 10. Memasuki BIOS (Basic Input/Output System) diperlukan untuk mengubah tanggal dan waktu sistem, pengaturan hardware, atau urutan boot.

Anda dapat masuk ke BIOS dengan menekan tombol pada hotkey tertentu saat sistem sedang boot. Karena interval waktunya pendek jadi bersiaplah menekan tombol kanan pada waktu yang tepat setelah bunyi bip POST.

Komputer yang lebih baru dengan UEFI BIOS menawarkan cara yang lebih mudah untuk masuk ke BIOS (atau Setup seperti yang sering disebut) dengan mem-boot ke Windows 10 terlebih dahulu.

Saat yang tepat untuk menekan hotkey BIOS adalah setelah komputer dinyalakan dan Windows melakukan inisialisasi. Komputer lama pada BIOS lama memberikan waktu (meskipun tidak banyak) untuk menekan tombol. Jika logo brand hilang sebelum penekanan tombol Anda harus me-restart PC lagi untuk masuk ke BIOS.

TIPS: Carilah pesan yang mengatakan “Press to Enter Setup.” Di sini, Key_Name dapat berupa DEL, ESC, F2, F10, atau kunci lainnya yang didukung oleh pabrikan.

Cara Masuk ke BIOS Windows 10

  1. Tekan tombol Power untuk menyalakan komputer Anda.
  2. Tekan hotkey BIOS (misalnya, F2, F10, Esc, atau DEL) segera setelah layar membuka/memunculkan logo brand.
  3. Ketuk hotkey berulang kali hingga Anda memasuki mode pengaturan. Sebagai alternatif, pertahankan jari Anda pada tombol bahkan sebelum menyalakan komputer dan tekan hingga BIOS muncul.

Kunci yang tepat atau kombinasi tombol tergantung pada merek komputer. Lihat manual komputer untuk kunci yang tepat jika tidak ada di layar boot. Berikut beberapa kunci yang bisa Anda coba pada berbagai brand laptop/PC.

  Brand   BIOS Key
 HP  F9 or Esc
 Dell  F12
 Acer  F12
 Lenovo  F12
 Asus  Esc
 Samsung  F12
 Sony  Esc
Microsoft Surface Pro Volume Down Button

 

Cara Boot Ke UEFI BIOS Windows 10

Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) adalah penerus BIOS yang lebih tua. Firmware adalah bagian dari komputer modern yang menyediakan waktu booting lebih cepat. Secara fungsional lebih canggih dan lebih kaya secara visual daripada BIOS lama. Selain itu juga mendukung keyboard dan mouse.

Kecepatan boot yang lebih cepat adalah fitur unik dari pengaturan firmware UEFI, sehingga Anda merasa lebih mudah untuk masuk ke BIOS dari dalam Windows 10 tanpa melalui startup.

  1. Pilih Setting dari Start Menu (atau tekan Windows + I ).

1. Cara Masuk ke BIOS Windows 10

2. Pergi ke Update & Security. Pilih Recovery.

2. Cara Masuk ke BIOS Windows 10

3. Lanjut ke Advanced startup. Pilih Restart now dan biarkan komputer reboot.

3. Cara Masuk ke BIOS Windows 10

4. Komputer restart untuk menampilkan opsi boot. Pilih Troubleshoot

4. Cara Masuk ke BIOS Windows 10 scaled

5. Pilih Advanced options

5. Cara Masuk ke BIOS Windows 10 scaled

6. Pilih UEFI Firmware Settings.

6. Cara Masuk ke BIOS Windows 10 scaled

7. Pilih Restart untuk membuka UEFI BIOS.

7. Cara Masuk ke BIOS Windows 10 scaled

TERKAIT: Cara Membuka Task Manager Windows 10

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here