Cara Klik Kanan di Mac dan MacBook

Cara Klik Kanan di Mac – Apakah Anda melihat mouse pada  Mac dan bertanya-tanya bagaimana cara melakukan klik kanan? Magic Mouse yang disertakan di Mac mungkin tidak memiliki banyak tombol. Namun, ini memiliki permukaan yang peka terhadap sentuhan yang memungkinkan Anda untuk menentukan cara membuat klik utama dan sekunder (klik kanan) dan perintah gerakan. Hal yang sama berlaku untuk trackpads di MacBook, MacBook Pro, dan MacBook Air.

Cara Klik Kanan di Mac dan MacBook

Gunakan metode berikut ini untuk mengubah klik utama pada mouse atau trackpad menjadi klik kedua atau kanan. Trik ini berfungsi pada perangkat penunjuk apa pun, termasuk mouse dan trackpads.

Cara Klik Kanan di Mac Menggunakan Mouse

Anda dapat mengatur mouse untuk menampilkan fungsi klik kanan yaitu sebagai berikut

  1. Buka System Preferences dengan memilih ikon System Preferences di Dock atau dengan memilih System Preferences dari menu Apple.

Cara Klik Kanan di Mac dan MacBook

2. Pilih panel preferensi Mouse

2. Cara Klik Kanan di Mac dan MacBook scaled

3. Panel preferensi Mouse memiliki interface yang berbeda bergantung pada jenis mouse yang digunakan.

  • Jika Anda menggunakan Apple Magic Mouse, pilih tab Point & Click, lalu centang kotak Secondary click. Di bawah teks Secondary click adalah panah bawah. Pilih panah bawah dan pilih sisi mana dari Magic Mouse yang akan digunakan untuk klik Sekunder.
  • Mouse pihak ketiga sering kali dilengkapi dengan satu set driver mouse yang menggantikan driver mouse bawaan Mac. Anda tidak harus menggunakan driver pihak ketiga, meskipun terkadang memiliki kemampuan tambahan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan driver pihak ketiga, ikuti petunjuk untuk menginstal dan mengkonfigurasi mouse.

3. Cara Klik Kanan di Mac dan MacBook

Cara Klik Kanan di MacBook Menggunakan Trackpad

Anda juga dapat mengatur klik kanan dengan Trackpad. Begini caranya

  1. Buka System Preferences dengan memilih ikon System Preferences di Dock atau dengan memilih System Preferences dari menu Apple

4. Cara Klik Kanan di Mac dan MacBook scaled

2. Pilih Trackpad

5. Cara Klik Kanan di Mac dan MacBook scaled

3. Pilih tab Point & Click di jendela Trackpad, lalu pilih kotak centang Secondary click

6. Cara Klik Kanan di Mac dan MacBook

4. Di bawah teks klik sekunder adalah panah bawah. Pilih panah bawah dan pilih salah satu opsi:

  • Click with two fingers
  • Click in bottom right corner
  • Click in bottom left corner

7. Cara Klik Kanan di Mac dan MacBook

TERKAIT: Cara Klik Kiri di MacBook 

Cara Menggunakan Klik Kanan

Setelah Anda memiliki fungsi klik kanan, Anda dapat memunculkan menu sensitif konteks dengan menempatkan kursor di atas item, seperti folder di Finder. Klik kanan dengan menekan sisi mouse yang Anda tetapkan sebagai klik sekunder. Setelah menu muncul, lepaskan mouse, tombol, atau sisi mouse. Anda dapat memilih item menu dengan mengklik sisi utama atau tombol mouse.

Jika Anda menggunakan Magic Mouse, cara kerjanya sama, meskipun tidak ada tombol yang terlihat. Cukup tekan sisi Magic Mouse yang Anda tetapkan sebagai sisi sekunder. Untuk hasil terbaik, tekan di dekat sudut atas sisi yang Anda pilih.

Untuk Trackpad bekerja mirip dengan mouse, meskipun mendukung penggunaan ketukan dua jari sebagai fungsi klik kanan. Untuk menggunakan ketukan dua jari, gunakan dua jari untuk mengeklik bawah pada trackpad dan pertahankan jari pada trackpad hingga menu muncul.

TERKAIT: Cara Menambahkan Launchpad ke dalam Dock di Mac

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here