Cara Kerja dan Penghasilan Website Administrator

Kalian sudah pasti telah mengunjungi berbagai website. Dari media sosial hingga website berisikan ilmu pengetahuan. Tapi tahukah kamu? Bahwa untuk membuat sebuah website diperlukan banyak sekali orang dengan keahlian masing-masing. Dari seorang desainer website, pengisi konten, atau website administrator.

Dari semua pekerjaan tersebut, kamu bisa memilih untuk menjadi website administrator? Website administrator adalah orang yang bertanggung jawab atas keberlangsungan sebuah website. Dia yang bekerja di belakang layar menjaga kestabilan dan melakukan penanganan jika terjadi kerusakan terhadap web mereka. Menarik, bukan?

Bagaimana Memulai Menjadi Website Administrator

1. Belajar Seluk-beluk Internet

Sebagai orang yang full bekerja di dunia internet, khususnya website administrator. Kamu tidak boleh hanya tahu sekadar membuka Facebook, Twitter, atau Google. Kamu harus mempunyai skill lebih, seperti mengetahui apa itu Proxy, Firewall, dll.

2. Belajar Dasar Pemrograman

Selain mempelajari seluk-beluk internet, kamu harus tahu dasar-dasar pemrograman. Karena kamu juga akan bersinggungan dengan wilayah ini. Dasar-dasar pemrograman ini, seperti Java, PHP, HTML, XML, CSS, dll.

3. Belajar Isi Sebuah Web

Cobalah kamu membuat sebuah Web. Lalu kamu nanti akan melihat isi-isi dari sebuah web. Pelajari satu demi satu isinya.

4. Ambillah Studi Pemrograman

Jika kamu belum pernah melakukan pekerjaan ini, ambillah studi pemrograman. Tidak usah sampai kuliah, kamu tinggal mengikuti kursus-kursus. Banyak lembaga saat ini yang membuka kursus untuk mengenal dan mahir dalam bidang ini.

5. Dukunglah Dengan Fasilitas yang Memadai

Pekerjaan ini berhubungan dengan komputer dan internet. Kamu tidak harus memiliki komputer tercanggih dan internet super cepat. Tapi setidaknya jangan memiliki komputer/notebook yang sudah tua. Kalau internet, pakailah yang paling sedikit kemungkinan untuk terganggu. Menjadi seorang website administrator akan sering menjumpai keluhan customers. Terutama jika website dia sering kali tidak berjalan dengan baik. Tetapi itulah letak “seru”nya menjadi seorang website administrator.

Selain kamu harus memilih 5 persiapan kamu juga harus mengetahui, persaingan mendapatkan pekerjaan menjadi website administrator sangat ketat. Apalagi kamu harus bersaing dengan mereka yang sudah memiliki pengalaman. Tentunya ada berbagai cara agar kamu bisa menjadi seorang website administrator.

Tips Kerja Website Administrator

1. Bergabunglah ke Forum IT

Ada banyak sekali di internet orang-orang membuat forum ini. Di sana mereka tidak hanya berbagi sekadar informasi pekerjaan. Tetapi juga berbagi tips-tips menghadapi berbagai permasalahan. Contoh forum IT adalah www.diskusiweb.com atau www.forum.idca.or.id.

2. Buatlah CV Dalam Bentuk Web

Sebagai seorang website administrator, kamu tidak boleh lagi menggunakan CV dalam bentuk biasa. Sekarang sudah banyak model CV website. Selain menunjukkan skill kamu dalam mengolah web, kamu juga bisa pamer CV kamu dengan lebih keren. Contoh web ini adalah www.branded.me atau www.garylemasson.com.

3. Bergabunglah Dengan Forum Freelance

Menjadi website administrator tidak harus terikat. Kamu bisa saja menangani banyak web dalam satu waktu. Website seperti www.ruangfreelance.com menyediakan banyak sekali lowongan. Tetapi jangan sampai ketika kamu kebanjiran pekerjaan jadi tidak fokus.

4. Bekerja dengan Cepat dan Efisien

Klien kamu pasti menginginkan web mereka tidak memiliki masalah sekalipun. Dengan bekerja secara efisien, dengan mampu menangkal masalah yang akan datang akan menjadi nilai lebih bagi kamu. Apalagi jika kamu mampu menyelesaikan dengan cepat masalah yang hadir di sebuah web.

Bagaimana Pendapatan Website Administrator

Setelah kamu mengetahui tips bekerja, pasti kamu akan bertanya tentang kesempatan dan potensi bekerja sebagai website administrator. Tentunya itu adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Jawabannya, pekerjaan ini sangat menjanjikan.

Kalau kita membuka www.jobstreet.com atau www.jobsdb.com banyak sekali lowongan untuk website administrator. Kenapa? Karena banyak perusahaan di Indonesia yang belum memilik website yang bagus. Apalagi dengan bisnis-bisnis kecil yang memerlukan website. Ini adalah lahan yang sangat basah.

Menurut artikel di teknojurnal.com, pekerjaan menjadi seorang website administrator dalam sebulan sekitar 5 juta – 9 juta. Sedang­kan kalau mengikuti standar gaji Amerika mencapai sekitar $29.000.

Tanggung Jawab Website Administrator

  1. Update produk, konten, dan informasi di website.
  2. Memasang banner dan ilustrasi di website.
  3. Mengatur regulasi sebuah website seperti tata cara membayar atau mengisi kolom komentar.
  4. Melakukan investigasi terhadap keadaan website.
  5. Melakukan improvisasi website.
  6. Mengetes secara berkala fungsi-fungsi yang ada di website tersebut.
  7. Melakukan evaluasi dan membuat laporan evaluasi yang bermanfaat agar website tersebut berkembang.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan