Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Artikel berikut ini akan menjelaskan cara instal Windows 10 dengan flashdisk atau USB. Anda memerlukan drive USB (setidaknya berukuran 8 GB) untuk menampung semua media penginstalan.

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Langkah pertama untuk menginstal Windows 10 dari flashdisk adalah membuat installer  Windows 10 di flashdisk. Anda memerlukan drive USB berukuran minimal 8 GB.

Sebelum melakukan penginstalan atau instal ulang Windows, jika Anda memiliki data pada flashdisk yang Anda ingin simpan, Anda harus mencadangkannya ke drive eksternal atau layanan penyimpanan cloud.

  1. Buka browser pilihan Anda dan buka situs download Microsoft Windows 10.
  2. Di bawah judul Create Windows 10 installation media, pilih Download tool now 

1. Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

3. Saat MediaCreationTool20H2.exe sedang didownload, colokkan drive USB dan pastikan drive tersebut memiliki cukup ruang untuk instalasi (8GB). Yang terbaik adalah menghapus semua yang ada di dalamnya atau memformat ulang flashdisk.

4. Jalankan MediaCreationTool20H2.exe. Izinkan persetujuan administratif saat diminta.

2. Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

5. Baca persyaratan lisensi Microsoft dan jika Anda setuju, pilih Accept

3. Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

6. Akan ada waktu tunggu sebentar saat tools sedang Getting things ready, tetapi setelah selesai, pilih sakelar di sebelah Create installation media (USB flash drive, DVD or ISO file) for another PC. Kemudian pilih Next

4. Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

7. Lihat opsi bahasa, edisi, dan arsitektur. Biasanya Anda dapat membiarkan opsi Use the recommended options for this PC dicentang, tetapi hapus centang jika Anda ingin menyesuaikan instalasi. Kemudian pilih Next.

5. Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

8. Pilih USB flash drive, lalu pilih Next

6. Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

9. Pilih drive USB yang ingin Anda gunakan untuk penginstal Windows, lalu pilih Next

7. Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Tunggu Windows 10 untuk mengunduh dan menginstal ke USB. Tergantung pada koneksi internet Anda dan kecepatan flashdisk/USB, ini dapat berlangsung beberapa menit hingga satu jam; setelah selesai, pilih Finish.

Sekarang setelah flashdisk Anda siap untuk menginstal Windows 10, proses untuk menginstal Windows 10 relatif mudah.

Periksa kembali apakah semua data penting yang Anda simpan di drive tempat Anda ingin menginstal Windows telah dicadangkan dan aman. Jika sudah yakin, pastikan drive USB dicolokkan ke PC dan mulai ulang atau hidupkan sistem. 

Cara Boot Dari Perangkat USB

Ikuti langkah-langkah ini untuk memboot dari flash drive, hard drive eksternal, atau perangkat USB lain.

  1. Ubah urutan boot BIOS sehingga opsi perangkat USB terdaftar terlebih dahulu. BIOS jarang diatur dengan cara ini secara default.

8. Cara Boot Dari Perangkat USB

Jika opsi boot USB bukan yang pertama dalam urutan boot, PC Anda akan mulai “normal” (yaitu, boot dari hard drive Anda) bahkan tanpa melihat informasi boot apa pun yang mungkin ada di perangkat USB Anda.

2. Pasang perangkat USB ke komputer Anda melalui port USB yang tersedia.

9. Cara Boot Dari Perangkat USB

3. Restart komputer Anda. Karena Anda sebenarnya tidak berada di dalam sistem operasi saat ini, restart tidak sama dengan menggunakan tombol restart normal. Sebaliknya, BIOS harus menjelaskan tombol mana yang harus ditekan—seperti F10— untuk menyimpan perubahan urutan boot dan merestart komputer.

4. Perhatikan pesan Press any key to boot from external device.

10. Cara Boot Dari Perangkat USB

Anda mungkin diminta untuk menekan tombol pada beberapa perangkat yang dapat di-boot sebelum komputer melakukan booting dari flashdisk atau perangkat USB lain.

Jika ini terjadi, dan Anda tidak melakukan apa-apa, komputer Anda akan memeriksa informasi boot pada perangkat boot berikutnya dalam daftar di BIOS.

5. Komputer Anda sekarang harus boot dari flash drive atau hard drive eksternal berbasis USB. Setelah Anda melihat installer Windows muncul, Anda sudah bisa melakukan instalasi Windows 10.

11. Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

TERKAIT: Cara Install Ulang Windows 10

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here