Cara Factory Reset Samsung S7

Artikel ini menjelaskan cara factory reset Samsung S7, S7 Edge, dan S7 Active, untuk menghapus semua pengaturan, aplikasi, dan data.

Salah satu cara untuk memperbaiki smartphone yang lambat, terutama yang sudah berumur beberapa tahun seperti Samsung Galaxy S7, adalah dengan melakukan factory reset. Ini adalah metode menghapus data pengguna dan aplikasi untuk membersihkan smartphone sehingga software terasa seperti ponsek baru.

Meskipun prosesnya mudah, kadang membutuhkan beberapa pengetahuan teknis. Selain itu, ada beberapa cara factory reset Samsung S7. Anda dapat menggunakan pengaturan sistem atau mode Android Recovery.

Factory reset akan menghapus semua data, termasuk foto, video, game yang disimpan, pengaturan aplikasi, dan banyak lagi. Pastikan untuk membackup semua file dan data penting sebelum melakukan factory reset.

Opsional: Hapus Akun Anda

Jika Anda akan menjual atau menukar smartphone Android, Anda harus menghapus akun Anda terlebih dahulu, terutama akun Google. Android menyertakan fitur keamanan unik yang disebut Factory Reset Protection (FRP) yang dirancang untuk mencegah pencuri menghapus perangkat tanpa persetujuan Anda.

Bahkan setelah factory reset, smartphone akan meminta password akun asli. Jika Anda mengatur ulang telepon (reset) tanpa menghapus akun yang disimpan, Anda akan melihat pesan berikut saat reboot:

“The device was reset. Sign in with a Google Account that was previously synced on this device.”

Untuk mencegah FRP dan menghapus akun Anda, lakukan hal berikut:

  1. Buka Settings > Lock Screen and Security dan hapus semua pengaturan keamanan, termasuk password, pola, pin, dan biometrik.

1. Cara Factory Reset Samsung S7

2. Buka Settings > Accounts > Accounts dan ketuk akun dalam daftar. Kemudian pilih Remove Account. Anda harus melakukan ini untuk setiap akun utama di perangkat Anda!

2. Cara Factory Reset Samsung S7

Cara Factory Reset Samsung S7

Cara Factory Reset Samsung S7 Melalui Pengaturan

Cara termudah untuk mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik adalah dengan menggunakan menu Pengaturan.

  1. Buka Settings > General Management > Reset, lalu pilih Factory Data Reset.

3. Cara Factory Reset Samsung S7

2. Scroll ke bawah dan tinjau konten yang akan dihapus. Di sini, Anda akan melihat akun yang masih Anda Signed. Ketuk Resetdi bagian bawah untuk memulai penghapusan. Jika Anda memiliki pin atau pola keamanan, Anda akan diminta memasukkannya.

4. Cara Factory Reset Samsung S7

3. Smartphone akan reboot dan mengembalikan software dan semua pengaturan ke pabrik. Jika sudah siap, Anda harus mengatur semuanya lagi, seperti yang Anda lakukan saat pertama kali menggunakannya.

Cara Factory Reset Samsung S7 Melalui Recovery Mode

Jika Galaxy S7 Anda tidak bisa boot dengan benar atau macet terus menerus (terus restart berulang kali), Anda harus menggunakan mode pemulihan sistem untuk mengatur ulang perangkat. Untuk mengaktifkan recovery mode, Anda perlu menekan beberapa tombol sekaligus. Berikut caranya:

  1. Pastikan Galaxy S7 Anda dimatikan. Kemudian, tekan PowerHome, dan Volume Naik secara
  2. Lanjutkan menahan ketiga tombol hingga Anda melihat Recovery Booting ditampilkan di bagian atas layar. Anda dapat melepaskannya setelah pesan muncul. Tunggu beberapa saat hingga muncul Recovery Mode.
  3. Anda akan melihat opsi teks. Anda dapat menggulir ke bawah dengan Volume Turundan naik dengan Volume Naik. Menekan Power akan membuat pilihan.

Gunakan Volume Turun untuk menggulir (bawah) hingga Wipe Data/Factory Reset highlight dengan warna biru, lalu tekan Power.

  1. Telepon akan meminta Anda untuk mengonfirmasi, jadi tekan Volume Turununtuk menghighlight Yes dengan warna biru dan gunakan Power untuk mengonfirmasi.
  2. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat pesan status. Ketika Anda melihat Data Wipe Complete, proses telah selesai. Gunakan Power untuk memilih Reboot System Now dan restart perangkat .
  3. Samsung Galaxy S7 sekarang akan dibersihkan dan dikembalikan ke pengaturan pabrik.

Kesimpulan

  • Buka Settings > General Management > Reset > Factory Reset.
  • Recovery Mode: Dengan telepon mati, tekan PowerVolume Naik, dan Home. Kemudian Volume Turun > Wipe Data / Factory reset Power.
  • Setel ulang Samsung Galaxy S7 memulai Anda dari awal, tetapi itu juga berarti Anda kehilangan semua data, jadi pastikan untuk mencadangkan file penting.

TERKAIT: 2 Cara Clear Cache Samsung S10

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here