Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Cara Convert PDF ke JPG – Untuk mengonversi halaman PDF ke JPG di Windows 10, Anda dapat menggunakan tools konversi online milik Adobe atau mengambil screenshot dari setiap halaman PDF dan menyimpannya dalam format JPG. 

Cara Convert PDF ke JPG Menggunakan Adobe.com

Adobe menawarkan tool online yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi file PDF ke JPG. Gunakan metode ini jika Anda ingin mengubah semua halaman PDF Anda menjadi file JPG.

Pertama, buka browser web di PC Anda. Kemudian, masuk halaman web konversi PDF to JPG online Adobe.

Di halaman web, di tengah, klik opsi “Select a File“.

Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Jendela File Explorer akan terbuka. Di sini, navigasikan ke folder tempat file PDF Anda berada. Klik dua kali file untuk mengunggahnya ke alat Adobe untuk konversi.

2. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Di situs Adobe, di bagian “Convert PDF to JPG“, klik menu tarik-turun “Convert To” dan pilih “JPG.” Kemudian, di bagian bawah bagian ini, klik “Convert to JPG.” Adobe akan mulai mengonversi file Anda.

3. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Saat file Anda dikonversi di situs Adobe, Anda akan melihat bagian “Your File is Ready“. Di bagian ini, klik opsi “Download” untuk mendownload arsip ZIP dari file yang dikonversi. Simpan file ZIP ini ke folder di PC.

4. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Di PC Anda, buka jendela File Explorer dan akses folder tempat Anda menyimpan arsip ZIP.

5. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Klik kanan arsip ZIP dan pada menu pilih Open With > Windows Explorer.

6. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Di folder yang terbuka, Anda akan melihat foto JPG untuk setiap halaman file PDF Anda.

7. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Selesai, secara otomatis Anda telah mengubah halaman PDF menjadi gambar dalam format JPG!

Cara Convert PDF ke JPG Menggunakan Screenshot

Jika Anda tidak ingin menggunakan cara online untuk konversi PDF ke JPG, opsi lainnya adalah dengan cara manual mengambil screenshot dari setiap halaman PDF. Kemudian Anda dapat menyimpan screenshot ini dalam format JPG.

Anda dapat menggunakan metode ini jika file PDF memiliki sedikit halaman. Karena mengambil screenshot setiap halaman adalah pekerjaan yang membosankan. Untuk halaman PDF yang lebih banyak gunakan metode otomatis di atas.

Untuk melanjutkan dengan metode manual ini, pertama, buka File Explorer dan temukan file PDF Anda.

8. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Klik kanan file PDF Anda dan pilih Open With > Microsoft Edge. Ini akan membuka PDF Anda di browser Edge, yang memiliki PDF reader bawaan.

9. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Saat PDF terbuka di Microsoft Edge, dari toolbar di bagian atas, klik opsi “Fit to Page“. Opsi ini adalah ikon persegi dengan panah di setiap sudut.

10. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Jendela Edge sekarang menampilkan satu halaman penuh file PDF Anda.

11. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Sekarang Anda akan menggunakan tool Snip & Sketch bawaan Windows 10 untuk mengambil screenshot halaman PDF. Pertama, buka menu “Start“, cari “Snip & Sketch“, dan klik di hasil pencarian.

12. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Pada jendela Snip & Sketch yang terbuka, dari sudut kiri atas, pilih “New.”

13. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Layar komputer Anda akan berbayang, yang menunjukkan Snip & Sketch telah diaktifkan. Sekarang, pada atas layar Anda, klik opsi “Rectangular Snip” (ikon pertama).

14. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Gunakan mouse atau trackpad untuk memilih area halaman PDF pada layar Anda. Ini adalah area tempat Snip & Sketch untuk mengambil screenshot.

Saat mengambil screenshot, Anda akan melihatnya di jendela Snip & Sketch. Jika screenshot sudah sesuai dengan keinginan Anda, simpan dengan mengeklik opsi “Save As” di toolbar di bagian atas jendela Snip & Sketch.

15. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Jendela “Save As” akan terbuka. Di sini, Anda akan menyimpan versi JPG dari halaman pertama file PDF Anda. Di jendela ini, pilih folder untuk menyimpan file Anda. Klik bidang “File Name” dan ketik nama file Anda. Klik menu drop-down “Save as Type” dan pilih “JPG.” Kemudian, di bagian bawah jendela ini, klik “Save” untuk menyimpan file JPG.

16. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Selesai, begitulah cara mengonversi PDF ke JPG secara manual. File JPG yang dihasilkan sekarang tersedia di folder penyimapanan yang Anda tentukan.

17. Cara Convert PDF ke JPG di Windows 10

Ulangi proses ini untuk setiap halaman file PDF untuk mendapatkan versi JPG. 

TERKAIT: Cara Konversi JPG ke PDF di Windows 10

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here