2 Cara Clear Cache Samsung S10

Artikel ini membahas cara clear cache Samsung S10 Anda, dengan dua jenis cache disertai petunjuk step by step untuk menghapus keduanya.

Cara Clear Cache Samsung S10

Jika smartphone Anda berjalan lamban atau Anda tampaknya kehabisan ruang untuk menyimpan foto dan file lainnya, ada baiknya mengetahui cara clear cache Samsung S10 Anda. Model smartphone Samsung ini memiliki pengaturan unik yang terkait dengan cache dan beberapa area di mana Anda harus menghapus cache untuk menciptakan lebih banyak ruang.

Saat membersihkan cache pada Samsung S10, ada dua area yang perlu Anda perhatikan: cache aplikasi dan cache sistem.

  • Cache aplikasi: Cache ini menyimpan file sementara yang digunakan oleh aplikasi di Samsung S10 Anda. Seiring waktu, cache aplikasi dapat mengisi dan menggunakan ruang yang tidak perlu. Setelah beberapa saat, dapat menyebabkan aplikasi (atau ponsel Anda) melambat atau macet. Menghapus cache aplikasi Samsung 10 dapat menyelesaikan banyak masalah aplikasi.
  • Cache sistem: Menghapus cache sistem Samsung S10 Anda biasanya meningkatkan kinerja keseluruhan smartphone Anda secara dramatis. Ini dilakukan dengan menghapus semua file sementara yang digunakan oleh sistem operasi Android. Ini juga aman dilakukan karena tidak akan menghapus file atau pengaturan Anda.

Menghapus cache aplikasi itu sederhana. Menghapus cache sistem mengharuskan Anda mem-boot Samsung S10 ke mode recovery.

TERKAIT: Cara Menghapus Cache di HP Samsung

Cara Clear Cache Aplikasi

Anda dengan mudah dapat menghapus cache aplikasi apa pun yang diinstal pada Samsung S10 Anda dari menu Pengaturan.

  • Buka menu Pengaturan Samsung Anda dengan menggeser jari ke bawah dari atas layar Anda dan kemudian ketuk Settings (ikon roda gigi) di sudut kanan atas layar.
  • Scroll ke bawah menu dan ketuk Apps
  • Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya dan pilih dengan mengetuk nama aplikasi.

Cara Clear Cache Samsung S10

  • Di layar berikutnya, Anda akan melihat semua informasi tentang aplikasi itu, termasuk berapa banyak data seluler yang digunakan, penggunaan baterai, dan banyak lagi. Pilih Storage untuk melihat detail cache aplikasi itu.
  • Pada menu Storage, Anda akan melihat kategori penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Termasuk berapa banyak penyimpanan ponsel yang digunakan aplikasi untuk menyimpan data, instalasi aplikasi, file cache sementara, dan tentu saja, total penyimpanan. Untuk clear cache aplikasi, ketuk Clear cache di kanan bawah layar ini.
  • Setelah file cache dihapus, Anda akan melihat opsi Clear cache di bagian bawah menjadi abu-abu, dan jumlah penyimpanan yang digunakan untuk Cache diperbarui ke 0 Bytes.

2. Cara Clear Cache Samsung S10

  • Ulangi proses di atas untuk aplikasi lain yang berjalan lambat. Setelah Anda membuka aplikasi lagi, Anda akan menemukan aplikasi berjalan lebih cepat dan tanpa masalah

Cara Clear Cache Sistem

Jika seluruh smartphone Anda lamban, mengosongkan seluruh cache sistem dapat menyelesaikan masalah sistem tersebut. Caranya cukup mudah tetapi membutuhkan akses ke menu pemulihan. Dimana akan menghapus semua file cache sistem operasi, tetapi tidak akan menghapus file atau pengaturan Anda. Jadi aman dilakukan kapan pun Anda mau.

  • Untuk membuka menu pemulihan Samsung S10, pertama-tama tekan dan tahan tombol volume atas dan tombol Bixby (tepat di bawah tombol volume). Sambil menahan keduanya, tahan tombol Power. Cara ini akan me-restart telepon dan akan meluncurkan menu recovery. Scroll ke bawah ke opsi Wipe cache partition menggunakan tombol volume bawah. Tekan tombol power untuk memilih opsi ini.

3. Cara Clear Cache Samsung S10

  • Gunakan tombol volume bawah lagi untuk menggulir ke bawah ke Yes dan tekan tombol power lagi untuk memilih opsi ini.

4. Cara Clear Cache Samsung S10

  • Ponsel Anda akan menghapus semua file cache dan menampilkan pesan bahwa pembersihan cache telah selesai. Reboot system akan disorot. Tekan tombol power untuk me-restart telepon. Setelah restart, ponsel Anda akan berjalan lebih cepat dan lebih efisien dari sebelumnya.

TERKAIT: Cara Clear Cache Samsung S9

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here