Cara Charge iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Charge iPhone 13 – Apakah Anda baru saja membeli iPhone 13 dan terkejut melihat tidak ada charger di dalamnya? Pada iPhone 12, Apple telah mulai mengirimkan iPhone baru tanpa adaptor daya dan EarPods. Ini juga berlaku untuk perangkat baru termasuk iPhone 13, iPhone 12, iPhone 11, dan iPhone SE. Oleh karena itu, setiap iPhone 13 kini hadir dengan satu aksesori, yaitu kabel USB-C ke Lightning dengan dukungan fast charging.

Mengapa iPhone 13 tidak memiliki charger?

iPhone 13 dijual tanpa charger meski dibanderol dengan harga premium. Rupanya, Apple mengecualikan aksesori tradisional dari kemasan iPhone dalam upaya mengurangi limbah elektronik. Penghapusan charger dan EarPods juga membuat ukuran kotak iPhone terasa lebih kecil. Apple melaporkan bahwa perubahan ini digabungkan untuk mengurangi emisi karbon tahunan sebesar 2 juta metrik ton.

Cara Charge iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Apple mendorong pengguna untuk menggunakan kembali kabel USB-A ke Lightning dan adaptor daya lama mereka untuk mengisi daya iPhone. Meskipun demikian, mengisi daya iPhone 13 dapat menjadi masalah jika ini adalah iPhone pertama Anda atau Anda belum memiliki charger USB-C. Dalam kasus seperti itu, membeli charger resmi dari Apple tampaknya menjadi satu-satunya solusi.

Cara charge iPhone 13 dengan charger lama

1. Cara Charge iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Seperti iPhone sebelumnya, iPhone 13 dilengkapi port Lightning untuk pengisian daya. Jika Anda memiliki iPhone lama, Anda dapat menggunakan kabel Lightning ke USB-A yang ada dengan adaptor daya USB-A konvensional untuk mengisi daya iPhone 13. Dan dengan charger USB 5W, akan lebih baik untuk mengisi daya iPhone dalam semalam karena untuk mengisi baterai sampai penuh membutuhkan waktu yang jauh lebih lama.

Selain itu, Anda dapat menggunakan adaptor daya USB-C pihak ketiga yang mendukung USB Power Delivery (USB-PD) dan mematuhi standar keamanan Apple.

Cara charge iPhone 13 dengan charger iPad

2. Cara Charge iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Tergantung pada modelnya, iPad dilengkapi dengan adaptor daya 10W, 12W, 18W, dan 20W. Mereka yang memiliki iPad dapat menggunakan charger iPad untuk melengkapi iPhone 13. Namun, perhatikan bahwa hanya charger iPad 18W dan 20W yang mendukung output melalui USB-C. Oleh karena itu, taruhan terbaik Anda adalah gunakan salah satu kabel USB-C ke Lightning.

Cara charge iPhone 13 dengan charger MacBook

3. Cara Charge iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Apakah Anda memiliki MacBook Air atau MacBook Pro yang mendukung pengisian daya melalui port USB-C? Anda cukup menggunakan adaptor daya USB-C MacBook Anda jika Anda tidak keberatan mengganti kabel setiap kali Anda mengisi daya MacBook atau iPhone.

Adaptor daya USB-C untuk MacBook hadir dalam 29W, 30W, 61W, 87W, dan 96W. Di atas itu menggunakan charger MacBook memastikan iPhone Anda mengisi daya dengan kecepatan tinggi, tergantung pada modelnya.

Meskipun mungkin tampak berbahaya, namun aman untuk menggunakan adaptor daya USB-C Apple dengan watt lebih tinggi. Hal ini karena iPhone atau iPad Anda yang sebenarnya mengatur jumlah daya yang dapat diambil dari charger yang dicolokkan.

Cara charge iPhone 13 melalui MacBook

Meskipun ini bukan cara yang baik, Anda dapat mengisi daya iPhone 13 menggunakan MacBook. Cara terbaik tentunya menggunakan kabel Lightning ke USB-C yang disediakan jika Anda memiliki MacBook yang lebih baru dengan port USB-C. Satu-satunya downside adalah bahwa kecepatan pengisian akan relatif lebih lambat.

Membeli adaptor charger baru

Sayangnya, jika Anda tidak memiliki charger kabel atau nirkabel yang kompatibel, maka Anda perlu membeli adaptor daya. Disarankan Anda membeli salah satu adaptor resmi dari Apple karena cepat, andal, dan efisien. Adaptor USB-C resmi Apple untuk mengisi daya iPhone 13 atau iPhone 12 dengan kabel USB-C.

CATATAN : Anda memerlukan adaptor daya 20W atau lebih tinggi untuk mengisi daya iPhone 13 Anda dengan cepat. Meskipun semua adaptor ini berfungsi terlepas dari model iPhone 13, pertimbangkan untuk membeli charger watt tinggi jika iPhone Anda mendukung kecepatan pengisian daya yang lebih tinggi.

Apple 20W USB-C Power Adapter

4. Cara Charge iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Apple 30W USB-C Power Adapter

5. Cara Charge iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Cara charge iPhone 13 secara nirkabel dengan charger MagSafe

6. Cara Charge iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Jika Anda ingin mengisi daya iPhone 13 tanpa kabel, belilah charger MagSafe. Charger magnet MagSafe terpasang sempurna di bagian belakang iPhone 13, 13 Pro, dan iPhone 12. Satu-satunya peringatan dengan charger nirkabel MagSafe adalah ia membatasi pengisian daya nirkabel yang lebih cepat hingga 15W.

Perhatikan bahwa charger MagSafe dilengkapi dengan kabel USB-C. Oleh karena itu, Anda perlu menghubungkannya dengan adaptor USB-C yang kompatibel agar dok charger nirkabel Anda berfungsi.

Cara charge iPhone 13 dengan Qi wireless charger

7. Cara Charge iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

Anda dapat menggunakan charger nirkabel atau bantalan Qi-certified wireless untuk mengisi daya iPhone 13 secara nirkabel dengan kecepatan hingga 7,5 watt. Charger ini tersedia dari merek seperti Mophie, Belkin, Otterbox, dan bahkan di Apple Store.

Selain kecepatan pengisian daya yang lambat, kelemahan Qi wireless charger adalah kecepatan pengisian daya dapat turun jika iPhone Anda memiliki casing yang tebal.

Cara charge iPhone 13 dengan MagSafe Battery Pack

8. Cara Charge iPhone 13 13 Pro dan 13 Pro

MagSafe Battery Pack resmi Apple hadir dengan harga premium $99 dan berfungsi seperti bank daya nirkabel. Baterai MagSafe mulai mengisi daya iPhone secara otomatis saat Anda memasangnya di bagian belakang iPhone. Mirip dengan charger 5W Apple, MagSafe Battery Pack mengisi daya iPhone 5W saat bepergian. MagSafe Battery Pack sangat berguna karena Anda dapat dengan mudah membawanya ke dalam saku atau tas dalam.

TERKAIT: Cara Menampilkan Persentase Baterai di iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here