Cara Back Up Situs WordPress Secara Manual

Cara Back Up Situs WordPress Secara Manual – Mempelajari cara back up situs WordPress adalah keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan dan mengelola situs web. Back up situs web dapat berguna jika terjadi kesalahan. Jika Anda ingin mentransfer atau bermigrasi ke akun hosting baru, Anda memerlukan file cadangan. Ada banyak plugin backup WordPress yang dapat Anda gunakan, tetapi berikut ini ada cara back up situs WordPress secara manual.

Cara Back Up Situs WordPress Secara Manual

Ada dua langkah yang diperlukan untuk backup seluruh situs WordPress Anda. Salah satunya adalah back up file Anda dan yang lainnya adalah mencadangkan database.

1. Cara Membuat Backup Database Situs WordPress Menggunakan phpMyAdmin

Langkah-langkah di bawah ini akan membuat cadangan database Anda. Basis data berisi posting Anda dan data yang dibuat di situs web Anda.

1. Masuk ke phpMyAdmin di server Anda. Anda dapat mengakses ini dengan masuk ke cPanel dan mengklik phpMyAdmin di bawah Database.

Masuk ke phpMyAdmin di server Anda

2. Pilih database WordPress Anda di panel jendela kiri.

3. Pilih tabel yang ingin Anda cadangkan dengan mencentang kotak. Anda dapat memilih semua dengan menggulir di bawah daftar dan mencentang kotak di samping “Check All”.

4. Klik Export dari tab di jendela atas dan klik Go. File backup Anda kemudian akan didownload ke komputer Anda. Waktu Download akan tergantung pada ukuran database Anda.

export wordpress myadminphp

2. Cara Back Up Situs WordPress Anda menggunakan File Manager

Langkah-langkah di bawah ini akan membuat cadangan situs atau file Anda. File-file tersebut akan mencakup instalasi inti WordPress, plugin WordPress, tema WordPress, gambar, file, dan halaman web statis. Ini tidak termasuk dalam backup database Anda.

1. Unduh dan instal pengelola file FTP, seperti Filezilla, di komputer Anda. Untuk keperluan panduan ini, kami menggunakan FileZilla. Anda dapat mendownload Filezilla secara gratis.

2. Luncurkan pengelola file dan sambungkan ke penyedia hosting Anda. Untuk menemukan informasi yang Anda perlukan untuk terhubung, buka cPanel dan periksa di bawah Informasi umum di sebelah kanan. Anda harus memasukkan Shared IP Address, User Saat Ini, dan kata sandi Anda ke dalam pengelola file FTP. Kemudian klik connect.

Luncurkan pengelola file dan sambungkan ke penyedia hosting

3. Setelah terhubung, Anda akan melihat dua panel. Kiri menunjukkan komputer Anda dan kanan adalah server Anda.

4. Buat folder untuk mendownload file Anda.

5. Klik direktori public_html dari panel kanan. 

6. Temukan folder wp_content di panel kanan bawah. 

7. Tarik folder wp_content ke panel kiri bawah, ke folder desktop yang Anda buat. 

Tarik folder wp content ke panel kiri bawah

Pastikan untuk membuat backup ini secara teratur. Anda harus memiliki beberapa salinan yang tersedia untuk disimpan. Simpan satu di hard drive Anda, bisa juga upload salinan ke penyimpanan cloud seperti Google Drive.

TERKAIT: Cara Mencegah Komentar Spam dan Mengamankan Situs WordPress

PILIHAN EDITOR

SUMBERHellotech

POPULER MINGGU INI