Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Tekno Aplikasi Cara Agar Google Menghapus Otomatis Riwayat Web dan Lokasi Anda

Cara Agar Google Menghapus Otomatis Riwayat Web dan Lokasi Anda

- Advertisement -

Sebagian orang tahu bahwa Google mengumpulkan dan menyimpan semua informasi tentang aktivitas Anda, termasuk pencarian web dan riwayat lokasi Anda. Google akan menghapus riwayat secara otomatis untuk pengguna baru setelah 18 bulan, tetapi masih mengingat riwayat selamanya jika Anda mengaktifkan fitur ini dengan opsi default.

Sebagai pengguna, cara agar Google menghapus data Anda setelah 18 bulan, Anda harus masuk ke pengaturan aktivitas Anda dan mengubah opsi ini. Anda juga dapat memberi tahu Google untuk menghapus aktivitas secara otomatis setelah tiga bulan atau menghentikan pengumpulan aktivitas selamanya.

Untuk menemukan opsi ini, buka halaman Kontrol Aktivitas  dan masuk dengan akun Google Anda jika Anda belum masuk. Klik opsi “Auto-delete” di bawah Aktivitas Web & Aplikasi.

- Advertisement -

Auto-delete

Pilih kapan Anda ingin menghapus data — setelah 18 bulan atau 3 bulan. Klik “Next” dan konfirmasi untuk melanjutkan.

Sadarilah: Google menggunakan riwayat ini untuk mempersonalisasi pengalaman Anda, termasuk hasil pencarian web dan rekomendasi. Dengan menghapus secara otomatis akan membuat Google experience Anda berkurang “personalized.”

- Advertisement -

Scroll ke bawah pada halaman dan ulangi proses di atas untuk tipe data lain yang Anda ingin hapus secara otomatis, termasuk Riwayat Lokasi dan Riwayat pencarian di YouTube.

Riwayat pencarian di YouTube

Anda juga dapat menonaktifkan (“pause“) koleksi riwayat aktivitas dengan mengklik panel geser di sebelah kanan jenis data. Jika berwarna biru, berarti diaktifkan. Jika berwarna abu-abu, berarti dinonaktifkan.

Jika opsi “Auto-delete” untuk jenis data riwayat berwarna abu-abu, itu karena Anda telah menjeda (menonaktifkan) pengumpulan data.

Anda juga dapat menuju ke halaman Aktivitas Saya  dan menggunakan opsi “Delete activity by” di sidebar kiri secara manual menghapus berbagai jenis data yang disimpan di akun Google Anda. Pastikan untuk mengulangi proses di atas untuk setiap akun Google yang Anda gunakan.

Sourcehowtogeek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU