Bagaimana Memulai Bekerja Sebagai Konsultan SEO?

Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk meningkatan visibilitas suatu website agar menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Jasa seorang konslutan SEO banyak dibutuhkan baik oleh perusahaan dari berbagai bidang ataupun secara perorangan untuk kepentingan website pribadi misalnya. Sehingga kesempatan bekerja sebagai konsultan SEO masih terbuka lebar untukmu.

Bagaimana memulainya?

1. Menyukai tantangan

Mengemban tugas untuk membuat suatu website menempati posisi awal di mesin pencari tentu bukan tugas yang tergolang mudah, perlu usaha yang keras untuk memperolehnya. Untuk itu, jika kamu ingin menjadi seorang konsultan SEO kamu harus menyukai tantangan, sehingga kamu akan selalu terpacu untuk mengerjakan tugasmu nanti.

2. Memahami seluk-beluk SEO

Menjadi seorang konsultan SEO tentu tidak cukup jika kamu hanya mengetahui apa itu SEO dan apa fungsinya. Lebih dari itu, kamu harus memahami segala seluk-beluk SEO dari teknik dasar dalam SEO hingga trik-trik tertentu yang digunakan dalam SEO. Untuk memahami SEO secara lengkap ada banya cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya dengan mengikuti kursus singkat tentang SEO. Kamu pun bisa mempelajari SEO secara autodidak melalui buku-buku yang banyak dijumpai di toko buku.

3. Kembangkan ketrampilan

Orang bilang pengalaman adalah guru yang paling baik. Maka teruslah melatihan ketrampilan kamu dalam mengatur SEO. Jika kamu sudah mahir dan sangat familiar dengan SEO, akan semakin mudah kamu berkarier sebagai konsultan SEO.

4. Bergabung dengan komunitas

Profesi sebagai konsultan SEO biasanya tidak menetap pada satu perusahaan, sebab biasanya konsultan SEO bekerja secara freelance. Untuk itu, sebaiknya kamu bergabung dengan komunitas freelancer seperti www.freelancer.com atau www.freelancer.co.id untuk memperluas networking-mu. Dengan bergabung bersama komuni­tas kamu juga bisa menambah pengetahun dan wawasanmu serta berbagi pengalaman kepada sesama konsultan SEO.

Tips Menjadi Konsultan SEO

  • Menjadi seorang konsultan SEO biasanya membuatmu menjadi pekerja mandiri, hal ini menuntut kamu harus mampu mempromosikan dirimu sendiri. Cara termudah dan paling dasar untuk mempromosikan diri kamu adalah dengan memiliki kontak person yang dikelola secara profesional. Kontak person dapat berupa email ataupun nomor telepon.
  • Banyak sekali perusahaan ataupun perorangan yang membutuhkan jasa seorang konsultan SEO, hanya saja banyak di antara mereka yang tidak menggunakan jasa konsultan SEO karena terbentur biaya yang terlalu tinggi. Memang bekerja sebagai konsultan SEO bukanlah hal yang bisa dibilang mudah, namun kamu harus realistis dalam menentukan tarif menggunakan jasamu, ya. Sesuaikan tarifmu dengan beban kerja dan pengalamanmu dibidang SEO sendiri.
  • Jangan sampai kamu mematok harga terlalu tinggi hingga klien enggan menggunakan jasamu. Sebelum kamu menyepakati kerja sama dengan klienmu, ada baiknya terlebih dahulu kamu jelaskan jasa apa saja yang kamu tawarkan. Ada berbagai macam jasa SEO, misalnya mengurusi SEO On Page, SEO Off Page, mengaudit hasil SEO, meningkatkan traffic dan sebagainya. Tapi jangan lupa pastikan jasa yang kamu tawarkan ini benar-benar kamu kuasai, yah. Sebab, jika terjadi masalah, kamu bertanggung jawab juga untuk memperbaikinya.
  • Tugas sebagai konsultan SEO memerlukan waktu cukup lama hingga mencapai posisi yang memuaskan di mesin pencari seperti Google. Untuk itu, kamu harus pandai-pandai memperkirakan kapan pekerjaan kamu akan selesai. Jangan sampai kamu salah perhitungan hingga klienmu menilai kamu tidak tepat waktu dalam bekerja. Biasanya untuk satu proyek, konsultan SEO membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 12 bulan.

Pendapatan Konsultan SEO

Dengan pekerjaan yang tidak bisa dibilang mudah, wajar rasanya jika konsultan SEO memiliki penghasilan yang tergolong besar. Rata-rata konsultan SEO memiliki penghasilan antara 5 juta hingga 20 juta untuk satu proyek yang diselesaikan. Namun tidak menu­tup kemungkinan ada juga yang berpenghasilan dibawah dari itu atau bahkan jauh di atasnya, sebab penghasilan konsultan SEO akan sangat tergantung dari beban kerja dan pengalaman konsultan SEO itu sendiri.

Istilah-Istilah Dalam SEO

  • Algoritma: Urutan langkah logis dan sistematis dalam menilai sebuah situs di mata mesin pencari.
  • AUTO GENERATED PAGES/SCRAPER PAGES: Aplikasi untuk membuat konten secara otomatis pada sebuah halaman situs.
  • Backlink: Alamat situs yang tercantum atau diletakkan pada situs lain.
  • Doorway pages: Pengulangan kata kunci yang berada dalam satu kalimat. Biasanya, diakhir setiap artikel diberi link ke situs sumber atau situs tertentu yang menjadi referensi.
  • Long Tail: Strategi SEO dengan menggunakan kata kunci panjang.
  • Meta Description: Teknik SEO On page yang berisi deskripsi singkat mengenai isi situs.
  • Meta Keywords: Teknik SEO On page yang berisi kata kunci yang ingin dioptimalisasikan.
  • Page Title: Teknik SEO On page yang berisi title yang ingin dioptimalisasi.
  • SEF (Search Engine Friendly): Teknik mempersingkat URL situs untuk memberikan kemudahan bagi mesin pencari mengidentifikasi informasi situs tersebut.
  • SEO Off Page: Teknik SEO dari luar situs yang ingin dioptimalisasi.
  • SEO On Page: Teknik SEO dari dalam situs yang ingin dioptimalisasi.
  • Short Tail: Strategi SEO menggunakan kata kunci lebih pendek.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend (politwika)

Tinggalkan Balasan