Bagaimana Jika Seminar Dilakukan Secara Online? Webminar Solusinya

Kamu sering mengikuti sebuah seminar? Apa yang ada di sebuah seminar? Ruangan, peserta, pemateri, dan materi seminar, bukan? Tapi bagaimana jika dilakukan dengan online? Apa bisa? Jawabannya adalah bisa. Sehingga muncul sebuah istilah bernama webinar.

Webinar sendiri adalah gabungan antara 2 kata, web, dan seminar. Sehingga bisa disimpulkan bahwa webinar adalah seminar yang dilakukan di dunia maya. Lalu bagaimana sistem kerjanya? Kurang lebih dengan melakukan diskusi dan seminar dengan aplikasi tatap muka dalam bentuk video dan bisa dibuat grup.

Bagaimana Memulainya?

1. Memiliki Koneksi Internet Cepat & Stabil

Pekerjaan ini melibatkan banyak orang dengan koneksi internet. Kunci awal kesuksesan kamu adalah memiliki koneksi yang cepat dan stabil. Apalagi penggunaan aplikasi tatap muka melalui video sangat berat dijalankan jika tidak terkoneksi dengan internet yang cepat. Jika kamu tidak memilikinya? Maka diskusi atau seminar yang kamu buat tidak akan maksimal dan membuat kecewa mereka yang sudah berniat ikut.

2. Tahu Aplikasi Pendukung Webinar

Di awal kami telah menjelaskan bahwa pekerjaan ini membutuhkan aplikasi pendukung. Tapi tahukah kamu aplikasi yang bisa digunakan? Berikut aplikasi pendukung tersebut:

  1. Google+ Hangout
  2. Webinars On Air
  3. Skype
  4. GoTo Webinar
  5. Cisco WebEx
  6. Adobe Connect
  7. MegaMeeting
  8. ReadyTalk
  9. AnyMeeting
  10. On Stream
  11. ClickWebinar
  12. omNovia
  13. iLinc
  14. Blackboard Collaborate
  15. BrainShark

3. Buatlah Landing Page/Website

Jika kamu baru pertama kali mencoba pekerjaan ini, website adalah elemen terpenting. Kenapa? Karena orang-orang akan melihat kamu pertama kali melalui website. Buatlah sebuah website dengan konten-konten yang sesuai dengan seminar yang kamu tawarkan.

4. Buatlah Artikel di Website

Orang-orang yang baru mengenal kamu, tentunya butuh referensi tentang diskusi/seminar yang nanti kamu akan bawakan. Darimana mereka mendapatkannya? Jawabannya ada di website. Mereka akan mencari naskah, materi, atau artikel di sana sebelum mengikuti webinar yang kamu adakan.

5. Memperbaiki Kualitas Public Speaking

Jika kamu tidak terbiasa berbicara di depan umum, jangan takut untuk mencoba pekerjaan ini. Kamu bisa berlatih sendiri atau dengan orang lain. Kamu bisa mencoba di depan keluarga atau teman-teman kamu. Kemampuan berbicara di depan umum ini akan menjadi salah satu poin penting dalam webinar.

6. Belajar Memilih Topik

Di sebuah diskusi dibutuhkan sebuah topik. Tanpa topik, sebuah diskusi berjalan tanpa arah. Pekerjaan ini membuat dirimu harus pandai memilih topik. Kamu bisa melihat tren yang sedang berkembang dan menjadikannya sebuah topik. Selain itu kamu bisa memilih topik yang tidak akan selesai dan memiliki peminat yang banyak. Salah satunya seperti seminar motivasi.

Webinar bisa kamu lakukan di rumah dan di waktu senggang. Kamu bebas menentukan kapan dimulainya webinar. Bisa setiap weekend atau setelah orang-orang pulang kerja. Intinya adalah mencari waktu di mana orang-orang bisa menyimak webinar kamu.Pekerjaan ini juga memiliki manfaat yang banyak, tidak hanya untuk kamu tetapi juga orang lain. Kamu memiliki pekerjaan yang tanpa tekanan, bertemu banyak orang, mendapatkan pelajaran dari diskusi dan tentunya mendapatkan uang. Topik yang kamu bawa pun bisa menginspirasi orang banyak.

Tips Memulai Webminar

1. Sebarkan Melalui Media Sosial

Jangan pernah lupa untuk menyebarkan webinar kamu melalui media sosial. Twitter dan Facebook adalah platform yang bisa kamu gunakan. Terlebih di kedua media sosial tersebut memang dibuat untuk menyebarkan informasi dan tidak terbatas pada pertemanan saja.

2. Membuat Registrasi Terlebih Dahulu

Mungkin di awal kamu terpikir untuk tidak membuat registrasi. Kamu membuka siapa saja yang ingin datang ke webinar kamu tanpa registrasi. Tetapi perlu kamu ketahui, dengan registrasi kamu bisa mengetahui siapa saja yang datang, bisa mengevaluasi kinerja marketing kamu dan mengetahui ketertarikan orang terhadap topik yang kamu pilih.

3. Membuat Artikel Baru Webinar

Kamu pasti akan mempertanyakan apakah topik yang kamu bawa itu disukai orang-orang. Kamu bisa mengetahui hal tersebut dengan membuat artikel terlebih dahulu. Jika jumlah view artikel kamu banyak, kamu tidak akan ragu lagi untuk membuat webinar tersebut, bukan?

4. Mengirim Email ke Subscribers Kamu

Ini adalah manfaat membuka registrasi. Di sana kamu bisa meminta email pribadi mereka. Setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa mengirim email tentang webinar terbaru kamu. Ini juga salah satu cara efektif untuk marketing webinar kamu.

5. Perhatikan Komposisi Presentasi Kamu

Presentasi apa yang baik? Apakah penuh dengan gambar? Apakah disetiap layar harus diberikan efek tertentu? Berikut kami coba berikan tips komposisi presentasi kepada kamu:

  • Lima menit pertama untuk pembukaan, bisa berupa pengalaman pribadi.
  • Dua puluh lima menit selanjutnya adalah isi topik kamu
  • Sepuluh menit terakhir bisa kamu buka sesi tanya jawab.
  • Jangan terlalu banyak tulisan. Usahakan dalam bentuk poin.
  • Jangan terlalu banyak animasi.
  • Sesuaikan animasi dengan audiens kamu.
  • Sisipkan video jika memungkinkan.

Bagaimana Pendapatannya?

Setelah kamu mempersiakpan semuanya dengan sangat matang. Kamu tentu akan bertanya, berapa banyak penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari webinar. Menurut situs www.simpyhired.com, rata-rata penghasilan seorang webinar adalah $61.000. Angka yang fantastis, bukan?

Jika kamu membuka webinar dengan bayaran Rp100.000/jam dengan peserta berjumlah 5 orang. Kamu bisa mendapatkan Rp500.000 dalam sekali pertemuan. Jika dalam seminggu kamu mengadakan 2 kali, berarti sudah mendapatkan 1 juta rupiah.

Lewis Howes, Mendapatkan$ 6.300/per jam Dari Webinar

Siapa yang tidak menyangka Lewis Howes akan sukses? Dulu dia adalah seorang pemain bola. Tetapi setelah cedera menghentikan kariernya, Lewis beralih menjadi profesional webinar. Pekerjaannya sekarang memberikan jalan kesuksesan bagi Howes. Dia sukses mendapatkan $6.300/jam yang sama dengan 81 juta rupiah. Kamu pasti iri dengan dirinya. Di mana hanya melalui webinar, Howes bisa mendapat uang sebanyak itu.

Tetapi ada beberapa kunci yang membuat Howes sukses, yaitu:

  1. Memilih produk yang tepat dan mempromokan dengan besar-besaran melalui webinar.
  2. Memiliki list email yang sangat banyak
  3. Meyakinkan orang lain dengan servisnya
  4. Membuat jadwal yang rapi
  5. Menanyakan respons para audiens tentang webinar yang mereka ikuti
  6. Membuat website yang bersih dan sederhana
  7. Berbagi pengalaman hidup yang menginspirasi

Ketujuh kunci tersebut yang membawa Howes pada level ini. Bayangkan saja, jika kamu seperti Howes. Bisa menghasilan 81 juta rupiah dalam satu jam. Tentu menyenangkan sekali, bukan?

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan