Aplikasi YouTube Kids: 6 Hal yang Harus Diketahui Content Creator

Aplikasi YouTube Kids – Bisakah kreator menghasilkan uang di aplikasi YouTube Kids? Apakah semua video yang berfokus pada anak memenuhi syarat? Berikut penjelasan tentang enam hal yang harus diketahui oleh kreator tentang Aplikasi YouTube Kids.

1. Apa itu YouTube Kids?

Aplikasi YouTube Kids adalah platform YouTube yang lebih aman untuk anak-anak. Aplikasi YouTube Kids terpisah dengan YouTube, mudah digunakan untuk tablet, smartphone, dan smart TV untuk memberi anak-anak cara menyenangkan menjelajahi minat mereka secara online.

YouTube Kids
YouTube Kids
Developer: Google LLC
Price: Free

- Advertisement -

‎YouTube Kids
‎YouTube Kids
Developer: Google LLC
Price: Free

Sebagai Content Creator, Anda tidak memerlukan (atau aplikasi) agar konten Anda muncul di YouTube Kids. Sebaliknya, video diambil dari perpustakaan YouTube. Filter otomatis, review orang, dan feedback pengguna membantu menentukan video mana yang cocok untuk aplikasi YouTube Kids.

2. Syarat Video Anda Memenuhi Aplikasi YouTube Kids

Menurut YouTube, konten Anda harus positif dan mendidik agar berhasil masuk Aplikasi YouTube Kids. Itulah gambaran umum, berikut adalah beberapa pedoman yang bisa diikuti:

    • Buat video sesuai usia untuk anak-anak dan keluarga.
    • Hindari topik kontroversial (seperti kekerasan atau konten seksual).
    • Posting konten asli yang tidak sensasional atau berulang.
    • Pastikan anak di bawah umur merasa nyaman dan aman saat di layar.
    • Pastikan konten populer atau trending yang ramah keluarga.
    • Jadilah panutan; menunjukkan perilaku baik yang bisa dibanggakan oleh keluarga.

3. Jika Saya Mengategorikan Channel “Made For Kids”, Apakah Video Saya Akan Muncul Secara Otomatis di Aplikasi YouTube Kids?

- Advertisement -

Belum ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini. Namun, tebakan kami tidak. Hanya dari membaca daftar pedoman di atas, sepertinya label Made For Kids hanya itu – sebuah label.

YouTube akan menggunakannya untuk mengidentifikasi video dan channel yang mungkin cocok, tetapi tinjauan tambahan akan membantu platform memilih konten terbaik.

4. Apakah Video di Aplikasi YouTube Kids Dapat Menghasilkan Pendapatan Adsense?

Iya! Aplikasi ini gratis, jadi YouTube menggunakan pendapatan Adsense untuk mempertahankan platform dan membayar pembuat content creator yang berfokus pada anak-anak.

Namun, dibandingkan dengan aplikasi utama YouTube, ada kemungkinan Anda bisa mendapatkan lebih sedikit uang di platform YouTube Kids. Itu karena jumlah pengguna di kedua aplikasi bahkan tidak sebanding: YouTube memiliki 2 miliar pengguna per bulan, sedangkan aplikasi YouTube Kids menarik beberapa juta pengguna setiap minggu.

Secara alami, pengiklan akan berbondong-bondong ke platform dengan audiens terbesar. Jika YouTube Kids menarik lebih sedikit pengiklan, Anda mungkin memperoleh sebagian kecil dibandingkan penghasilan iklan di YouTube.

5. Apakah Video di Aplikasi YouTube Kids Menampilkan Iklan Bertarget?

Tidak, Anda tidak dapat menjalankan iklan bertarget di aplikasi YouTube Kids. Ini adalah keputusan yang dibuat perusahaan untuk mematuhi COPPA Act, yang mencegah online publishers mengumpulkan informasi pribadi dari pengguna berusia di bawah 13 tahun.

YouTube Kids bukan satu-satunya aplikasi untuk menghentikan iklan yang dipersonalisasi. Saat ini, aturan yang sama berlaku untuk aplikasi utama. Dan sejujurnya, itulah alasan mengapa pendapatan Anda bisa menurun di kedua platform. Kurangnya iklan bertarget menghasilkan lebih sedikit views, klik, dan pendapatan Adsense.

Selain itu, sebagian besar kategori iklan dibatasi di Aplikasi YouTube Kids. Seperti:

  • Video game
  • Politik
  • Agama
  • Kecantikan
  • Kebugaran
  • Makanan dan minuman
  • Kencan dan hubungan
  • Komunitas online
  • dan lainnya

6. Bagaimana Perbedaan Iklan di Aplikasi YouTube Kids?

Saat ini, hanya iklan video stream yang muncul di aplikasi Anak. Itu berarti Anda tidak akan melihat hal-hal seperti iklan teks, overlay, dan iklan banner di halaman tonton.

Namun, yang akan Anda lihat di aplikasi YouTube Kids adalah ad disclaimers. Ini membantu anak-anak memahami kapan ‘iklan’ akan diputar, dan itu terpisah dari video yang mereka tonton.

Berikut tampilan pre-ad disclaimer:

ad disclaimer

Dan inilah tampilan iklan yang sebenarnya:

iklan di Youtube Kids

Untuk lebih melindungi anak-anak, iklan ini tidak dapat diklik. Anak-anak dapat menontonnya, tetapi mereka tidak akan dibawa keluar dari platform YouTube Kids dan masuk ke situs web pihak ketiga.

Bagaimana Content Creator Dapat Menghasilkan Uang di Aplikasi YouTube Kids

Sekarang Anda tahu apa yang terjadi di aplikasi YouTube Kids. Sebagai kreator Made For Kids, secara teori, Anda harus memiliki banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube Kids, diantaranya:

  • Menjual merchandise anak-anak ke pemirsa YouTube Anda
  • Danai video Anda dengan branding sponsor (Seperti merek Susu, Popok Bayu, dll)
  • Bergabung dengan platform streaming khusus anak-anak seperti Amoeba TV dan Kidoodle.TV (saat ini menarik para YouTuber)

TERKAIT: 5 Trik URL YouTube Wajib Anda Ketahui

- Advertisement -

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Subscribe

Dapatkan update artikel terbaik dari email Anda