16 Aplikasi Windows 10 Terbaik yang Wajib Anda Instal

Aplikasi Windows 10 Terbaik – Dalam pernyataan Microsoft tahun 2018 mengatakan bahwa ada lebih dari 35 juta aplikasi di platform tersebut. Banyaknya aplikasi membuat sulit untuk mengetahui mana yang layak Anda instal. Untuk mempermudah Anda, berikut adalah daftar aplikasi Windows 10 gratis terbaik yang dapat Anda instal secara gratis, seperti aplikasi untuk memutar video, mengedit foto, browser web, dan lain sebagainya.

Saat Anda mendownload beberapa aplikasi ini, Anda akan memiliki opsi untuk mengunduh versi 32-bit atau 64-bit.

Aplikasi Windows 10 Terbaik

1. Google Chrome: Browser Web Terbaik untuk Windows 10

1. Google Chrome Browser Web Terbaik untuk Windows 10

Google Chrome adalah browser web terpopuler untuk Windows 10 saat ini karena antarmukanya yang sederhana dan intuitif. Chrome juga salah satu browser tercepat yang pernah ada, dan memiliki banyak fitur hebat untuk melindungi privasi Anda saat online,

Dengan Chrome, Anda dapat menyinkronkan semua bookmark, riwayat penjelajahan, password yang disimpan, ekstensi, dan lainnya di semua perangkat Anda. Yang harus Anda lakukan adalah masuk ke Chrome dari komputer, tablet, atau ponsel, dan Anda akan memiliki semua data dan pengaturan yang sama di semua perangkat tersebut. Juga mudah untuk mempersonalisasi Chrome dengan lebih dari 188.000 ekstensi, yang lebih banyak dari browser web lainnya.

Download: Google Chrome

2. VLC: Pemutar Multimedia Gratis Terbaik untuk Windows 10

2. VLC Pemutar Multimedia Gratis Terbaik untuk Windows 10

TERKAIT: 5 Media Players Windows 10 Terbaik

VLC adalah salah satu aplikasi Windows 10 terbaik untuk memutar video dan media lain karena fiturnya yang canggih. VLC adalah pemutar multimedia gratis dan open source yang dapat memecahkan kode berbagai file video, dari file MPEG hingga MKV dan yang sejenis. VLC juga dapat memutar DVD dan CD, dan bahkan mendukung sejumlah protokol streaming.

VLC memudahkan Anda untuk menonton video sesuka Anda. Misalnya, Anda dapat menonton bagian dari video sebelum pengunduhan selesai. Jika Anda mendapatkan video dalam file ZIP, Anda dapat menontonnya tanpa harus mengekstrak setiap file. Selain itu, ada banyak ekstensi, skin, dan hotkey yang menjadikan VLC salah satu pemutar media paling dapat disesuaikan yang tersedia.

Download: VLC

3. Foobar 2000: Pemutar Musik Gratis Terbaik untuk Windows 10

3. Foobar 2000 Pemutar Musik Gratis Terbaik untuk Windows 10

Aplikasi lain yang telah teruji oleh waktu adalah foobar2000. Pemutar audio gratis untuk Windows 10 ini memungkinkan Anda mengubah CD Anda menjadi MP3 dan mengaturnya menjadi perpustakaan. Awalnya dirilis pada tahun 2002, foobar2000 dapat memutar hampir semua format file audio, dari file MP3 hingga FLAC. Dukungan untuk lebih banyak format tersedia dari Database Komponen foobar .

Mengelola perpustakaan musik Anda sangat mudah dilakukan dengan foobar2000, karena Anda dapat mengganti nama, menyalin, atau menghapus file dalam mode batch. Audiophiles dengan equalizer foobar memiliki 17 bar, bukan lima atau 10. Kemampuan konversi dan pemutaran musik yang stabil dari Foobar menjadikannya salah satu aplikasi Windows 10 terbaik untuk pecinta musik.

Download: Foobar 2000

4. Malwarebytes: Aplikasi Anti-Malware Gratis Terbaik untuk Windows 10

4. Malwarebytes

TERKAIT: Cara Scan Komputer dengan Microsoft Defender

Jika Anda ingin melindungi privasi dan keamanan Windows 10, Anda perlu menginstal Malwarebytes. Aplikasi Windows 10 gratis ini memudahkan pemindaian segala jenis malware (atau perangkat lunak berbahaya) dan menghapusnya dari komputer Windows 10 Anda. Faktanya, Malwarebytes mengklaim bahwa aplikasinya menemukan ancaman pada 39 persen perangkat yang sudah menginstal anti-virus.

Jika Anda ingin mendapatkan perlindungan secara real-time, Anda memerlukan langganan premium, yang biasanya berharga $ 39,99 setahun. Paket paling mahal berharga $ 59,99 per tahun, dan memungkinkan Anda menggunakan Malwarebytes hingga di lima perangkat sekaligus. Aplikasi ini juga berfungsi dengan komputer Mac dan perangkat iOS dan Android.

Download: Malwarebytes

5. LibreOffice: Alternatif Gratis Terbaik untuk Microsoft Word untuk Windows 10

5. LibreOffice

TERKAIT: Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office

Jika Anda menginginkan aplikasi pengolah document, tetapi tidak ingin membayar untuk Microsoft Office, LibreOffice adalah alternatifnya. Aplikasi LibreOffice ini memiliki semua fitur yang sama seperti yang Anda temukan di Microsoft Word, dan Anda bahkan dapat menyimpan dokumen dan membukanya dengan Microsoft Word. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan alternatif selain Excel, PowerPoint, dan lainnya.

Download: LibreOffice

6. Microsoft Sticky Notes: Aplikasi Catatan Terbaik untuk Windows 10

6. Microsoft Sticky Notes

Jika Anda mencari aplikasi sederhana yang memungkinkan Anda membuat catatan di komputer Windows 10, Microsoft Sticky Notes adalah pilihan terbaik Anda. Sama seperti notes tradisional, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencatat dan kemudian “menempelkannya” di desktop Anda.

Selain cara jadul untuk mencatat, aplikasi Microsoft Sticky Notes ini juga memiliki fitur-fitur keren lainnya. Misalnya, Anda dapat melampirkan foto ke catatan Anda, menyinkronkannya di semua perangkat Anda, dan mengubahnya menjadi pengingat untuk Cortana, asisten virtual Microsoft sendiri. Aplikasi juga dapat mendeteksi alamat atau nomor ponsel, jadi saat Anda mengetuk atau mengekliknya, aplikasi yang sesuai akan terbuka. Misalnya, saat Anda mengetuk alamat di catatan, aplikasi Maps akan ditampilkan.

Download: Microsoft Sticky Notes

7. Flipboard: Aplikasi Agregator Berita dan Media Sosial Terbaik

7. Flipboard

Jika Anda menginginkan satu aplikasi yang menggabungkan semua berita dan update media sosial Anda dalam satu tempat, Flipboard adalah salah satu aplikasi Windows 10 yang dapat Anda gunakan. Aplikasi gratis ini mengumpulkan semua yang Anda anggap penting, dan menggabungkannya menjadi majalah pribadi. Itu berarti Anda tidak perlu beralih di antara aplikasi dan situs web untuk mengikuti berita atau melihat apa yang sedang dilakukan teman-teman Anda.

Flipboard mudah digunakan dan disesuaikan. Anda dapat menambahkan topik atau sumber apa pun yang menarik minat Anda, dan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membalik-balik cerita dalam format majalah yang keren. Dan, untuk mengikuti perkembangan media sosial Anda, Anda juga dapat menghubungkan akun Twitter, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya.

Download: Flipboard

8. Zoom: Aplikasi Konferensi Video Windows 10 Terbaik

7. Cara Menggunakan Zoom Breakout Rooms scaled

Zoom adalah salah satu aplikasi Windows 10 terbaik untuk tetap berhubungan dengan keluarga, rekan kerja, dan teman. Aplikasi Zoom Meeting ini memungkinkan Anda melakukan obrolan video dengan hingga 100 orang hingga 40 menit sekaligus. Jika Anda tidak ingin dibatasi oleh batasan waktu, Anda juga dapat mendaftar untuk paket berbayar, yang dilengkapi dengan banyak fitur lain untuk penggunaan pribadi dan bisnis.

Fitur lain yang menjadikan Zoom aplikasi konferensi video yang bagus termasuk berbagi layar, perekaman rapat, dan transkripsi otomatis. Aplikasi ini juga memiliki plugin dan tersedia sebagai ekstensi browser. Anda juga dapat menyesuaikan menambahkan latar belakang virtual pada Zoom.

Download: Zoom

TERKAIT: Panduan Lengkap Zoom

9. Adobe Photoshop Express: Aplikasi Windows 10 Mengedit Foto Gratis

Adobe Photoshop Express adalah aplikasi pengeditan foto gratis terbaik yang dapat Anda unduh di PC Windows 10. Dengan fitur-fitur hebat untuk memberi sentuhan pada foto Anda, aplikasi ini mudah digunakan dan akan menjadi tambahan yang bagus untuk Windows 10 Anda.

Dengan Photoshop Express, Anda dapat menambahkan filter ke foto Anda, menghilangkan mata merah dan noda, memotong, menyesuaikan kontras dan eksposur, menambahkan batas atau latar belakang, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengubah foto Anda menjadi kolase atau kumpulan untuk sentuhan artistik ekstra.

Download: Adobe Photoshop Express

10. LastPass: Aplikasi Pengelola Password Gratis Terbaik untuk Windows 10

9. LastPassJika Anda selalu lupa password, LastPass adalah salah satu aplikasi terbaik yang bisa Anda dapatkan. Aplikasi LastPass gratis untuk Windows 10 yang menyimpan semua password Anda di satu tempat, jadi Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi. Dengan cara ini, Anda dapat membuat password yang berbeda untuk semua situs yang Anda kunjungi, yang akan mencegah peretas mengakses semua informasi Anda jika mereka kebetulan melanggar satu situs.

LastPass juga akan menghasilkan password yang kuat untuk Anda, mengisi otomatis password Anda, menyimpan informasi pembayaran Anda, dan banyak lagi. LastPass juga berfungsi untuk komputer Mac dan perangkat iOS dan Android, sehingga Anda dapat menyinkronkan password Anda di semua perangkat.

Download: LastPass

11. Dropbox: Aplikasi Hosting File Terbaik untuk Windows 10

11.

Dropbox adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda menyimpan file di cloud, sehingga Anda dapat mengaksesnya dari perangkat lain. Dengan Dropbox, Anda dapat mencadangkan foto, dokumen, dan file penting lainnya, sehingga Anda dapat memulihkannya jika terjadi sesuatu pada komputer Anda.

Langganan Dropbox Basic gratis, tetapi hanya dilengkapi dengan ruang penyimpanan 2 GB. Anda juga dapat membayar $ 10 sebulan untuk penyimpanan hingga 2 TB atau $ 20 sebulan untuk penyimpanan tidak terbatas. Dengan paket Dropbox gratis, Anda dapat membuat, membagikan, dan mengedit dokumen Microsoft Office dan mengobrol dengan pengguna Dropbox lainnya. Dropbox bekerja dengan komputer Windows 10 dan Mac, perangkat iOS dan Android, dan bahkan browser web.

Download: Dropbox

12. Mozilla Thunderbird: Aplikasi Email Gratis Terbaik untuk Windows 10

12. Mozilla Thunderbird

Alih-alih memeriksa email dengan aplikasi Windows 10 Mail bawaan, Anda dapat mencoba Mozilla Thunderbird. Aplikasi email gratis ini membantu Anda mengelola banyak akun. Fitur Folder Smartnya memungkinkan Anda menggabungkan kotak masuk, email terkirim, dan folder arsip dalam satu tampilan.

Jika Anda mencari email tertentu, Anda dapat menggunakan Quick Filter Toolbar untuk mengurutkan pesan menurut tanggal, tag, atau kontak. Untuk melindungi privasi Anda, Thunderbird memperingatkan Anda tentang upaya phishing. Selain itu, dapat memblokir email yang mengumpulkan informasi tentang Anda saat Anda membukanya.

Download: Thunderbird

13. 7-Zip: Aplikasi Terbaik untuk Mengekstrak atau Mengompresi File yang Diarsipkan

13. 7 Zip

Pernahkah Anda menerima email dengan lampiran yang tidak dapat Anda buka di komputer? Jika demikian, 7-ZIP adalah salah satu aplikasi terbaik yang dapat Anda unduh. Aplikasi 7-ZIP memudahkan untuk mengekstrak hampir semua jenis file terkompresi di PC Windows 10 Anda, termasuk ZIP, RAR, ISO, TAR, dan file lainnya.

Dengan 7-Zip, Anda juga dapat mengompres file sebelum mengirimnya jika ukurannya terlalu besar untuk dikirim dalam lampiran email. Selain kompresi dan ekstraksi, 7-Zip juga memungkinkan pengguna menambahkan perlindungan password atau membuat file yang diekstrak sendiri.

Download: 7-Zip

14. FlashbackExpress: Screen Record Terbaik untuk Windows 10

14.

Jika Anda ingin merekam layar Anda, FlashBack Express adalah salah satu aplikasi Windows 10 terbaik yang bisa Anda dapatkan. Aplikasi ini memungkinkan Anda menangkap layar atau webcam, dan bahkan merekam audio. Versi gratis memberi Anda akses ke komponen perekam layar saja, sedangkan versi berbayar menyertakan rangkaian pengeditan.

Perekam layar memungkinkan Anda merekam jendela, seluruh layar, atau hanya area tertentu – tanpa batas waktu. Selain itu, Anda dapat mengatur waktu mulai dan berhenti yang telah ditentukan sebelumnya untuk perekaman layar, meskipun Anda tidak sedang berada di depan komputer. Ini berguna untuk webinar dan acara online. Produk jadi adalah video bebas tanda air yang dapat Anda bagikan di YouTube atau unduh sebagai file MP4, AVI, dan WMV.

Download: FlashBack

15. OneCalendar: Aplikasi Kalender Terbaik untuk Windows 10

15. OneCalendar

Mungkin akan memakan banyak waktu untuk beralih antara kalender yang berbeda. Namun dengan OneCalendar, Anda dapat menambahkan hingga sembilan kalender online dari Google, Windows, Outlook, dan lainnya. Selain tampilan harian, bulanan, dan tahunan, OneCalendar juga memiliki fitur penting lainnya untuk memastikan Anda tidak akan melewatkan janji.

Download: OneCalendar

16. PDFescape: Editor PDF Terbaik untuk Windows 10

16. PDFescape

Menggunakan alat editor PDF untuk industri biasanya sangat mahal. Untungnya, PDFescape menawarkan alternatif yang ramah di kantong. Aplikasi freemium ini memiliki versi online dan desktop dengan rangkaian fitur yang bervariasi.

Anda dapat menggunakan versi online selama ukuran file kurang dari 10 MB dan panjang kurang dari 100 halaman. Versi desktop Windows 10 memungkinkan Anda membuat file PDF dari lebih dari 300 jenis file dan berbagai sumber, seperti clipboard, scanner, atau bahkan URL.

Sebaliknya, versi Premium memungkinkan Anda mengedit teks dan gambar, menggabungkan file PDF, dan mengonversi PDF ke format lain. Dengan paket Ultimate, Anda mendapatkan semua fitur Premium ditambah enkripsi, redaksi, dan tandatangan elektronik.

Anda bisa mendapatkan PDFescape Desktop secara gratis. Versi Premium berharga $ 2,99 per bulan, sedangkan versi Ultimate dihargai $ 5,99 per bulan.

Download: PDFescape

Demikian pembahasan tentang Aplikasi Gratis Terbaik Windows 10 yang bisa diinstal di komputer kesayangan Anda.

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here