10 Software Aplikasi Edit Video PC Terbaik dan Gratis

Aplikasi Edit Video PC  – Software atau aplikasi edit video yang baik dapat membantu Anda menampilkan produk Anda dari setiap sudut dengan membuat materi promo yang profesional untuk platform Instagram, Facebook, YouTube, atau media sosial lainnya lewat brand video. Ada sejumlah software edit video gratis yang mudah digunakan yang dapat membantu Anda terlihat pro dibanding pesaing Anda.

Video produk yang diproduksi dengan baik adalah bentuk marketing konten yang menarik daripada foto dan dapat mengurangi keraguan pelanggan dalam melakukan pembelian. Faktanya, menurut publikasi online Small Business Trends, video produk e-commerce dapat meningkatkan rasio konversi hingga 144% .

Berikut daftar aplikasi edit video PC gratis terbaik dari seluruh web, serta beberapa dengan versi berbayar dengan harga terjangkau. Setiap pengusaha memiliki kebutuhan yang berbeda, gunakan sesuai dengan kebutuhan materi promosi Anda.

Aplikasi Edit Video PC Gratis

Ada banyak software edit video versi desktop yang tersedia untuk bisnis bagi Anda yang ingin membuat video promosi. Keuntungan terbesar dari software edit video gratis di desktop adalah cenderung memiliki lebih banyak fitur daripada aplikasi edit video di smartphone/ponsel.

Baca: 5 Aplikasi Edit Video Android dan iOS Terbaik

Jika Anda ingin mengedit video marketing Anda dengan anggaran terbatas, berikut daftar software edit video gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengedit konten berdurasi panjang seperti YouTube, situs e-Commerce Anda, atau berbagai platform lainnya

1. OpenShot

1. OpenShot scaled

OpenShot memiliki interface yang mudah digunakan sehingga menjadikannya aplikasi edit video terbaik untuk pemula. Sementara aplikasi yang lebih kompleks mungkin menawarkan lebih banyak komponen pengeditan, interface intuitif OpenShot dengan desain minimalis untuk editing video yang sederhana.

OpenShot adalah cukup efisien untuk bisnis skala kecil dan aplikasi edit video terbaik untuk mengubah ukuran klip, skala, pemotongan video, snapping, dan rotasi. OpenShot juga menawarkan scrolling, frame stepping, time mapping, audio editing, dan preview secara real-time.

Fitur-fitur OpenShot

  • Layers yang Unlimited untuk pneggunaan watermarks, background videos, dan audio tracks
  • Template judul yang mudah disesuaikan
  • Fungsionalitas drag-and-drop untuk memudahkan menambahkan file video, audio, atau gambar.
  • Efek video digital, termasuk kecerahan, gamma, rona, greyscale, dan pengomposisian kunci chroma untuk efek green-screen.
  • Kemampuan animasi key-frame yang keren untuk membuat video animasi

Tersedia untuk: Windows, Mac, dan Linux

2. VSDC

2. VSDC Free Video Editor scaled

Software edit video PC VSDC tersedia sebagai versi gratis dan berbayar. Meskipun versi gratisnya memiliki fitur yang lebih sedikit, ia masih dilengkapi dengan rangkaian fitur editing video yang lengkap — termasuk mask tool dan chroma key functionality untuk efek green-screen.

Jika Anda memiliki dana bisa mendapatkan full version, rangkaian alat mencakup stabilisasi video, efek pasca-produksi yang kuat, kemampuan slideshow / presentasi, templat diagram 3D, dan share ke media sosial.

Fitur-fitur VSDC 

  • Alat color-correction untuk tampilan yang lebih profesional
  • Rangkaian efek transisi
  • Filter gambar yang mudah digunakan, mirip dengan yang Anda temukan di Instagram
  • Mask tools untuk menyembunyikan, blurring, atau menyorot elemen tertentu
  • Tautan media sosial untuk berbagi video di Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, dan Vimeo
  • HEVC / H.265 (standar kompresi video lanjutan), untuk menjaga kualitas tertinggi pada ukuran file minimum — penting untuk memproses file 4K dan HD

Tersedia untuk: Windows

Harga: Gratis dan $ 19,99 untuk versi Pro

3. Movie Maker 10

3. Movie Maker 10 scaled

Movie Maker 10 adalah software edit video yang nyaman untuk pengguna Windows dan ingin kembali ke basic. Aplikasi ini bagus untuk melakukan edit video dengan cepat pada klip video pendek.

Movie Maker 10 hadir dengan versi gratis yang menyertakan rangkaian alat pengeditan video dan gambar serta kemampuan untuk menambahkan teks dengan font dan warna yang bisa disesuaikan.

Fitur-fitur Movie Maker 10

  • Alat pratinjau otomatis untuk pengeditan dan efek
  • Opsi film otomatis untuk membuat potongan klip video yang dapat disesuaikan
  • Tab animasi untuk memudahkan menambah musik, judul, dan kredit

Tersedia untuk: Windows

Harga: Gratis

4. Lightworks

4. Lightworks scaled

Lightworks menyertakan interface yang sederhana dan intuitif, sehingga mudah digunakan. Lightworks juga menawarkan kumpulan tutorial video , menjadikannya salah satu opsi software edit video Linux yang mudah diakses dan dipelajari.

Lightworks memiliki rangkaian stok video dan klip musik asli yang dilisensikan untuk digunakan dalam video Anda yang diedit dalam aplikasi.

Fitur-fitur Lightworks

  • Fungsi trim sederhana berkualitas tinggi untuk editing video yang cepat dan tepat
  • Pengoptimalan kecepatan, memungkinkan Anda bisa mengedit sambil mengimpor konten baru
  • Pengeditan multicam untuk menyinkronkan klip dari beberapa kamera.
  • Berbagi proyek ke tim secara real time dengan kontrol penuh atas pengguna mana yang memiliki akses editing.
  • Berbagi video dengan ekspor cepat ke YouTube, Vimeo, Facebook, dan Instagram.
  • Mendukung berbagai format video.

Tersedia untuk: Windows, Mac, dan Linux

Harga: Gratis dan harga $ 24,99 per bulan untuk versi Pro

5. Shotcut

5. Shotcut scaled

Shotcut adalah editor video lintas platform open source dengan banyak koleksi video tutorial. Shotcut juga mendukung berbagai format, termasuk FFmpeg, 4K, ProRes, dan DNxHD. Sebuah peringatan, bagaimanapun — Shotcut pada awalnya dirancang untuk Linux, jadi beberapa orang mungkin menganggap interface-nya sedikit aneh. Meskipun demikian, Shotcut masih merupakan editor video terbaik.

Shotcut juga menyediakan opsi editing audio, membuatnya ideal untuk audiofil. Perangkat audio fine-tuningnya memungkinkan pengguna membuat penyesuaian bass dan treble, membuat filter bandpass, menyesuaikan bandpass filters, adjust gain, add dynamic compression, dan banyak lagi.

Fitur-fitur Shotcut

  • Dukungan untuk format audio dan video terbaru melalui FFmpeg, multimedia framework
  • Native timeline editing, yang memungkinkan pengguna untuk mengimpor file video langsung ke file proyek.
  • Multi-format timeline untuk mixing dan mencocokkan resolusi dan kecepatan frame dalam sebuah proyek
  • Filter audio seperti balance, bass and treble, bandpass filters, compressor, dan lainnya

Tersedia untuk: Windows, Mac, dan Linux

Harga: Gratis

6. Blender

6. Blender scaled

Blender adalah paket kreasi 3D open-source gratis. Blender mencakup fitur untuk membantu memodelkan dan membuat animasi 3D. Aplikasi ini merupakan hasil kreasi kolaboratif dari ratusan developer dari seluruh dunia. Komunitas pengguna yang besar memberi aplikasi Blender sebagai tools yang ekstensif.

Blender dirancang sebagai rangkaian animasi 3D tetapi dilengkapi dengan fungsional editor video yang seharusnya cukup untuk sebagian besar kebutuhan pengguna. Blender juga dapat menangani pengeditan yang lebih kompleks, seperti video masking, menjadikan Blender editor video yang fleksibel untuk pengguna yang masih pemula dan berpengalaman, dan aplikasi ini sangat baik untuk proyek yang mungkin melibatkan animasi 3D.

Fitur-fitur Blender:

  • Path-tracer engine, untuk rendering objek animasi yang realistis
  • Advanced rendering tingkat lanjut untuk mempercepat penyimpanan dan ekspor proyek Anda.
  • Opsi code game logic ke dalam aplikasi untuk pengembangan video game
  • Alat animasi karakter tingkat lanjut untuk kinematika realistis
  • Library efek visual dan sketsa.

Tersedia untuk: Windows, Mac, dan Linux

Harga: Gratis

7. HitFilm Express

7. HitFilm Express scaled

Jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan editing video, HitFilm Express mungkin bisa membantu Anda, aplikasi ini digunakan untuk memproduksi film bergaya Hollywood — tetapi sepadan dengan kurva pembelajarannya, karena Hitfilm adalah salah satu aplikasi edit video yang lengkap dan tersedia versi gratisnya. (HitFilm memang meminta Anda untuk membagikan status media sosial saat Anda download software)

Hitfilm menyertakan alat animasi yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit transisi audio dan video tanpa perlu membuat gambar komposit, hal ini tentu menghemat waktu saat mengedit.

Fitur-fitur Hitfilm

  • Pengeditan video kelas profesional
  • Composite shot enhancements yang memungkinkan Anda menganimasikan dua shot terpisah bersama-sama untuk efek video surealis
  • Pembuatan trek waktu video dan audio tanpa batas
  • Pemangkas adaptif yang memungkinkan Anda memotong ulang klip Anda setelah menambahkannya ke timeline
  • Kemampuan untuk menyalin sekelompok atribut dari satu klip dan menerapkannya langsung ke klip lain atau ke seluruh proyek
  • Mixer audio untuk suara fine tuning agar output audio seperti kualitas profesional
  • Berbagai pilihan transisi, seperti push, zoom, dan dissolve.

Tersedia untuk: Mac dan Windows

Harga: Gratis dan $ 497 untuk pro

8. DaVinci Resolve

8. DaVinci Resolve 16 scaled

DaVinci Resolve menggabungkan pengeditan 8K profesional, koreksi warna, efek visual, dan audio post-production dalam satu alat produksi, itulah mengapa aplikasi ini adalah software pilihan bagi banyak editor profesional film, acara televisi, dan iklan.

DaVinci Resolve memungkinkan pengeditan offline dan online, dan mesin pemutaran berkinerja tinggi menghemat waktu saat mengedit dan memotong — bahkan untuk format file intensif prosesor seperti H.264 dan RAW. Fitur kompleks DaVinci Resolve mungkin terlalu luas untuk sebagian pengguna, tetapi versi gratisnya sangat cocok untuk proyek yang lebih  modern.

Fitur-fitur DaVinci Resolve

  • Dual timeline untuk navigasi cepat, pemotongan, dan pemangkasan
  • Trim interface yang memberi Anda kemampuan untuk mengedit secara mendetail
  • Intelligent auto-editing yang menyinkronkan klip audio dan visual untuk Anda
  • Alat bawaan untuk efek picture-in-picture, pengaturan retiming, stabilization, dynamic zoom, text, dan audio.
  • Pengenalan wajah yang mendeteksi wajah di klip Anda dan secara otomatis membuat bins berdasarkan orang di setiap shot
  • High-quality motion dan frame rate conversions untuk mempercepat atau memperlambat klip dengan mudah dan realistis

Tersedia untuk: Windows, Mac, dan Linux

Harga: Gratis dan $ 269 untuk versi lengkap Studio

9. VideoPad

9. VideoPad

VideoPad adalah titik awal bagi mereka yang baru mengenal aplikasi edit video, berkat interface-nya yang tidak rumit dan mudah digunakan. Meskipun kontrolnya tampak mudah, VideoPad hadir dengan fitur-fitur profesional seperti beberapa tampilan untuk pengeditan cepat dan trek audio overlay yang tak terbatas — memberi pengguna opsi untuk memiliki kontrol lebih atas pencampuran suara mereka tanpa kerumitan dari aplikasi editing yang lebih profesional.

VideoPad tidak hadir dengan fitur-fitur canggih seperti beberapa aplikasi editing video gratis dalam artikel ini, tetapi dengan opsi menambahkan efek cahaya, menyesuaikan warna, dan overlay teks dan gambar, membuatnya sepadan dengan aplikasi edit video gratis lainnya.

Fitur-fitur VideoPad

  • Double built-in screen (satu untuk melihat klip yang dipilih, satu untuk melihat sekuens lengkap) untuk pengeditan yang mudah dan intuitif
  • Transisi yang dibuat sebelumnya dapat disesuaikan untuk dipoles oleh profesionalisme
  • Mengekspor preset untuk membuat file video dioptimalkan untuk platform tertentu — seperti Facebook dan YouTube — dan mempostingnya langsung dari dalam aplikasi.

Tersedia untuk: Windows

Harga: Gratis

10. iMovie

10. iMovie scaled

IMovie sangat populer bagi pengguna Apple tersedia untuk iOS dan Mac OS. Seperti banyak aplikasi Apple, iMovie tidak rumit dan menggunakan drag-and-drop interface untuk memindahkan file dari drive ke workstation Anda. Dengan iMovie merupakan cara termudah untuk membuat video yang keren untuk meningkatkan upaya marketing di YouTube .

Keuntungan besar iMovie adalah file disimpan di cloud Apple, artinya Anda dapat mengerjakan proyek secara bergantian di iPhone, iPad, atau Mac. iMovie juga terus diupdate, jadi Anda akan selalu dapat upgrade dan fitur baru.

Fitur-fitur iMovie

  • Dukungan resolusi 4K, memungkinkan pengguna membuat film berkualitas bioskop.
  • Fungsionalitas penyimpanan cloud yang memungkinkan Anda mengerjakan proyek yang sama dari iPad, iPhone, dan Mac
  • Lusinan animasi judul berkualitas studio untuk kredit yang terlihat profesional.
  • Filter video kontemporer yang trendi dibuat untuk genre film tertentu.
  • Musik, efek suara, dan rekaman voiceover terintegrasi sehingga suara dan pengeditan gambar Anda selalu terkonsolidasi.
  • Kontrol kecepatan yang memungkinkan Anda membuat adegan aksi beroktan tinggi lebih cepat dan highlights lebih lambat

Tersedia untuk: Mac

Harga: Gratis

TERKAIT: Cara Membuat Video Animasi Stop Motion

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here