Apa Passion Anda?

Passion dapat diartikan lebih dari sekadar keinginan, minat, kemauan, dan semangat. Passion merupakan hasrat yang sangat kuat, yang muncul dari dalam diri Anda, kemudian menjadi sumber energi yang tak ada habis. Ketika mengerjakan sesuatu yang merupakan passion, Anda akan mengerjakannya dengan gembira, sepenuh hati, dan maksimal. Itu sebabnya, orang yang bekerja dengan passion terlihat seperti tidak pernah lelah dan bosan. Mereka selalu bersemangat dan antusias. Kadang-kadang malah lupa makan dan tidur. Orang-orang yang menemukan passion dan bekerja pada bidang itu menjadi orang yang paling berbahagia. Banyak di antara mereka berhasil meraih sukses dan membawa manfaat bagi banyak orang.

Apa passion Anda?

Apakah saat ini Anda bekerja dengan passion?

Apakah profesi Anda adalah passion Anda?

Bagaimana Caranya Menemukan Passion?

Kalau sudah tahu persis apa passion Anda, bersyukurlah. Tapi kalau belum, Anda bisa menggalinya. Anda perlu merefleksikan diri dan mengingat hal apa saja yang bisa membuat Anda seakan tenggelam saat mengerjakannya. Kegiatan apa yang menarik bagi Anda? Aktivitas apa yang menimbulkan perasaan senang saat mengerjakannya, bahkan tanpa dibayar pun Anda mau mengerjakannya?

Untuk lebih lengkapnya, ambillah kertas dan pulpen kemudian jawab pertanyaan berikut:

  1. Apakah Anda senang bekerja dengan orang-orang, data, atau mesin/peralatan?
  2. Apakah Anda seorang pemikir atau lebih suka berekspresi secara kreatif?
  3. Apakah Anda lebih suka membangun dan menciptakan
  4. organisasi, perkumpulan, atau grup?
  5. Apakah Anda cenderung seorang pelaksana/pekerja?
  6. Apakah Anda suka mengatur barang/benda?
  7. Apakah Anda sering lupa waktu dan tenggelam dalam
  8. kegiatan menolong orang lain?
  9. Apakah ada jenis pekerjaan yang menggambarkan
  10. pekerjaan impian Anda? Contoh: tim SAR, teller bank, chef.
  11. Apakah ada kategori pekerjaan tertentu yang ingin Anda
  12. lakukan? Contoh: LSM, finance, hospitality and tourism.
  13. Apakah ada industri tertentu yang menarik bagi Anda?

Contoh: Mungkin saat ini Anda bekerja di pertambangan dan ingin sekali mempromosikan pentingnya makanan sehat.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi akan membantu Anda mendapatkan gambaran mengenaiapa sebenarnya passion Anda. Passion bisa saja Anda temukan di dalam profesi, hobi, atau masih dalam impian. Yang jelas, sebelum memutuskan berhenti bekerja dan beralih profesi, penting terlebih dahulu mengenali passion Anda.

Apa Pentingnya Mengenali Passion?

Mengenali passion akan memudahkan Anda dalam menentukan area ketertarikan dan selanjutnya menentukan profesi mana yang akan Anda pilih. Passion sedikit banyak menentukan suka atau tidak sukanya Anda terhadap pekerjaan, yang nantinya akan menentukan bahagia atau tidaknya Anda dalam mengerjakannya. Passion yang membuat Anda mencintai pekerjaan. Saat Anda memilih pekerjaan berdasarkan passion, artinya Anda mengerjakan pekerjaan yang Anda cintai.

3 Pertimbangan Memilih Profesi Berdasarkan Passion

3 Pertimbangan Memilih Profesi Berdasarkan Passion by pexels
  1. Pekerjaan Apa yang Paling Suka Anda Kerjakan?

Pekerjaan yang akan Anda pilih tidak harus sesuai dengan gelar sarjana atau sertifikat training yang Anda miliki. Anda bisa memilih pekerjaan berdasarkan perasaan saat mengerjakannya, apakah menyenangkan atau menyebalkan? Pertimbangkan pula hobi atau aktivitas sosial yang sering dilakukan. Fokuslah pada kegiatan/pekerjaan/hobi yang dapat dijadikan sumber penghasilan.

  1. Di Bidang Apa Anda Mampu Menghasilkan Karya Terbaik?

Selain memiliki gelar sarjana dan pengalaman kerja bertahun-tahun, Anda mungkin telah membangun keterampilan khusus atau keahlian (skill) dan pengalaman di luar pekerjaan. Dengan keahlian/keterampilan itu, Anda sering mendapatkan pujian, penghargaan, memenangkan lomba, dan lain sebagainya. Jangan abaikan kelebihan yang Anda miliki ini karena bisa jadi keterampilan/keahlian tersebut yang menjadi kunci sukses Anda. Nah, coba ingat-ingat kembali keterampilan atau keahlian apa yang Anda miliki dan buat daftarnya. Contoh: desain busana, keterampilan menulis buku, menguasai 5 bahasa asing, dan lain sebagainya.

  1. Siapa yang Akan Membayar Anda?

Anda punya puluhan kegiatan yang Anda suka dan mampu menghasilkan karya terbaik di setiap kegiatan itu. Namun, kegiatan yang bisa dijadikan profesi adalah kegiatan yang dapat menghasilkan uang. Jadi, tanyakan kepada diri sendiri, apakah hasil karya Anda dapat menghasilkan uang? Siapa yang akan membayar Anda? Cari informasi sebanyak mungkin apakah kegiatan itu bisa dijadikan profesi yang menguntungkan?

Sumber: SEGERA RESIGN & MULAI BISNIS!

Tinggalkan Balasan