Apa itu Browser Extension?

Apa itu Browser Extension? – Browser telah berevolusi menjadi lebih dari sekadar navigator internet. Sebagian besar evolusi itu adalah pengenalan “Extension” yang memungkinkan Anda mengontrol bagaimana situs web memuat dan berperilaku, dan menambahkan fitur tambahan ke browser Anda.

Sejarah Browser Extension

Browser Extension dimulai sejak tahun 1999 dengan versi keempat dari Microsoft Internet Explorer. Namun, tidak lama kemudian extension menjadi alat yang ampuh seperti sekarang ini.

Extension pertama di Internet Explorer disebut “Explorer Bars” yaitu toolbar khusus yang dapat ditambahkan ke interface. Misalnya, Anda dapat memiliki Explorer Bars yang menampilkan ticker saham.

Browser Mozilla Firefox berikutnya yang mendukung ekstensi pada tahun 2004, diikuti oleh Opera pada tahun 2009, dan terakhir, pada tahun 2010, oleh Google Chrome dan Safari. Browser Microsoft’s Edge juga mendukung Extension.

Mirip dengan bagaimana pengembang pihak ketiga dan App Store meledakkan popularitas aplikasi di iPhone, begitu pengembang dapat membuat extension dan mendistribusikannya di toko web pihak pertama, extension menjadi sangat populer.

Apa Peran Browser Extension?

Sejauh mana Browser Extension dapat dilakukan tergantung pada browsernya. Pada masa-masa awal, extension dapat mengakses cara kerja internal browser, tetapi karena keamanan telah diperketat, extension pun ikut diperketat kemanannya.

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “Ada aplikasi untuk itu”, dan ini mirip untuk Browser Extension. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan extension. Anda dapat mengubah cara kerja tab, mengintegrasikan layanan pencatatan favorit Anda, mendapatkan notifikasi Gmail, memeriksa tata bahasa tulisan Anda, dan bahkan bermain game.

Ada dua jenis extension yang umum. Sebagian besar memperluas fungsionalitas browser itu sendiri atau mengintegrasikan layanan yang ada dengan browser.

Kategori pertama, Anda akan menemukan hal-hal seperti Picture-in-Picture untuk pemutar video, kontrol volume untuk setiap tab, mode gelap untuk situs web yang tidak memilikinya, tab layar terpisah, dan banyak penyesuaian estetika.

Kategori kedua mencakup hal-hal seperti checker pemberitahuan Gmail, tombol “Simpan ke Google Drive”, pemangkas web Evernote, menu Todoist di toolbar, kupon untuk toko online, dan banyak lagi.

Cara terbaik untuk melihat apa yang dapat dilakukan extension adalah menjelajahi toko extension di browser pilihan Anda.

Apakah Extension Aman Digunakan?

Meskipun Browser Extension sangat bermanfaat, extension tersebut menghadirkan masalah keamanan dan privasi. Ini ada hubungannya dengan izin yang diberikan saat Anda menginstalnya. Extension Google Chrome, misalnya, hampir semuanya dapat “membaca dan mengubah semua data Anda di situs web yang Anda kunjungi.”

Selain itu, extension berjalan di browser sepanjang waktu. Mereka bekerja saat Anda membuka Facebook, saat Anda mentransfer uang dari situs web bank Anda, dan saat Anda memasukkan informasi kartu kredit Anda di Amazon.

Extension dapat dengan mudah mencatat penekanan tombol Anda untuk mencuri kata sandi dan informasi pribadi. Bisa jadi secara diam-diam mengarahkan lalu lintas pencarian Anda ke tempat lain atau menjual data penjelajahan internet Anda kepada pengiklan.

Tentu saja, ini tidak terjadi pada sebagian besar extension, dan perusahaan yang mengelola toko web telah menindak perilaku jahat. Tetapi itu kadang terjadi, dan orang-orang harus sadar bahwa extension tidak semua berbahaya.

Salah satu aspek yang sangat berbahaya dari extension adalah bagaimana mereka dapat diupdate secara otomatis. Artinya, extension populer dapat dibajak dan diperbarui di perangkat Anda dan mulai mengumpulkan data tanpa Anda sadari.

Jadi, apakah extension aman digunakan? Tidak ada jawaban yang pasti. Secara umum, jika Anda mendownload extension yang ditinjau dengan baik dari perusahaan yang Anda percaya, mudah-mudahan akan aman. Namun lebih baik menggunakan extension sesedikit mungkin. Tentu, gunakan extension yang hanya Anda butuhkan.

Cara Memasang Browser Extension

1. Google Chrome

Proses dimulai dengan menuju ke Chrome Web Store. Anda dapat mencari berdasarkan nama atau menelusuri berdasarkan kategori. Setelah Anda menemukan extension, cukup klik tombol “Add to Chrome”.

2. Microsoft Edge

Extension Microsoft Edge dapat diunduh dari Microsoft Store dan Chrome Web Store. Ini hanya masalah menemukan extension dan klik tombol “Get”.

3. Mozilla Firefox

Firefox banyak menggunakan istilah “Add-ons” saat merujuk extension. Anda dapat mencari, menelusuri, dan menginstal extension Firefox dari halaman add-on Mozilla.

4. Apple Safari

Extension Safari dapat didownload dari Mac App Store. Anda dapat mencari berdasarkan nama atau menelusuri berbagai kategori di halaman “Safari Extensions”. Cukup klik tombol “Install” jika Anda menemukan extension yang Anda sukai.

Extension adalah “aplikasi mini” yang dapat menambahkan fungsionalitas dan mengintegrasikan layanan favorit dengan browser. Apakah Anda benar-benar membutuhkan extension untuk menggunakan web browser? Tidak semuanya. Bisakah mereka meningkatkan pengalaman Anda? Benar. Hanya saja, jangan berlebihan dalam menginstall extension.

TERKAIT: Cara Mengaktifkan Cookies di Google Chrome

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here