Sabtu, September 26, 2020
Beranda Tekno Aplikasi Apa itu Android System WebView?

Apa itu Android System WebView?

- Advertisement -

Perangkat Android Anda mungkin memiliki browser web yang telah diinstal, namun belum tentu sebagai alat untuk membuka halaman web atau aplikasi berbasis web. Untuk membuka halaman atau aplikasi, Android beralih ke Android System WebView untuk menampilkan konten web di aplikasi Anda.

Aplikasi Android System Webview berfungsi untuk membuka halaman web dari aplikasi pihak ketiga secara langsung tanpa harus menggunakan browser, buat anda yang sering browsing menggunakan browser dan jarang membuka halaman web dari aplikasi pihak ketiga seperti Facebook mungkin aplikasi Android System Webview tidak terlalu manfaat.

- Advertisement -

Google telah mengembangkan hubungan Android dengan ASW dari waktu ke waktu. Sebelum Android 5 Lollipop, WebView hanya dapat diperbarui melalui updates perangkat Android utama yang dikeluarkan oleh pabrikan.

Dengan rilisnya Android 5, memberi pengguna kemampuan untuk memperbaruinya secara langsung melalui Google Play Store. Hal ini memungkinkan  untuk perbaikan bug dan mendapatkan rilis fitur lebih cepat.

Perubahan lebih lanjut ada pada Android 7, di mana secara khusus WebView berdasarkan Google Chrome dijadikan opsi default pada perangkat Android. Pada Android 10 berubah lagi, dimana WebView membuat komponen terpisah, berbagi kode dengan Chrome.

Cara Memeriksa Versi Android System WebView

- Advertisement -

Setiap rilis WebView membawa update fitur baru, tetapi Anda harus dapat melihat versi mana yang telah terinstal pada perangkat Android Anda.

Caranya, Anda dapat mengakses ke menu pengaturan pada perangkat Android Anda. Bervariasi, tergantung pada versi Android serta perangkat yang Anda miliki. Langkah-langkah berikut menggunakan smartphone Samsung Galaxy S20, tetapi langkah-langkahnya ini sama untuk perangkat Android lainnya.

Dari perangkat Android, buka aplikasi Settings kemudian ketuk opsi Apps

- Advertisement -

Anda akan melihat daftar aplikasi yang telah diinstal, serta aplikasi sistem yang sudah diinstal. Gunakan bilah pencarian untuk menemukan Android System Webview, lalu ketuk entri untuk menemukannya.

Scroll ke bawah layar App Info. Di bagian bawah terlihat nomor versi Sistem Android Sistem. Misalnya, Versi 83.0.4103.106 . ID rilis ini cocok dengan ID untuk Google Chrome di Android, yang mencerminkan basis kode bersama.

Anda harus meneliti nomor versi Android WebView untuk mengetahui apakah itu versi terbaru atau tidak. Jika tidak, Anda harus memperbaruinya.

Memperbarui Android System WebView

Selalu menjaga Android System WebView (ASW) tetap up to date prosesnya sangat mudah untuk perangkat Android terbaru. Jika Anda memiliki perangkat Android yang lebih lama (Android 4.4 KitKat atau lebih lama dari itu), maka Anda tidak dapat memperbarui WebView, karena komponen sistem yang terintegrasi tidak dapat diperbarui tanpa pembaruan perangkat utama.

Namun, untuk semua rilis di atas Android 4.4 KitKat, dapat memperbarui Android System WebView (ASW) lewat Google Play Store.

Pertama, buka aplikasi Play Store dan cari Android System WebView. Jika aplikasi memiliki pembaruan yang tersedia, klik tombol Update.

Setelah WebView diperbarui, Android akan menggunakan versi WebView terbaru untuk mengakses dan melihat konten web. Secara rutin update Android System Webview di Play Store untuk memastikan data anda tetap aman dan untuk menutup bug pada versi Android System Webview versi lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

POPULER MINGGU INI

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU