9 Cara Mengamankan Panggilan Video Zoom

Hampir setiap program atau aplikasi panggilan video yang saat ini ada memiliki beberapa kelemahan, tidak terkecuali dengan Zoom. Namun, pengguna Zoom dapat melakukan beberapa hal untuk membuat panggilan video konferensi mereka menjadi lebih aman dengan melakukan sembilan cara berikut ini.

1. Ambil Tindakan Proaktif

Tak satu pun dari kita yang sepenuhnya kebal terhadap kejahatan dunia maya (cybercrime) — bahkan terhadap pelanggaran kecil seperti Zoombombing. Tetapi menyadari risiko keamanan dengan mengambil tindakan proaktif melindungi diri sendiri secara signifikan dapat menurunkan peluang untuk menjadi korban cybercrime.

Meskipun Zoom baru-baru ini mengambil tindakan untuk membuat perangkat lunaknya lebih aman dengan menambahkan fitur keamanan baru dan mengaktifkan beberapa pengaturan secara default, Anda tetap bebas untuk memastikan fitur-fitur ini diaktifkan dan konferensi video Anda seaman mungkin.

- Advertisement -

Semua opsi berikut ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan pada halaman Pengaturan akun Zoom Anda.

2. Gunakan Password untuk Bergabung dalam Rapat

Membutuhkan password untuk bergabung dengan panggilan Zoom merupakan langkah pertama Anda. Jika tanpa password, hampir semua orang dapat bergabung. Jika rapat Anda terindeks, akan terlindungi dari orang yang tidak diundang dalam rapat/webinar Zoom.

Perlu juga disebutkan bahwa Zoom menyediakan fitur untuk menyematkan password di tautan undangan. Kami tidak merekomendasikan ini, karena siapa pun yang memiliki tautan dapat bergabung. Jika berada di tangan yang salah, maka Anda mungkin memiliki tamu yang tidak dikenal dalam rapat Zoom.

Berikut adalah pilihan pengaturan password pada Zoom:

  • Perlu sebuah password saat menjadwalkan pertemuan baru
  • Perlu sebuah password untuk rapat instan
  • Perlu sebuha password untuk Personal Meeting ID (PMI)
  • Sematkan password pada tautan (link) rapat untuk bergabung dengan sekali klik (tidak disarankan)
  • Wajibkan password untuk peserta yang bergabung melalui telepon
- Advertisement -

Untuk mengakses pengaturan ini, masuk ke halaman pengaturan profil Anda di browser web dan buat perubahan pada akun Anda.

3. Aktifkan Ruang Tunggu (Waiting Room)

Ruang tunggu Zoom adalah lapisan keamanan kedua Anda. Jika seseorang kebetulan mendapatkan link konferensi video Anda, dan konferensi itu tidak dilindungi dengan password, mereka akan tetap ditempatkan di ruang tunggu virtual (virtual waiting room) dan memerlukan izin untuk masuk.

Anda juga dapat menemukan pengaturan “Waiting Room” di halaman pengaturan profil Anda.

4. Jangan Gunakan PMI Anda untuk Rapat Umum

- Advertisement -

ID Rapat Pribadi Anda adalah rapat yang diluncurkan secara default. Secara teori, meeting tersebut akan terus berjalan. Jika seseorang mengetahui PMI Anda, mereka dapat bergabung dengan sesi Anda kapan pun mereka mau. Anda sebaiknya hanya menggunakan PMI Anda untuk meeting pribadi dan menahan diri untuk tidak mengirimkannya ke publik. Semakin sedikit orang yang memilikinya, semakin baik.

Pastikan bahwa pengaturan yang menggunakan PMI Anda adalah default saat menjadwalkan meeting atau memulai meeting secara instan dinonaktifkan di halaman pengaturan.

5. Aturan yang Tegas

Jangan biarkan siapa pun memulai rapat sebelum Anda, host, ada. Titik. Hal ini mencegah orang yang tidak diundang meeting melewati Anda. Namun perlu diingat bahwa jika Anda menonaktifkan pengaturan “Bergabung Sebelum Host” , praktik terbaiknya adalah selalu bertanya. Jauhkan orang yang tidak diundang, tetapi jangan biarkan klien atau kolega penting Anda menunggu.

6. Ketahui Siapa saja yang Bergabung Meeting/Webinar

Zoom memiliki pengaturan yang dapat Anda aktifkan untuk mencegah pengguna yang tidak diautentikasi bergabung dengan rapat melalui klien web. Artinya, pengguna harus mendaftarkan nama dan email mereka untuk dapat berpartisipasi, sehingga Anda dapat mengetahui dengan tepat siapa yang bergabung dalam rapat.

7. Kunci Rapat Zoom Anda

Jika semua peserta yang diharapkan telah berhasil sampai ke ruang rapat, lanjutkan dan kunci rapat sehingga tidak ada orang lain yang bisa masuk. Selama rapat, Anda akan melihat tombol “Security” di bagian bawah layar. Pilih tombol dan kemudian klik opsi “Lock Room” dari menu pop-up.

8. Keluarkan Seseorang yang Tidak Dikenal pada Rapat Anda

Jika seseorang kebetulan datang ke ruang konferensi video Anda, Anda dapat menghapusnya dengan mengarahkan kursor ke nama orang tersebut di panel kanan lalu memilih tombol “More”.

Dari menu yang muncul, pilih opsi “Remove“.

Selanjutnya, Anda harus menonaktifkan pengaturan dari halaman Pengaturan profil Anda yang memungkinkan peserta yang dihapus untuk bergabung kembali. Setelah Anda menyingkirkan seseorang yang tidak dikenal, artinya Anda sudah menyingkirkan untuk selamanya.

9. Nonaktifkan Fitur Komunikasi

Salah satu hal menarik tentang Zoom adalah ia menyediakan beberapa opsi bagi peserta untuk berkomunikasi satu sama lain. Namun, jika seseorang yang tidak diundang bergabung dalam panggilan video konferensi Anda, mereka dapat menggunakan fitur ini untuk mengganggu peserta. Jika Anda, sebagai host, nonaktifkan fitur berikut:

  • Private Chat
  • Screen Sharing
  • Attendee Speaking (mute mikrofon semua orang)
  • Annotations
  • File Sharing
  • Virtual Backgrounds

Semua fitur ini, sekali lagi, dapat ditemukan di halaman pengaturan profil Anda menggunakan browser web.

Kejahatan di dunia maya sulit untuk dicegah, Anda jangan hanya duduk diam saat orang-orang memanfaatkan Anda. Keamanan siber yang baik selalu dimulai dari diri sendiri.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Aplikasi Bersepeda Terbaik di Android

10 Aplikasi Bersepeda Terbaik di Android

0
Bersepeda adalah aktivitas kebugaran yang sedang populer saat ini. Aktivitas bersepeda juga telah dilakukan banyak dari kita sejak masih kecil. Anda naik sepeda dan mengendarainya. Ada berbagai...
10 Aplikasi Pintar Bahasa Arab di HP Android

10 Aplikasi Pintar Bahasa Arab di HP Android

0
Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat populer dan menjadi bahasa resmi di sebagian besar negara Arab yang mencakup sekitar 1,8 miliar orang. Bahasa Arab juga...
Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

0
Di artikel ini kami menjelaskan cara update macOS Big Sur di Mac Anda - dan apa yang harus Anda lakukan sebelum mengklik tombol instal. Cara...
Fitur Terbaru macOS Big Sur

Fitur Terbaru macOS Big Sur

0
Dengan macOS 11.01 Big Sur, Apple telah menggunakan perubahan arsitektur CPU Mac sebagai kesempatan untuk mendesain ulang macOS dari awal dengan interface yang hidup dan disempurnakan serta...
Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Menu Bar Mac Secara Otomatis

Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Menu Bar Mac Secara Otomatis

0
Menu bar Mac tidak berubah, selalu tersedia di bagian atas layar, dengan menu, Pusat Kontrol, dan utilitas. Tapi tampilan Menu Bar Mac tidak harus begitu. Berikut...

Artikel Populer

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

6
Mengadakan meeting di Zoom dengan banyak peserta kadang bisa jadi ada masalah baru seperti login peserta, mute audio peserta dsb. Menambahkan co-host dalam meeting...
Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

6
Mungkin bagi sebagian dari kalian jarang mendengar pekerjaan bernama data entry. Pekerjaan ini sangat sederhana. Kenapa bisa dibilang sangat sederhana? Karena pekerjaan ini hanya...
Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

3
Di dunia bisnis online, orang bebas memasarkan bebagai jenis produk dan jasa, selama tidak melanggar hukum. Tidak semua produk dan jasa itu kita hasilkan...
Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

7
Aplikasi Zoom memungkinkan pengguna untuk meminta peserta mendaftar sebelum mengikuti meeting di Zoom. Dengan cara ini host bisa mendapatkan data peserta lebih detail untuk...
Cara Mengikuti Webinar di Aplikasi Zoom

Cara Mengikuti Webinar di Aplikasi Zoom

0
Menurut Google, webinar adalah "seminar yang diadakan melalui Internet." Sementara definisi webinar lebih dari itu. Ketika webinar dilakukan dengan benar, dapat menjadi cara untuk melakukan pemasaran...